Seniman Reog Solo Raya Gelar Aksi Kecam Malaysia

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 10 April 2022
Seniman Reog Solo Raya Gelar Aksi Kecam Malaysia
Seniman reog Ponorogo dari Solo Raya mengadakan aksi unjuk rasa di jalan Ir Juanda, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/4) malam. (MP/Ismail)

MerahaPutih.com - Ratusan seniman reog Ponorogo dari Solo Raya mengadakan aksi unjuk rasa turun di jalan dengan menggelar aksi pertunjukan reog di Jalan Ir Juanda, Kelurahan Pucangsawit, Kecamatan Jebres, Solo, Jawa Tengah, Sabtu (9/4) malam.

Akis demo itu mengecam Malaysia yang kembali mengklaim reog menjadi warisan budaya mereka.

Seniman dalam aksi tersebut mengusung 25 barongan reog menggelar atraksi massal di depan Pasar Pucang Sawit.

Baca Juga:

KSP Kawal Pengajuan Reog Ponorogo Jadi Warisan Budaya Indonesia ke UNESCO

Aksi itu membuat warga penasaran hingga banyak yang menonton. Warga yang menonton pun ikut mengecam Malaysia.

Selain sebagai wujud protes, atraksi puluhan barongan reog ini sekaligus sebagai pembuktian bahwa reog asli warisan leluhur Ponorogo

Juru bicara aksi FX Hadi Rudyatmo mengatakan, demo ini sebenarnya sudah kedua kalinya. Aksi ini sebagai wujud protes bangsa Indonesia terutama pemain reog dan pecinta seni budaya reog Ponorogo.

"Kita tidak bisa membiarkan begitu saja. Kami sepakat mengecam Malaysia yang kembali mengklaim reog menjadi warisan budaya mereka," kata Rudy sapaan akrabnya.

Baca Juga:

Reog Ingin Diklaim Malaysia, Muhaimin: Harus Diadang!

Dia mengatakan saat dirinya menjabat Wali Kota Solo, setiap kelurahan memiliki reog sebagai komitmen melestarikan seni budaya sendiri. Ia pun mendesak pemerintah agar reog diusulkan kepada Unesco.

"Kita mendesak pemerintah agar reog diusulkan kepada Unesco. Jika tidak negara lain akan terus mengklaim reog Ponorogo sebagai warisan budaya mereka," ucap dia.

Salah seorang pengurus paguyuban reog Solo Raya Eko Sadono menyayangkan klaim malaysia dan mendesak pemerintah pusat yang hingga kini belum mengusulkan reog kepada Unesco. Kalau Unesco sudah mengakui, negara lain tidak akan melakukan klaim.

"Setidaknya dengan aksi ini bisa dijadikan bentuk protes seniman reog Ponorogo Soloraya terhadap memerintah Malaysia," pungkasnya. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga:

Gunakan Bahasa Isyarat di Koreografi ‘Permission to Dance’, RM BTS Ngaku Bersenang-Senang

#Reog #Reog Ponorogo #Malaysia
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan