Seniman PSBK Suguhkan Karya Audio Visual "Bunga Trotoar" Seniman Musik Irfan R Darajat. (Foto: MerahPutih/Fredy Wansyah)

MerahPutih Budaya - Untuk kesekian kalinya, Padepokan Seni Bagong Kussudiardja (PSBK) menyelenggarakan Jagongan Wagen sebagai ruang unjuk berkarya. Jagongan Wagen kali ini, Jumat (30/9) lalu, menghadirkan karya seni kontemporer interdisiplin berupa karya audio visual.

Jagongan Wagen mengusung tema "Bunga Trotoar: Yang Hilang di Sepanjang Jalan". Pertunjukan kali ini mengangkat karya audio visual Irfan R Darajat dengan berkolaborasi dengan Hengga Tiyasa, Kurnia Yudha F, dan Lintang Enrico.

Dengan mengambil contoh di kawasan Jalan Kaliurang, Sleman, DI Yogyakarta, tema pertunjukan ini untuk mengingatkan kembali betapa riuhnya kawasan padat tersebut sehingga melupakan nilai-nilai kemanusiaan.

"'Bunga Trotoar: Yang Hilang di Sepanjang Jalan' mengisyaratkan gagasan dasarnya melalui ketahanan dan ketabahan daya hidup bunga-bunga liar yang tumbuh di trotoar jalan. Berusaha mencatat narasi benda-benda dan manusia yang hidup, berdamai, dan bersitegang dengan pertumbuhan di suatu ruas jalan Kota Yogyakarta," demikian tertulis dalam keterangan Jagongan Wagen "Bunga Trotoar".

Sang creator utama, Irfan, merupakan mahasiswa magister di UGM. Ia juga aktif berkreasi menciptakan lagu-lagu balada bersama grup balada di Yogyakarta. "Karena saya bermusik. Awalnya saya menulis lagu. Saya ketemu Mas Kurnia, yang punya project kota. Kemudian jadi kolaborasi," kata Irfan ditemui merahputih.com usai pertunjukan. (Fre)

BACA JUGA:

  1. Para Siswa di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
  2. Puluhan Siswa SMP Berguru ke Padepokan Seni Bagong
  3. Padepokan Seni Bagong Adakan Ruang Seni Rupa "Mangan Ora Mangan Kumpul?"
  4. Ini Acara Seni Terdekat di Padepokan Seni Bagong Kussudiardja
  5. Padepokan Seni Bagong Kumpulkan Seniman Se-Indonesia melalui Talirasa Nusantara


Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH