Eva Alicia, Seniman Muda Berprestasi Cetak Rekor Muri Lukisan Terpanjang Seniman Muda bernama Eva Alicia. (Foto: Instagram/@aliciaeva9)

DIMULAI dengan membuat kerangka menggunakan pensil ukuran 2B. Menambahkan sentuhan warna, dengan gerakan tangan seperti orang menari, hingga menghasilkan gambaran yang utuh adalah kebiasaan Eva Alicia sedari kecil.

Sejak usianya masih sangat muda, Eva sudah tertarik dengan dunia seni. Dari situ, ia jadi mempunyai hobi menggambar. Beranjak ke bangku SMP, Eva bertemu dengan guru bahasa mandarinnya yang kemudian mengajarkannya melukis dengan tinta Tiongkok.

Baca Juga:

Lika-Liku Pemuda Tangguh Pekerja Lepas

"Waktu itu aku pertama kali ngelukis pake tinta China. Dari situ aku mulai berkembang hobinya dan jadinya aku suka segala jenis lukisan sampai hari ini," ujarnya di Channel Youtube @Evaalicia.

Sebelum memulai melukis, Eva selalu mencari-cari referensi di internet. Biasanya ia mencari sumber foto yang berasal dari luar negeri. Misalnya pemandangan luar negeri dan budaya luar negeri.

Suatu ketika, ia menyadari bahwa lukisan-lukisan yang dibuatnya selama ini, bahkan lukisan yang ia lelang untuk didonasikan ke Indonesia, semuanya adalah mengenai luar negeri. Sehingga, ia memutuskan untuk melukis 34 propinsi Indonesia. Tak disangka-sangka karyanya ini sukses besar.

Eva berhasil meraih Rekor Muri dengan lukisan terpanjang. (Foto: Instagram/@aliciaeva9)

Belum lama ini, Eva mencetak Rekor Muri dengan lukisan terpanjang yang pernah ia buat, tepat di usianya yang masih 19 tahun. Lukisan yang dibuatnya itu tentang keragaman yang ada di Indonesia. Ia memutuskan untuk melukis di atas kertas putih sepanjang 30 meter, menggambarkan ciri khas dari 34 propinsi di Indonesia.

Tujuannya membuat karya ini, karena ia ingin mengedukasi anak Indonesia agar mengetahui keragaman yang ada di Indonesia. Selain itu, lukisan ini ia jadikan sebagai bentuk apresiasi terhadap kecintaannya dengan Indonesia.

Meskipun hasilnya hanya sebuah lukisan, nyatanya dibalik lukisan tersebut banyak perjuangan yang dilalui oleh Eva. Ia mengaku bahwa proses pembuatannya tidak singkat dan banyak sekali kejadian yang tidak terduga. "Gak semulus itu. Kayak, aku itu sering banget ngalamin yang namanya robek, ketumpahan air, dan itu semua jadi warna-warna tersendiri di setiap propinsi dan jadi memori aku juga," ujarnya.

Baca Juga:

Aku Berjuang Melawan Demam Panggung saat Bertanding

Sama seperti seniman lainnya, sebelum melukis di atas kertas sepanjang 30 meter itu, ia mencari tahu terlebih dulu mengenai hal yang paling dibanggakan dari orang lokal di propinsi tersebut. Lalu, ia menemukan berbagai macam upacara adat, tari-tarian, makanan khas, dan masih banyak lagi.

Selesai mencari, ia mulai melakukan eksekusi dengan membuat sketsa di kertas terpisah. Setelah yakin, ia baru mulai menggambar di atas kertas lembaran 30 meter itu. Eva juga menghabiskan waktu lebih dari 200 jam untuk menyelesaikan lukisan tersebut. Tetapi, setelah melewati semua itu, ia sangat merasa senang lantaran hasil lukisannya dihargai banyak orang, bahkan memperoleh Rekor Muri kategori 'Lukisan Terpanjang'.

Ia membuat lukisan sepanjang 30 meter berisi budaya 34 propinsi di Indonesia. (Foto: instagram/@aliciaeva9)

Di usia yang masih terbilang muda, Eva sudah bisa membuat bangga orang sekitarnya. Nyatanya, hasil karya lukisannya itu ada beberapa yang di lelang dan hasilnya akan didonasikan untuk NTT. Pada saat itu, gambaran berhasil dilelang sebesar Rp 30 juta, dan niatnya pun tercapai untuk mendonasikan hasilnya itu.

Melalui akun TikToknya @Aliciaeva9, ia cukup menginspirasi anak muda seumurannya. Saking banyak idenya, ia jarang terlihat kehabisan konten. Terlihat dari beberapa unggahannya, ia pernah melukis di galon, bubblewrap, kanvas raksasa, dan bahkan membuat wayang dari sampah plastik.

Kegiatan Eva selain melukis dan membuat konten ialah memiliki bisnis membuat perhiasan perempuan dan pria, seperti kalung dan gelang custom. Bisnisnya itu sangat sukses. Ia juga kerap diminta untuk menjadi pembawa acara, mentor, dan menjadi bintang iklan. Eva saat ini melanjutkan studinya sebagai mahasiswa Desain Komunikasi Visual. (cil)

Baca Juga:

Usaha Buket Uang Pemudi Negeri Aing Laris Manis Selama Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tips Membagikan 'Salam Tempel' Digital Saat Lebaran Agar Tepat Sasaran
Fun
Tips Membagikan 'Salam Tempel' Digital Saat Lebaran Agar Tepat Sasaran

Kenali tips dalam membagikan 'Salam Tempel' Digital agar tepat sasaran

Menelusur Dampak PPKM Darurat Bagi Industri Otomotif
Fun
Menelusur Dampak PPKM Darurat Bagi Industri Otomotif

Dibalik PPKM Darurat, ada sejumlah industri yang terkena dampaknya.

Lagu Religi yang Selalu Terhubung dengan Ramadan
ShowBiz
Lagu Religi yang Selalu Terhubung dengan Ramadan

Lagu-lagu reliji yang selalu dikaitkan pada bulan suci Ramadan.

Garena Siap Gelar Sejumlah Turnamen Esports di Indonesia
Fun
Garena Siap Gelar Sejumlah Turnamen Esports di Indonesia

Garena mendukung ekosistem Esports di Indonesia, lewat penyelenggaraan sejumlah turnamen esports

Berbagi kebahagiaan dari Kisah Rasulullah dan Anak Yatim di Hari Idul Fitri
Fun
Berbagi kebahagiaan dari Kisah Rasulullah dan Anak Yatim di Hari Idul Fitri

Kamu perlu simak sejenak kisah sebatang kara anak yatim yang pernah diadopsi oleh Nabi Muhammad SAW sampai akhir hayatnya.

Produk Sepatu Asal Jawa Barat Jadi Incaran Pasar Internasional
Fashion
Produk Sepatu Asal Jawa Barat Jadi Incaran Pasar Internasional

Produk sepatu asal Jawa Barat banyak diminati oleh pasar Internasional

10 Drama Korea yang Paling Populer Saat Ini, Wajib Nonton (Part 2)
Fun
Robert Downey Jr. dan Anne Hathaway Masuk Nominasi Pemeran Terburuk
ShowBiz
Robert Downey Jr. dan Anne Hathaway Masuk Nominasi Pemeran Terburuk

Penghargaan yang dikenal sebagai Golden Raspberry Awards ini merupakan perayaan film-film terburuk tahun ini.

Bjork Ajak Paduan Suara yang Membesarkannya Garap Lagu di Album Baru
ShowBiz
Bjork Ajak Paduan Suara yang Membesarkannya Garap Lagu di Album Baru

Kacang tak lupa kulit, Bjork mengajak paduan suara Hamrahlíð Choir berkolaborasi di album barunya.

Greysia/Apriyani Dapat Bonus Destinasi Super Prioritas
Fun
Greysia/Apriyani Dapat Bonus Destinasi Super Prioritas

Hadiah lain masih menanti Greysia/Apriyani.