Seniman Inggris Ubah Karavan Jadi Bioskop Kecil Proyek bioskop karavan Kerry yang bernama Moving Images, akan memulai debutnya di Festival Film Alkimia di Hawick, perbatasan Skotlandia. (Foto: Twitter/Kerry Jones)

KARAVAN milik Kerry Jones dibiarkan usang dan terlupakan di kebunnya di Galashiels di perbatasan Skotlandia, kendaraan itu telah menjadi tempat pembuangan untuk pernak-pernik.

Namun, selama kuncitara COVID-19, seniman dan pembuat film itu melihat potensi baru pada karavan Swift Pirouette tahun 1980-an itu. Dia kemudian memutuskan untuk mengubahnya menjadi bioskop kecil keliling. Dengan maksimal delapan kursi, itu bisa menjadi salah satu bioskop terkecil di Inggris.

"Ini bukan karavan bioskop pertama yang ada. Ada satu di Dumfries and Galloway yang dibuat oleh seorang teman saya di awal tahun 2000-an, yang sangat menginspirasi," kata Kerry seperti diberitakan BBC (12/4).

"Saya sangat tertarik dengan proyek yang melibatkan orang-orang di komunitas. Saya baru saja melihat dampak pemutaran film kepada kelompok kecil dan bagaimana hal itu benar-benar dapat membuat perubahan," dia menjelaskan.

Baca juga:

Mengungkap Misteri Hilangnya Huruf 'I' dan 'O' di Bioskop Negeri Aing

Seniman Inggris Ubah Karavan Jadi Bioskop Kecil
Kerry Jones mengubah karavan usangnya menjadi bioskop mini setelah mendapat beasiswa dari badan amal Alchemy Film and Arts. (Foto: BBC)

Selama pandemi, Kerry mendapatkan beasiswa dari badan amal Alchemy Film and Arts yang berbasis di dekat Hawick, perbatasan Skotlandia, sebagai bagian dari program seni lokal yang berlangsung antara Juli 2021 dan Desember 2023.

Dia menggunakannya untuk merenovasi karavan luar-dalam, menukar panel mint retro dengan warna merah cerah yang bisa terlihat dari jauh. Panel interior juga telah diganti dan atap dibuat kedap air dengan karet. Dan, di bagian dalam, dia berencana memasang antara enam dan delapan kursi, sekali lagi dalam kain merah sinematik yang mewah.

Berbicara dalam acara Mornings with Stephen Jardine, dia berkata, "karavan ini tidak dibuat untuk bertahan lama sehingga kami merombaknya, sudah cukup usang. Ini adalah proyek besar."

"Saya sudah memilikinya selama 12 tahun, sudah dibawa ke mana-mana, telah digunakan banyak orang untuk menginap, itu seperti kamar cadangan. Tapi selama beberapa tahun terakhir, itu hanya menjadi ruang di mana kami meletakkan sesuatu dan melupakannya," Kerry bercerita.

Proyek bioskop karavan Kerry yang bernama Moving Images, akan memulai debutnya di Festival Film Alkimia Hawick pada 28 April dengan memutar sembilan film pendek yang semuanya dibuat oleh orang-orang di selatan Skotlandia.

Baca juga:

Bayar Tiket Nonton Pakai Mata Uang Kripto di Bioskop Amerika

Seniman Inggris Ubah Karavan Jadi Bioskop Kecil
Ini bukan karavan bioskop pertama yang ada, ada beberapa bioskop kecil sejenis di Skotlandia dan Inggris. (Foto: Facebook/daveybgravey)

Bioskop karavan itu muncul pada saat Skotlandia kehilangan salah satu bioskop terkecilnya, Bioskop Schoolhouse di Shetland. Bioskop dengan 20 kursi ini, yang dijalankan oleh pesulap lokal Chris Harris, dilelang pada tahun 2020 setelah ia memutuskan untuk meninggalkan pulau itu.

Sekitar waktu yang sama teater kecil lain dibuka di desa dataran tinggi Cromarty dengan fasilitas 35 kursi yang membutuhkan waktu dua tahun untuk membuahkan hasil.

Kerry melakukan proyek itu untuk memberikan pengalaman yang lebih intim dalam menikmati film, dan akan menggunakan proyektor portabel kecil untuk menghemat daya tanpa mengorbankan kualitas gambar.

Karavan itu sendiri bertenaga surya, tetapi Kerry mengatakan dia akan meminjam baterai berkualitas tinggi sebagai cadangan sampai dia dapat mengumpulkan dana sendiri.

Uang cadangan kemudian akan digunakan untuk membawa karavan turun ke jalan, mungkin untuk tur pemutaran film gratis dan menjalankan lokakarya pembuatan film di sekolah dasar setempat. Kerry menambahkan, "Ini akan sangat mudah beradaptasi. Alun-alun pasar Selkirk mengatakan mereka akan sangat tertarik memiliki karavan di sana. Saya ingin membawanya ke beberapa daerah pedesaan seperti Duns dan Gordon."

"Kami juga akan bekerja dengan grup bernama Connecting Threads dan mereka melakukan banyak proyek di sepanjang Tweed, saya ingin melihatnya di sana, itu akan sangat menakjubkan," tutup Kerry Jones. (aru)

Baca juga:

Bioskop Terseram dari Seluruh Dunia, Salah Satunya Ada di Indonesia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Jinyoung Perankan Karakter Kembar di Film Thriller 'Christmas Carol'
ShowBiz
Jinyoung Perankan Karakter Kembar di Film Thriller 'Christmas Carol'

Film ini menuntut Jinyoung untuk mampu memerankan peran ganda sebagai dua saudara kembar.

Asyik, Ikut Program Keanggotaan Bisa Tahu Informasi Printer Terkini
Fun
Asyik, Ikut Program Keanggotaan Bisa Tahu Informasi Printer Terkini

Informasi yang kamu butuhkan tentang printer terkini mudah kamu dapatkan.

Libur Panjang Segera Tiba, Tetap Perhatikan Asupan Protein
Fun
Libur Panjang Segera Tiba, Tetap Perhatikan Asupan Protein

Makanan mengandung protein bikin kamu kenyang lebih lama.

Doyan Otomotif Dan Main Game? Mobil Ini Cocok Buat Kamu
Fun
Doyan Otomotif Dan Main Game? Mobil Ini Cocok Buat Kamu

MG Maze adalah nama dari mobil konsep futuristik terbaru dari MG.

Nvidia GeForce MX550 Unggul di Benchmark Terbaru
Hiburan & Gaya Hidup
Nvidia GeForce MX550 Unggul di Benchmark Terbaru

Melewati APU kelas AMD Ryzen 9 pada percobaan pertama.

Berikan Dia Ruang untuk Sendiri
Fun
Berikan Dia Ruang untuk Sendiri

Jangan selalu tekan pasangan, dia butuh ruang.

Rose Mystica Rilis Single ‘Loved’, Terinspirasi dari Sahabat Dekat
ShowBiz
Rose Mystica Rilis Single ‘Loved’, Terinspirasi dari Sahabat Dekat

Curahan hati Rose yang terinspirasi dari meninggalnya seorang teman dekat.

Atasi Rasa Pegal dengan Tanaman Berikut
Fun
Atasi Rasa Pegal dengan Tanaman Berikut

Tanaman ini meredakan pegal di sekujur tubuh.

Sony Dirumorkan Tengah Negosiasi Akuisisi From Software
Fun
Sony Dirumorkan Tengah Negosiasi Akuisisi From Software

Sony melihat potensi besar pada From Software yang dapat meningkatkan kualitas gim.

Hidup Lebih Tenang, Jinakkan Dulu Otak Reptilmu
Fun