Seniman Finlandia Buat Karya Seni di Atas Danau Beku

Ananda Dimas PrasetyaAnanda Dimas Prasetya - Kamis, 23 Desember 2021
Seniman Finlandia Buat Karya Seni di Atas Danau Beku
Karya seni di atas danau es Finlandia. (Foto: Twitter/@WidgrenPasi)

SENI bisa dilakukan di media apapun. Mulai dari kertas, kanvas, kain, batu, kayu, hingga di atas es sekalipun. Selama beberapa tahun terakhir, artis asal Finlandia telah berjalan di atas danau membeku yang berada dekat kampung halamannya. Bukan hanya untuk menikmati keindahan alam dan merasakan dinginnya cuaca. Pasi Widgren tengah menciptakan karya seni indah fana yang akan menghilang bersamaan dengan mencairnya es.

Baca juga:

Bawa Kabur Uang dalam Lukisan, Seniman Denmark Pamerkan Kanvas Kosong

Seniman Finlandia Buat Karya Seni di Atas Danau Beku
Pasi Widgren hanya menggunakan kaki dan sekopnya. (Foto: Twitter/@WidgrenPasi)

Widgren tidak menggunakan alat spesial kecuali sekop dan langkah kakinya sendiri. Demikian seperti dilansir dari laman Travel and Leisure. Musim dingin kali ini, ia membuat gambar rubah detail seluas 90 meter di atas danau yang membeku.

Kali ini lokasi pilihannya adalah Danau Pitkajarvi, dengan ketebalan es setidaknya 10 cm. Sehingga terbilang aman untuk berjalan di atasnya. Ia mendatangi danau dengan gambar rubahnya dan membuat sketsa kontur hewan itu dengan berjalan dan berpikir. Ketika garisnya selesai, ia menggambar sisanya menggunakan sekop salju.

Untuk membuat karya tersebut, ia membutuhkan sekitar empat jam. Ketika selesai, Widgren membawa termos kopinya ke puncak gunung terdekat untuk duduk dan melihat hasil karyanya. Hanya dalam hitungan hari, gambarnya perlahan menjadi samar karena tertutup salju yang turun. Namun, itu bukan masalah baginya.

Baca juga:

Eva Alicia, Seniman Muda Berprestasi Cetak Rekor Muri Lukisan Terpanjang

"Sangat penting bagi saya bahwa membuat seni semacam ini tidak meninggalkan (bekas) pada alam," ujarnya. Jadi baginya, meski gambarnya hanya bersifat sementara saja, namun ia tidak merusak lingkungan. Ia hanya berharap ciptaannya itu dapat mendorong orang untuk pergi mendaki alam dan melihat keindahannya.

Widgren memang sudah membuat seni salju sementara ini setiap musim dingin sejak 2016. Seniman berusia 40 tahun itu mengatakan bahwa idenya datang ketika tiba-tiba menyadari bahwa ia memiliki kemampuan koordinasi istimewa untuk melakukan hal-hal semacam ini sendiri. Di 2020, ia sudah menggambar beruang dan burung hantu di atas danau bersalju. Kira-kira gambar apa lagi yang akan dibuatnya tahun depan? Mari kita nantikan. (sam)

Baca juga:

Mengenal Tuyuloveme, Seniman Indonesia dengan Karya Mendunia

#Seniman #Karya Seni #Karya Seni Unik #Musim Dingin
Bagikan
Ditulis Oleh

Samantha Samsuddin

Be the one who brings happiness
Bagikan