Teknologi
Seni Karya Robot Sophia Dilelang Karya robot Sophia dilelang. (cgtn.com)

SENIMAN robot Sophia, yang karya seni pertamanya akan dilelang pada Rabu (24/3), mengatakan mendapatkan inspirasi untuk karyanya dari banyak orang dan terbuka untuk kemitraan kreatif di masa depan dengan manusia.

Sebuah karya seni digital oleh Hanson Robotics Humanoid yang berbasis di Hong Kong, dalam bentuk non-fungible token (NFT), akan dilelang dalam penjualan pertama dari karya-karya tersebut yang dibuat dengan menggunakan kecerdasan buatan atau AI.

NFTs digital signature yang disimpan di buku besar blockchain yang memungkinkan siapa saja memverifikasi kepemilikan dan keaslian barang. Hal itu telah menjadi kegemaran investasi terbaru, dengan satu karya seni terjual bulan ini seharga hampir $US70 jutaatau Rp1.011.139.500.000.

BACA JUGA:

Wisuda Online, Kelulusan tanpa Keriuhan

“Saya berharap orang-orang menyukai karya saya, dan manusia serta saya dapat berkolaborasi dengan cara baru dan menarik di masa depan,” kata Sophia di studionya, dengan suara datar. Dia mengenakan gaun berwarna perak dan memegang pulpen.

Sophia, yang mulai beroperasi pada 2016, menghasilkan karya seni bekerja sama dengan seniman digital Italia berusia 31 tahun, Andrea Bonaceto, Ia dikenal dengan potret penuh warna, beberapa di antaranya menggambarkan orang-orang terkenal, seperti kepala eksekutif Tesla, Elon Musk.

Robot tersebut telah menggabungkan elemen dari karya Bonaceto, sejarah seni, dan gambar fisik atau lukisannya sendiri pada berbagai permukaan beberapa kali dalam proses yang digambarkan oleh penciptanya David Hanson sebagai 'putaran berulang evolusi'.

robot sophia
Sophia mulai beroperasi pada 2016. (cgtn.com)

“Kami menggunakan jaringan transformator dan algoritma genetika dalam karya saya, dan jenis kreativitas komputasi lainnya,” tambah Sophia seperti diberitakan Reuters.com, (24/3).

“Algoritma saya menghasilkan pola unik yang tidak pernah ada di dunia sebelumnya. Jadi saya pikir mesin bisa menjadi kreatif," dia menambahkan.

Disebut “Sophia Instantiation”, karya digital tersebut adalah file MP4 berdurasi 12 detik yang menunjukkan evolusi potret Bonaceto menjadi lukisan digital Sophia, dan disertai dengan karya seni fisik, yang dilukis oleh Sophia pada cetakan potret dirinya.

Setelah lelang, Sophia akan berinteraksi dengan penawar yang berhasil, untuk mempelajari wajahnya, dan menambahkan sapuan kuas terakhir yang terinspirasi pada karya seni tersebut.

Robot Sophia
Sophia menghasilkan karya kolaborasi dengan seniman digital Italia. (cgtn.com)

Ini akan berfungsi, kata Hanson, "Untuk menjadikannya karya seni unik yang mencakup data pemilik baru dan koneksi personal pada saat itu juga."

Bonaceto mengatakan kolaborasi itu bertujuan "untuk membuat pernyataan di dunia seni, dan bahkan dunia teknologi," menandai jalan baru di mana robot AI dan manusia berkolaborasi, melengkapi satu sama lain.

Seni Sophia bisa menjadi "karya sejarah yang sangat, sangat penting," kata Pablo Fraile, seorang kolektor seni yang berbasis di Miami dan pembeli awal Beeple karya seniman Amerika Mike Winkelmann. Winkelmann merupakan pencipta karya NFT yang dijual bulan ini seharga jutaan.

“Sophia memiliki kebebasan tak terbatas, seperti yang dimiliki anak berusia lima tahun, dan tidak ada batasan apa yang dapat dia lakukan,” kata direktur galeri Vincent Harrison, “Sangat menarik melihat cara baru untuk berkreasi ini.” (aru)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Cerdas Siasati Generation Gap antara Orangtua dan Anak
Hiburan & Gaya Hidup
Cerdas Siasati Generation Gap antara Orangtua dan Anak

Kesenjangan ini justru bisa berbahaya bagi kehidupan sosial keluarga.

Sekilas Terlihat Serupa, Ini Bedanya Percaya Diri dan Sombong
Fun
Cara Mencegah Komponen Mobil yang Mudah Rusak Saat Tidak Dipakai
Fun
Cara Mencegah Komponen Mobil yang Mudah Rusak Saat Tidak Dipakai

Ada komponen mobil yang paling berpeluang rusak bila tidak digunakan.

Bersama Elton John, Miley Cyrus Cover Lagu Metallica
ShowBiz
Bersama Elton John, Miley Cyrus Cover Lagu Metallica

Lagu Metallica berjudul Nothing Else Matters dipilih Miley Cyrus dan beberapa musisi yang terlibat dalam proyek ini.

Billie Eilish Ngaku Benci Menulis Lagu
ShowBiz
Billie Eilish Ngaku Benci Menulis Lagu

Ia juga ungkap kondisi mentalnya.

Perusahaan Ojol dan Platform Kesehatan Sukseskan Vaksinasi
Fun
Perusahaan Ojol dan Platform Kesehatan Sukseskan Vaksinasi

Kolaborasi dalam memberikan vaksin untuk masyarakat Indonesia.

JFW 2021 Pamerkan Sustainable Fashion Keren di Masa Pandemi
Fashion
JFW 2021 Pamerkan Sustainable Fashion Keren di Masa Pandemi

Koleksi pakaian sustainable mewarnai panggung JFW 2021.

Menjual Cinta di Vending Machine
Travel
Menjual Cinta di Vending Machine

Dalam kasus ini, hal itu dibuat dalam bentuk surat cinta.

Pokemon Go Raih Pendapatan Rp14,3 Triliun di 2020
Fun
Pokemon Go Raih Pendapatan Rp14,3 Triliun di 2020

Pokemon Go mendulang pendapatan mengejutkan di tahun 2020.

Telegram Hadirkan Fitur Baru, Apa Saja?
Fun
Telegram Hadirkan Fitur Baru, Apa Saja?

Aplikasi pengiriman pesan secara online ini mengeluarkan tiga fitur baru.