Senat Amerika Sebut Aung San Suu Kyi Akan Bantu Rohingya Penasihat Negara Myanmar Aung San Suu Kyi. (REUTERS/Simon Lewis)

MerahPutih.com - Mitch McConnell, politisi Partai Republik, yang anggotanya mendominasi jumlah kursi di parlemen dan Senat Amerika Serikat (AS) memberikan dukungannya kepada pemimpin Myanmar Aung San Suu Kyi di tengah hujan kecaman dari dunia internasional.

McConnell berbicara dengan Suu Kyi melalui telepon untuk membahas krisis Rohingya yang terjadi. Menurut Ketua Senat AS itu saat ini Suu Kyi sedang mencari bantuan untuk etnis minoritas Muslim Rohingya.

"(Suu Kyi) setuju bahwa Rohingya membutuhkan bantuan kemanusiaan, khususnya Palang Merah Internasional, dan dia siap memberikan bantuan sampai tuntas," ujar McConnell yang merupakan teman dan pendukung Suu Kyi.

Sebelumnya, Suu Kyi, yang mendapat panggilan kehormatan Daw Suu dari rakyat Myanmar, mendapat kritik dari dunia internasional karena berpangku tangan ketika 400 ribu warga etnis Rohingya mengungsi ke perbatasan Bangladesh. Sementara ratusan lainnya dibunuh militer Myanmar.

McConnell melontarkan kritik terhadap resolusi yang diajukan di Senat AS, yang berisi desakan agar Suu Kyi, yang menjabat penasihat negara Myanmar adalah pemimpin de facto Myanmar, berbuat lebih untuk penduduk minoritas etnis Rohingya Myanmar.

McConnell selama bertahun-tahun memiliki ikatan dekat dengan Suu Kyi. Ia mengatakan, Suu Kyi menyampaikan kepada dirinya bahwa pelanggaran hak asasi manusia perlu diperhatikan. (*)

Sumber: AFP

Baca juga berita lainnya terkait krisis Rohingya di: Lindungi Pemerintah, Aung San Suu Kyi Sebut Teroris Pelaku Pembantaian Rohingya

Sumber : http://www.news24.com/World/News/suu-kyi-wants-help-for-rohingya-us-lawmaker-20170915


Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH