Met Gala 2022

Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Met Gala 2022

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Jumat, 01 April 2022
Semua yang Perlu Kamu Ketahui tentang Met Gala 2022
Co-chair Met Gala 2022 antara lain pasangan suami-istri Blake Lively dan Ryan Reynolds. (Foto: Vanity Fair)

MET Gala 2022 segera berlangsung. Tahun ini tema yang diangkat ialah In America: An Anthology of Fashion, yang terinspirasi berdasarkan prinsip gaya Amerika, dan merayakan pahlawan tanpa tanda jasa dari desainer AS. Meskipun hanya delapan bulan telah berlalu sejak Kim Kardashian menaiki tangga Met dengan busana serba hitam dan topeng Balenciaga-nya saat itu, upacara tahun ini akan berlangsung pada 2 Mei. Tanggal ini kembali ke waktu yang telah menjadi tradisi, yaitu Senin pertama pada Mei, setelah dua tahun lebih pandemi.

Acara akan berlangsung pada Senin 2 Mei di New York, AS untuk merayakan babak kedua dalam pameran Institut Kostum dua bagian. Yang pertama, In America: A Lexicon of Fashion, dibuka pada 18 September 2021 yang didahului oleh Met Gala 2021 pada 13 September.

Baca Juga:

Masker akan Jadi Aksesori Wajib di Met Gala

Tema untuk bagian kedua adalah In America: An Anthology of Fashion, dan pameran ini akan menampilkan Andrew Bolton, kepala kurator Costume Institute di Museum of Modern Art, fokus pada inklusivitas dalam mode. "Siapa yang bisa menjadi orang Amerika?," adalah pertanyaan yang diajukan di pertunjukan spring/summer 2020 dari Prabal Gurung, dan akan dibahas juga di Met Gala 2022.

Kim Kardashian menaiki tangga Met dengan busana serba hitam dan topeng Balenciaga di Met Gala 2021. (Foto: Pop Sugar)



Adapun pameran, yang dipresentasikan di 13 ruang periode Amerika di museum, itu memberikan konteks sejarah untuk Lexicon dengan cara tertentu. "Cerita-cerita tersebut benar-benar mencerminkan evolusi gaya Amerika, tetapi mereka juga mengeksplorasi karya penjahit individu, pembuat pakaian, dan desainer," kata Bolton kepada Vogue.

"Yang menarik bagi saya adalah bahwa beberapa nama akan sangat akrab bagi mahasiswa mode, seperti Charles James, Halston, dan Oscar de la Renta, tetapi banyak dari nama-nama lain benar-benar telah dilupakan, diabaikan atau diturunkan ke catatan kaki dari sejarah mode. Jadi salah satu tujuan utama dari pameran ini adalah untuk menyoroti bakat dan kontribusi dari individu-individu ini, dan banyak dari mereka adalah perempuan,” dia menjelaskan.

Baca Juga:

Met Gala 2020 Resmi Dibatalkan

Pembawa acara Met Gala tahun ini ialah Regina King, Blake Lively, Ryan Reynolds, dan Lin-Manuel Miranda sebagai co-chair resmi malam itu. Sementara desainer Tom Ford, Adam Mosseri dari Instagram, dan Anna Wintour dari Vogue akan melanjutkan sebagai wakil ketua kehormatan.



Tema Met Gala

Penampilan Regina King, salah satu Co-chair Met Gala 2022, dalam acara tahun lalu. (Foto: The Sun UK)

Tema untuk bagian pertama merayakan desainer Amerika, serta peristiwa budaya, politik, dan sosial yang terjadi selama pandemi. “Yang utama adalah fakta bahwa komunitas mode Amerika telah mendukung kami selama 75 tahun, benar-benar sejak awal Institut Kostum, jadi saya ingin mengakui dukungannya, dan juga untuk merayakan dan merenungkan mode Amerika,” ujar Bolton.

“Saya pikir penekanan pada kreativitas sadar benar-benar dikonsolidasikan selama pandemi dan gerakan keadilan sosial,” kata Bolton.

Bolton mengatakan sangat terkesan dengan tanggapan desainer Amerika terhadap iklim sosial dan politik, terutama seputar masalah inklusivitas tubuh dan fluiditas gender. "Dan, saya hanya menemukan pekerjaan mereka sangat, sangat mencerminkan diri sendiri. Saya benar-benar percaya bahwa mode Amerika sedang mengalami Renaisans. Saya pikir desainer muda, khususnya, berada di garda depan diskusi tentang keragaman dan inklusi, serta keberlanjutan dan transparansi, lebih dari rekan-rekan Eropa mereka, mungkin dengan pengecualian desainer Inggris."

Tahun lalu, Vogue menyiarkan langsung Met Gala di situs webnya, mulai pukul 17:30 EST. Liputan tersebut dipandu oleh aktor dan artis rekaman Keke Palmer, dan aktor, penulis, dan sutradara Ilana Glazer, dengan pasangan tersebut mewawancarai para tamu saat mereka tiba di karpet merah Met Gala. Penggemar mode dapat mengikuti semua aksi di siaran langsung Vogue sekali lagi untuk tahun 2022. (aru)

Baca Juga:

Setahun Tertunda, Ajang Fashion Met Gala akan Digelar

#Fashion #Met Gala
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan