Teknologi
Semua Pihak Harus Terlibat Mengembangkan Teknologi Pihak individu maupun perusahaan harus terlibat mengembangkan teknologi. (Foto: Unsplash/Marvin Meyer)

SEMUA pihak harus mulai peduli dengan pengembangan teknologi. Baik itu pihak individu maupun perusahaan besar di seluruh dunia. Teknologi yang semakin maju akan mempermudah kehidupan semua orang.

Oleh karena itu, Huawei menyerukan kepada semua pihak untuk mendorong kemajuan teknologi. Perusahaan teknologi ini juga menekankan kembali dukungannya demi tercapainya tujuan pembangunan yang berkesinambungan seperti dicanangkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Baca juga:

Demi Memajukan UMKM, Kominfo Perkecil Kesenjangan Digital

Dalam pidatonya, Senin (22/2), Catherine Chen, Huawei Senior Vice President and Board Member, menyampaikan melalui penerapan aturan yang baik, pengembangan teknologi bisa meningkatkan taraf hidup seluruh umat manusia. Hal ini akan terwujud dengan meminimalisasi munculnya dampak atas risiko-risiko yang tidak perlu.

"Inilah saatnya bagi kita semua untuk yakin dan memiliki pandangan terbuka terhadap pengembangan-pengembangan teknologi," ujar Catherine dalam rilis yang diterima merahputih.com.

Catherine Chen menyebut teknologi dapat meningkatkan taraf hidup manusia. (Foto: Istimewa)

Ia juga menekankan pentingnya sebuah platform digital. Seperti teknologi 5G, sebagai teknologi standar yang diharapkan akan dapat menghadirkan berbagai manfaat melalui keunggulan-keunggulan yang dibawanya.

Kemudian perlu adanya juga bandwidth tinggi, rendah latency, serta jangkauan konektivitas yang jauh lebih luas. Teknologi ini diharapkan akan dapat membawa manfaat bagi umat manusia dan mendukung terlaksananya transformasi di lintas industri.

Baca juga:

Literasi Digital Bantu Anak Lebih Mandiri

Penerapan teknologi 5G dalam skala yang luas telah terlihat di sejumlah industri di dunia. Banyak pula dari kalangan konsumer yang juga telah dapat menikmati teknologi 5G. Di lini industri, teknologi ini telah banyak dimanfaatkan di bandar-bandar pelabuhan, sektor pertambangan, hingga transportasi.

Namun, Chen menegaskan banyak kalangan menjadi enggan dan tak percaya lagi akan kekuatan dari teknologi. Penyebabnya karena ketakutan dan ketidakpercayaan yang selalu didengung-dengungkan.

"Bila peran suatu teknologi dianggap krusial bagi suatu bangsa, namun di sisi lain pengembangannya dianggap salah secara ideologis, akibatnya yang terjadi adalah muncul gesekan, kebimbangan, dan bahkan kemunduran," jelas Chen.

Menurut 17 Sustainable Development Goals yang dicetuskan oleh PBB, Chen menegaskan kembali secara personal ia yakin teknologi memiliki peran yang krusial dalam mendukung tercapainya tujuan ini. "Oleh karena itu, ada dua hal yang perlu kita lakukan besama-sama agar manfaat teknologi dapat dirasakan secara optimal oleh umat manusia," paparnya.

Perusahaan yang menaruh kepercayaan terhadap teknologi harus segera memulainya dengan langkah kecil. (Foto: Unsplash/Ales Nesetril)

Dua hal yang dimaksud adalah tercapainya konsensus global atas nilai-nilai yang dibawa oleh teknologi digital, serta resolusi aksi untuk bergandengan tangan bersama dalam pemanfaatan teknologi secara efektif.

Chen menambahkan perusahaan yang menaruh kepercayaan terhadap teknologi untuk dapat segera mulai mengawalinya dari langkah kecil. Seperti contohnya memilih Mana Viable Product Concept (MVP).

Pada umumnya, MVP dianggap sebagai tahap pengembangan produk yang dapat memenuhi kebutuhan pengguna. Bahkan MVP disebut bisa memenuhi kebutuhan yang paling krusial dengan pemakaian sumber daya yang seminimal mungkin. (ikh)

Baca juga:

Digitalisasi Gairahkan Kembali Industri Modifikasi di Masa Pandemi

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sayangi Hatimu, Konsumsi yang Sehat Saja
Fun
Sayangi Hatimu, Konsumsi yang Sehat Saja

Jagalah hati bila ingin tetap sehat.

Lanjutkan Proses Produksi, 'Legally Blonde 3' Tayang 2022
Fun
Lanjutkan Proses Produksi, 'Legally Blonde 3' Tayang 2022

'Legally Blonde 3' sempat tunda tayang karena ada masalah dengan penulis.

Teddy Adhitya Rilis ‘Langit Favoritku’ Rangkaian Trilogi Semesta Cerita
ShowBiz
Teddy Adhitya Rilis ‘Langit Favoritku’ Rangkaian Trilogi Semesta Cerita

Teddy Adhitya telah menyiapkan rangkaian Trilogi yang terdiri dari tiga lagu yang saling bertatutan.

Desainer Wignyo Rahadi Dukung Penuh Pengembangan Batik Jambi
Fun
Desainer Wignyo Rahadi Dukung Penuh Pengembangan Batik Jambi

Dukung Pengembangan Kerajinan dan Pariwisata di Jambi, Fashion Designer Wignyo Rahadi Tampilkan Koleksi Batik Jambi di Candi Muaro Jambi

‘F9’ Pimpin Box Office Juli 2021
ShowBiz
‘F9’ Pimpin Box Office Juli 2021

Meraih pendapatan besar secara global.

Segera Digelar Dota 2 The International 2021
Fun
Segera Digelar Dota 2 The International 2021

Valve mengumumkan akan menggelar turnamen DOTA 2 The International setelah turnamen tersebut sempat absen tahun lalu karena pandemi COVID-19.

Zodiak ini Hanya Mengenal Kenyamanan dalam Hidupnya
Fun
Zodiak ini Hanya Mengenal Kenyamanan dalam Hidupnya

Mereka tahu cara memanfaatkan optimisme tanpa akhir.

Olahraga Aman di Tengah Pandemi
Fun
Olahraga Aman di Tengah Pandemi

Olahraga yang direkomendasikan ini bisa dilakukan tanpa harus keluar rumah dan bertemu dengan orang lain.

Ryu dan Chun-Li akan Bertarung di Arena Fortnite
Fun
Ryu dan Chun-Li akan Bertarung di Arena Fortnite

Ryu dan Chun-Li akan hadir untuk bertarung di Fortnite.

Sidang Lanjutan Kasus Pembajakan Film Visinema Digelar di Jambi
ShowBiz
Sidang Lanjutan Kasus Pembajakan Film Visinema Digelar di Jambi

pembajakan film adalah sebuah kejahatan yang tidak bisa ditoleransi.