Semua Bermasker, Prosesi Pemakaman Ibunda Jokowi Pakai Adat Brobosan Presiden Jokowi bersama keluarga saat mengantarkan jenazah ibunda almarhumah Sudjiatmi Notomiharjo saat akan disholatkan di Mesjid Baturrachman Banyuanyar Banjarsari Solo, Kamis (26/3/2020).. (ANTARA/

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin langsung prosesi pemakaman ibunda tercinta Sujiatmi Notomiharjo di pemakaman keluarga di Dukuh Mundu, Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3) siang

Jenazah almarhum tiba di Pemakaman Keluarga Mundu, Selokaton, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, sekitar pukul 13.00 WIB dengan diikuti keluarga besar Presiden Jokowi.

Baca Juga:

Hindari Kerumunan, Keluarga Jokowi Minta agar Pelayat Doakan dari Rumah

Di depan peti jenazah yang diangkat personel Paspampres, terlihat putra sulung presiden, Gibran Rakabuming membawa foto almarhum Sudjiatmi. Peti jenazah almarhum langsung dibawa masuk ke kompleks pemakaman yang sudah dilengkapi tenda untuk para pelayat.

pemakaman ibu jokowi
Peti Jenazah Ibunda Presiden Jokowi saat dimakamkan di Desa Selokaton, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Kamis (26/3). (MP/Ismail)

Pantauan MerahPutih.com, jenazah ibunda Presiden sempat disalatkan terlebih dahulu di Masjid Baturrachman atau sekitar 100 meter dari rumah duka Jalan Pleret Raya 9A Sumber Banyuanyar Banjarsari Solo. Rombongan Jokowi bersama keluarga diikuti iringan pasukan pembawa jenazah berjalan menuju Masjid Baturrachman di kampung setempat sekitar pukul 12.00 WIB.

Usai salah, jenazah dibawa kembali ke rumah duka. Jenazah lalu diberangkatkan menuju lokasi pemakaman keluarga pukul 12.40 WIB dengan mobil ambulans. Para pengiring jenazah almarhumah Sudjiatmi termasuk Presiden Jokowi terlihat mengenakan masker, karena kondisi Solo statusnya kejadian luar biasa (KLB) wabah COVID-19.

Baca Juga:

Jokowi Pastikan Ibunda Wafat Sakit Kanker yang Diderita Selama 4 Tahun

KH Abdul Karim (Gus Karim), pengasuh Ponpes Al Quraniy Azzayadiy Solo yang juga guru spiritual keluarga besar Jokowi, menjelaskan prosesi pemakaman almarhumah memakai adat jawa termasuk upacara brobosan.

Brobosan adalah ritual yang dilakukan oleh masyarakat Jawa ketika ada kerabatnya yang meninggal. Brobosan sendiri dilakukan dengan cara berjalan di bawah keranda mayat yang sedang diangkat tinggi-tinggi. Kegiatan tersebut dilakukan sebelum jenazah diberangkatkan ke makam.

pemakaman ibu jokowi
Jenazah ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmi Notomijardjo, tiba di pemakaman keluarga Mundu, Karanganyar, Kamis. (ANTARA/ I.C.Senjaya)

Biasanya, orang yang melakukan Brobosan adalah anak, cucu atau kerabat dekat dari orang yang meninggal. Ritual tersbeut berdasarkan pepatah yang mengatakan, “mikul dhuwur mendhem jero” atau menjunjung tinggi, dan juga mengenang jasa-jasa orang yang telah tiada tersebut.

Jasad Sudjiatmi Notomiharjo dimakamkan tepat disamping pusara suaminya Widjiatno Notomihardjo.

Usai pemakaman Jokowi dan Gibran meninggalkan lokasi dalam satu mobil Toyota Alpard dan tidak ada wawancara. Kemarin, Presiden memastikan ibundao wafat karena sakit kanker yang telah diderita selama 4 tahun saat jumpa pers di rumah duka, Sumber, Banjarsari. (*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor MerahPutih.com untuk wilayah Solo Jawa Tengah dan sekitarnya.

Baca Juga:

Khofifah Bocorkan Kemana Larinya Harta yang Ditinggalkan Ibunda Jokowi


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH