Sempatkan Minum Teh Saat Melancong Agar Lebih Kreatif Sempatkan minum teh saat melancong (Foto: Pexels/Igor Starkov)

MUNGKIN saat melancong kamu terlalu asyik dengan berbagai macam kegiatan. Sampai-sampai kamu lupa untuk bersantai sejenak sambil ditemani secangkir teh dan camilan. Pokoknya, kamu yang melancong, jangan lupa harus selalu sempatkan untuk minum teh.

Nah, kenapa sih minum teh itu penting banget? Karena dengan minum teh kamu bisa menjadi lebih kreatif. Demikian diberitakan laman Ask Men. Namun, kebanyakan orang lebih memilih meminum kopi. Alasannya karena untuk membuat mata terjaga.

Sebuah penelitian terbaru membuktikan minum teh dapat meningkatkan fokus seseorang. Mental kamu pun akan lebih terjaga. Pikiran menjadi lebih jernih. Sehinga kamu dapat menjadi lebih kreatif setelah menikmati secangkir teh.

Para peneliti mencoba meneliti lebih dalam mengenai hubungan kafein dan theanine pada teh. Rupanya kedua kandungan tersebut dapat membuat kamu lebih waspada terhadap keadaan sekitar. Efeknya pun dapat kamu rasakan selama beberapa menit setelah meminumnya.

Setelah meminum teh seseorang bisa memiliki ide yang kreatif (Foto: Pexels/freestocks.org)

Studi tersebut diterbitkan dalam jurnal Food Quality and Preference. Para peneliti berasal dari Peking University, Tiongkok. Relawan yang dilibatkan dalam penelitian ialah 50 mahasiswa dengan usia rata-rata 23 tahun.

Dalam penelitian tersebut para siswa dibagi menjadi dua kelompok. Pada kelompok pertama diberikan secangkir teh hitam. Sementara kelompok kedua hanya diberikan air mineral. Siswa yang meminum teh diberikan tantangan untuk membangun sebuah karya menarik dari balok mainan.

Sementara itu, siswa yang meminum air mineral diharuskan memikirkan sebuah nama untuk restoran baru. Jika dilihat sebenarnya tantangan siswa peminum air mineral lebih mudah. Hanya perlu memikirkan sebuah nama. Daripada siswa yang meminum teh, membuat sebuah karya dari balok mainan itu tidak mudah.

Masih ada penelitian lebih lanjut tentang manfaat minum teh (Foto: Pexels/Pixabay)

Namun, hasilnya mengejutkan. Berdasarkan penilaian dari siswa yang tidak terlibat, siswa peminum teh dapat menghasilkan karya yang begitu kreatif. Intinya mereka lebih memiliki hasil lebih baik dibandingkan para siswa yang harus memikirkan sebuah nama restoran.

Dengan demikian, meminum teh membuktikan dapat membuat seseorang lebih mudah menemukan sebuah ide baru dalam pikiran mereka. Ya, kamu akan lebih kreatif kalau rutin mengonsumsi teh. "Dua bahan biologis, kafein dan theanine, memiliki efek menguntungkan pada fokus seseorang, yang merupakan bagian tak terpisahkan dari fungsi kognitif," tulis penelitian itu.

Namun, pengaruh tersebut sebenarnya hanya terjadi dalam jangka pendek. Karena itu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat meminum teh tersebut. Tapi, tidak ada salahnya kalau kamu rutin mengonsumsi teh. Termasuk kalau lagi melancong ya. (ikh)

Baca juga: Ini yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Melakukan Cliff Jumping

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH