Sempat Terancam Ditunda, Oscar Dijadwalkan Pada April 2021 (Cover) Mendapatkan tanggal resmi. (Foto: Screenrant)

BEBERAPA waktu lalu, beredar kabar Academy of Motion Pictures Arts and Sciences (AMPAS) akan menunda malam penghargaan Oscar ke-93. Sumber yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan ajang yang tadinya akan digelar pada 28 Februari 2021 ini masih jauh dari kenyataan.

Pandemi yang sedang berlangsung menyebabkan masalah bagi industri hiburan sejak Februari dan mengalami perubahan besar di Maret. Saat itu, bioskop di seluruh AS ditutup sementara sehingga membuat beberapa film juga ditunda.

Baca juga:

Gara-Gara Pandemi, Aturan Oscar 2021 Diubah

Hingga saat ini, hampir setiap film dari pertengahan Maret hingga musim gugur telah ditunda ke tanggal yang sudah ditentukan.

Memberikan kesempatan bagi film yang ditunda selama masa pandemi. (Foto: Screenrant)

Melansir laman Deadline, pihak AMPAS mengatakan ajang penghargaan Oscar 2021 akan diadakan pada 25 April 2021 mendatang. Nantinya, tanggal baru ini akan bersamaan dengan pembukaan Museum of Motion Pictures milik Academy.

Jadwal pembukaan museum tersebut ditunda yang awalnya 14 Desember 2020 menjadi 30 April 2021. Pembukaan Gala tersebut akan diselenggarakan pada 17 April 2021, hanya seminggu sebelum Oscar dimulai. Ini akan menjadi periode yang penting bagi para kru untuk mempersiapkan apakah AMPAS sudah aman dari virus Corona.

Baca juga:

Pandemi Membuat Nominasi Best Picture Piala Oscar 2022 Bertambah

Karena banyak film yang ditunda, pihak Oscar memberikan kelonggaran waktu untuk beberapa film memenuhi syarat agar masuk kategori. Mereka mengeluarkan aturan kelayakan film sehingga film yang rilis secara digital juga dapat bisa mengikuti kompetisi Oscar.

Syarat film yang bisa masuk nominasi Oscar adalah sudah rilis di bioskop selama tujuh hari. (Foto: Screenrant)

Perubahan itu termasuk diperbolehkannya Oscar digelar di New York, Chicago, Miami, Atlanta, dan the Bay Area. Namun hingga saat ini, pihak penyelenggara Oscar belum memberikan komentar terkait hal itu.

Ini bukan pertama kalinya Academy dipaksa untuk menyesuaikan upacara tahunan mereka dengan kondisi saat ini. Tapi kemungkinan ini menjadi pertama kalinya banyak perubahan yang telah dilakukan.

Salah satu perubahan yang ditetapkan ialah menambahkan 10 nominasi Best Picture untuk Oscar 2022. Peluang mungkin akan terjadi di Juli 2020 ketika bioskop di seluruh dunia perlahan mulai dibuka. (and)

Baca juga:

Oscar Menjadi Semakin Beragam



Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH