Sempat Mau Pensiun dari Wushu, Kini Harris Horatius Raih Emas di Asian Games

Mula AkmalMula Akmal - Selasa, 26 September 2023
Sempat Mau Pensiun dari Wushu, Kini Harris Horatius Raih Emas di Asian Games
Harris Horatius, Atlet wushu Indonesia / DOK NOC Indonesia

MerahPutih.com- Harris Horatius, Atlet wushu Indonesia yang baru saja meraih emas di Asian Games 2022 Hangzhou, China rupanya punya kisah mengharukan.

Salah satunya kejadian yang membuat Harris sempat ingin memutuskan pensiun dini dari olah raga yang digelutinya itu.

Baca Juga:

Atlet Wushu Harris Horatius Persembahkan Emas Ketiga untuk Indonesia

Namun, dukungan dari keluarga, pelatih dan pengurus Wushu Indonesia membuat niat itu urung dilakukannya.

"Mereka mengatakan kalau Harris masih bisa dan saya percaya dengan mereka, mereka punya harapan jadi apa yang diharapkan mereka saya melakukan yang terbaik," kata Harris usai pertandingan, Selasa (26/9).

Setelah itu, Harris melanjutkan hidupnya bersama wushu.

Latihan demi latihan terus dilanjutkan dengan fokus dan serius dan membuahkan hasil positif bagi perkembangan prestasi Harris di wushu.

Sebut saja, juara dunia nomor duilian di Shanghai 2019, peringkat ketiga dunia men's nangun 2019, medali emas nomor men's duilian di SEA Games 2019 Hanoi, perak nanquan, nandao & nanguan di SEA Games 2019 serta terakhir perak di nomor nandao dan nangun all around SEA Games 2023 Kamboja.

Perjuangan panjang dilakukan Harris. Tak hanya latihan, tapi juga perjuangan untuk jauh dari keluarga yang disayanginya.

"Hal paling sulit adalah harus jauh dari keluarga, karena saya sudah berkeluarga. Sudah tiga bulan sampai hari ini saya belum pulang," jelas dia.

Baca Juga:

Bangganya 2 Menteri Sambut Kedatangan Tim Wushu Usai Panen Emas SEA Games 2023

Perjuangan dan kerja keras Harris yang akan berulang tahun ke-28 pada 11 Oktober mendatang pun membuahkan hasil. Medali emas Asian Games yang diharapkan bisa terpenuhi di Hangzhou.

"Saya mempersembahkan medali emas ini buat negara, Indonesia Raya sudah terdengar. Puji Tuhan saya sangat bersyukur dan ini juga untuk orang tua dan istri saya," ungkap Harris.

Sementara itu, Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk Asian Games 2022 Hangzhou Basuki Hadimujono mengucapkan terima kasih atas persenbahan emas yang telah diberikan Harris buat Indonesia. Basuki juga berpesan supaya Harris jangan pernah berhenti untuk terus memberikan prestasinya buat Indonesia.

"Tidak gampang untuk bisa dapat emas di Asian Games, untuk mendapatkan emas pasti atas kerja keras, latihan dan kekompakan pelatih dan atletnya," kata Basuki.

Ungkapan yang sama juga disampaikan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo di depan Harris.

"Jadi Harris sudah berkontribusi membantu kita tetap dalam target Pak Presiden, ada di 10 besar," ujar Menpora Dito.

Sampai Selasa (26/9) sore ini, Tim Indonesia sudah meraih 3 medali emas, 1 perak dan 4 perunggu. Tim Indonesia masih berepeluang menambah pundi-pundi medali dari beberapa cabang olahraga yang masih dan belum berlangsung. (Knu)

Baca Juga:

Wushu Awali Perolehan Medali Hari Ini dengan 1 Emas dan 2 Perak

#Wushu #Asian Games
Bagikan
Bagikan