Sempat Mangkir, Hari Ini Ganjar Pranowo Kembali Dipanggil di Sidang e-KTP Ganjar Pranowo usah pemeriksaan oleh KPK terkait kasus korupsi e-KTP, Selasa (4/7). (MP/Ponco Sulaksono)

MerahPutih.com - Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta Pusat kembali menggelar sidang lanjutan perkara korupsi e-KTP dengan terdakwa Andi Agustinus alias Andi Narogong. Pada persidangan hari ini, Jumat (13/10), Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kembali dipanggil sebagai saksi.

Sebelumnya, Ganjar sempat akan diperiksa oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (8/10) lalu. Namun politisi PDI Perjuangan itu mangkir lantaran menghadiri agenda kenegaraan dengan mendampingi Presiden di Semarang.

Dalam dakwaan dan tuntutan perkara ini, nama Ganjar disebut menerima aliran dana sebesar US$ 520 ribu. Namun Ganjar berkali-kali membantah penerimaan uang tersebut.

Dalam kesaksiannya pada persidangan dengan terdakwa dua mantan pejabat Ditjen Dukcapil Kemendagri Irman dan Sugiharto, Ganjar mengaku tak pernah menikmati bancakan proyek senilai Rp 5,9 triliun tersebut.

Selain Ganjar, jaksa KPK juga memanggil kakak kandung Andi Narogong, Dedi Prijono. Kemudian, dua pihak swasta juga akan dimintai keterangannya yakni Komisaris PT Puncak Mas Auto Sandra dan Onny Hendro Adhiaksono.

Diketahui, Andi Narogong merupakan terdakwa ketiga setelah Irman dan Sugiharto. Andi didakwa turut serta dalam tindak pidana korupsi e-KTP di Kementerian Dalam Negeri. Akibat perbuatannya proyek senilai Rp 5,9 triliun, negara dirugikan Rp 2,3 triliun.

Andi yang dikenal memiliki hubungan dengan Ketua DPR Setya Novanto didakwa melanggar Pasal 2 ayat 1 atas Pasal 3 undang-undang nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi Jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Ganjar Pranowo: Wartawan kok Dipukuli, Ngobrol aja


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH