Sempat Hamil Anak Kedua, Meghan Markle Alami Keguguran

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 26 November 2020
Sempat Hamil Anak Kedua, Meghan Markle Alami Keguguran
Meghan Markle mengalami hal yang paling ditakutkan oleh perempuan hamil, yaitu keguguran. (Foto: vanityfair.com)

TIDAK banyak yang mengetahui kalau Meghan Markle sempat mengandung anak kedua dari pernikahannya dengan Pangeran Harry. Karena sebelum lahir ke dunia, Markle sempat mengalami keguguran pada Juli 2020 lalu. Kabar tersebut diumumkannya melalui essai berjudul 'The Losses We Share' yang ia tulis dalam kolom opini The New York Times.

Sebelum menyadari dirinya keguguran, Duchess of Sussex masih melakukan aktivitas kesehariannya seperi biasa. Lalu ia merasakan sakit perut yang tidak biasa saat mengganti popok anak pertamanya, Archie Harrison Mountbatten-Windsor.

Baca juga:

Talita Setyadi, The Queen of Pastry Indonesia, Menghempas Kemustahilan

“Aku jatuh ke lantai dengan Archie dalam pelukanku, menyanyikannya lagu pengantar tidur untuk membuat kami berdua tetap tenang. Nada lagu yang ceria sangat kontras dengan perasaanku yang mengetahui bahwa ada sesuatu yang tidak beres,” Ucap Markle, dikutip laman E! News.

Essai mengenai keguguran yang Meghan Markle alami di New York Post (Foto: theglobalherald.com)
Essai mengenai keguguran yang Meghan Markle alami di New York Post (Foto: theglobalherald.com)

Saat menggenggam Archie, di situlah Markle menyadari bahwa ia telah kehilangan anak keduanya. Segera setelah kejadian tersebut, Markle langsung dibawa ke rumah sakit ditemani Pangeran Harry. Mereka berdua menangis mengetahui anak keduanya sudah tidak ada.

“Aku berbaring di ranjang rumah sakit sambil menggenggam tangan suamiku. Aku merasakan kelembutan di telapak tangannya yang basah karena air mata kami. Sambil menatap dinding putih, mataku berkaca-kaca dan membayangkan bagaimana kami akan sembuh dari keadaan ini,” kata Markle.

Baca juga:

Gara-Gara Scotter Braun, Taylor Swift Rekam Ulang ‘Love Story’

Saat itu Markle menyadari bahwa keguguran telah dialami oleh banyak perempuan, tapi tidak banyak perempuan yang berani mengungkapkan kisah mereka karena berbagai alasan. Ia pun menambahkan bahwa kehilangan seorang anak merupakan kesedihan yang tak tertahankan bagi Markle.

Meghan Markle dengan suami dan anak pertamanya (Foto: popsugar.com)
Meghan Markle dengan suami dan anak pertamanya (Foto: popsugar.com)

Memiliki rasa peduli terhadap perempuan yang pernah mengalami kejadian pahit tersebut, Markle dan Pangeran Harry menemukan bahwa dari 100 orang perempuan, terdapat 10 hingga 20 dari mereka yang mengalami keguguran.

Hampir 80 persen keguguran rentan terjadi pada trimester pertama. Markle pun menghubungkan hal tersebut dengan tradisi merahasiakan kehamilan hingga usia 12 pekan.

Dalam essai yang ia tulis, Markle juga mengaitkan dampak pandemi pada manusia serta kasus kebrutalan polisi pada tahun ini. Selain itu, ia juga menjelaskan tentang penyebaran informasi yang salah pasca pemilu di Amerika Serikat. (Scp)

Baca juga:

Mark Ruffalo Jadi Ayah Ryan Reynolds di 'The Adam Project'

#Pangeran Harry #Selebriti
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan