Kpop
Sempat Cicipi Panggung K-Pop, Perempuan Ini Bongkar Kepalsuan Panggung K-Pop Kathy Lee ungkap kepalsuan panggung Kpop. (Foto: MNET)

KEHIDUPAN seorang selebriti terutama selebriti Korea terlihat begitu menyenangkan. Namun kenyataannya justru sebaliknya. Banyak kepalsuan yang terjadi di balik panggung. Ada banyak rekayasa yang diciptakan. Fakta itu diungkapkan oleh mantan kontestan Produce 101, Kathy Lee.

Perempuan Amerika Tiongkok tersebut sempat mengikuti variety show MNET, Produce 101. Namun, Kathy tidak mengingat hari-hari sebagai calon idola K-Pop dengan penuh suka cita. Dalam wawancara dengan BuzzFeed News, mantan kontestan Produce 101 ini mengungkapkan betapa palsu industri K-Pop sebenarnya.

Baca Juga:

Yuk Coba 4 Menu Ala Drakor untuk Santap Sahur

kpop
Chowon gagal jadi member IZONE karena dicurangi. (Foto: MNET)

Ketika Kathy (sebelumnya dikenal sebagai Katherine Lee) berusia sekitar 13 atau 14 tahun, dia adalah penggemar berat idola grup pria, EXO. Meskipun dia tidak memiliki pengalaman dan kemampuan menyanyi dan menari, kecintaannya pada K-Pop memaksanya untuk mencoba audisi saat berlibur di Korea Selatan untuk merayakan Natal. Betapa terkejutnya Kathy, latar belakang Tiongkok-Amerika benar-benar membuatnya mendapatkan kontrak trainee di MIDAS Entertainment.

Namun Kathy mengatakan seiring berjalannya waktu, antusiasmenya terhadap K-Pop berkurang. Dia mengatakan semua yang disajikan di layar adalah artifisial. “Setelah proses pelatihan, saya menyadari bahwa semuanya palsu," ungkapnya penuh kekecewaan.

Setelah 10 bulan menjalani masa trainee, Kathy mengikuti audisi untuk Produce 101. Namun, dia cukup yakin perusahaannya telah mengamankan dirinya dan rekan-rekan trainee lainnya di acara tersebut terlepas dari seberapa baik dia melakukannya. Begitu dia bergabung dengan acara tersebut, Kathy mengatakan dia mulai menyadari betapa tidak jujur dan semuanya diatur skrip.

Kathy mengemukakan betapa banyak berita yang beredar bahwa seri Produce disabotase. Memang, pada tahun 2019, Mnet terlibat dalam skandal setelah terungkap bahwa perolehan suaranya dimanipulasi di Produce 48, Produce X 101, dan Idol School. Hal itu membuat beberapa trainee yang mendapatkan tempat di lineup terakhir kehilangan tempat secara tidak adil.

Baca juga:

Song Joong-ki Merasa Puas Balas Dendam di ‘Vincenzo’

kpop
Kathy Lee saat tampil di Produce 101. (Foto: MNET)

Kathy juga mengatakan bahwa trainee itu sendiri akan berperilaku tidak jujur selama pembuatan film. "Kontestan akan menangis di depan kamera untuk mendapatkan simpati karena semua orang menyukai cerita Cinderella," tuturnya.

Dia mengatakan ada kontestan yang akan menindas sesama kontestan untuk mendapatkan perhatian sebagai "penjahat". Awal tahun ini, solois Je-on Somi (yang menempati peringkat no. 1 di Produce 101) mengungkapkan bahwa dia memalsukan adegan perkelahian yang terkenal untuk menarik lebih banyak penayangan untuk acara tersebut.

"Pertarungan" Somi melanda penggemar selama bertahun-tahun sebelum mereka mengetahui kebenarannya."Aku baru saja disana seperti, apa? Saya pikir reality show setidaknya nyata!" pekik Kathy Lee kecewa.

Karena itu, mantan kontestan Produce 101 ini mengatakan bahwa dia berhenti menonton K-Drama dan mendengarkan K-Pop dalam waktu yang lama setelah meninggalkan Korea Selatan pada tahun 2016 dan kembali ke kehidupan normal. Sekarang, dia mengatakan dia mengonsumsi beberapa konten, tetapi dia berhenti mengikuti idola grup tertentu sebagai penggemar. “Saya tahu perusahaan benar-benar mengemas kamu dan memasarkannya dengan cara tertentu,” tukasnya. (avia)

Baca juga:

Klip Konsep Lagu 'Butter' BTS Sukses Bikin ARMY Penasaran

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
John Legend Terima Grammy dari Dapurnya
ShowBiz
John Legend Terima Grammy dari Dapurnya

Legend sedang sibuk mengiris bawang putih untuk menyiapkan makan malam.

Menikmati Malam Halloween Bersama Melomaniac
ShowBiz
Menikmati Malam Halloween Bersama Melomaniac

Melomaniac Episode ke-8 dengan tema Halloween akan menghadirkan sejumlah musisi ternama tanah air

Coastal Basement Menjual Produk Ramah Lingkungan Dengan Misi yang Mulia
Fun
Coastal Basement Menjual Produk Ramah Lingkungan Dengan Misi yang Mulia

Wawancara eksklusif MerahPutih.com dengan Christa Callista, founder Coastal Basement.

Eddie Van Halen Tutup Usia Karena Kanker Tenggorokan
ShowBiz
Eddie Van Halen Tutup Usia Karena Kanker Tenggorokan

Eddie menderita kanker tenggorokan sejak tahun 2000.

Bawang Bikin Bau Badan?
Fun
Bawang Bikin Bau Badan?

Kandungan dalam bawang putih banyak termasuk salah satunya yaitu sulfur yang berguna sebagai antiseptik dan antioksidan.

4 Jenis Aplikasi Untuk Editing Audio Podcast di Ponsel Pintar
Fun
4 Jenis Aplikasi Untuk Editing Audio Podcast di Ponsel Pintar

Aplikasi editing audio ini dapat meningkatkan performa podcast.

Terdapat 'Celah' Pada Tiktok yang Bisa dimanfaatkan oleh Peretas
Fun
Terdapat 'Celah' Pada Tiktok yang Bisa dimanfaatkan oleh Peretas

Peneliti menemukan celah pada Tiktok yang Bisa dimanfaatkan oleh Peretas

Minecraft Hadir di PlayStation Virtual Reality
Fun
Minecraft Hadir di PlayStation Virtual Reality

Mojang Studios segera menghadirkan Minecraft ke PlayStation VR.

Menilik Rincian Koleksi Terbaru Balenciaga Lewat Video Game
Fashion
Menilik Rincian Koleksi Terbaru Balenciaga Lewat Video Game

Demna Gvasalia ingin memiliki konsep yang berbeda dan tak lekang oleh waktu.

Kongko Aman di Bar? Ini Saran Dokter
Fun
Kongko Aman di Bar? Ini Saran Dokter

Banyak yang kembali bersemangat untuk nongkrong di pub.