Film
Sempat Alami Kesulitan, Film 'Pathaan' Siap Tayang di Lebih 100 Negara Jadi ajang kembalinya Shah Rukh Khan menunjukkan kemampuan aktingnya di film. (Foto: YouTube/YRF)

Pathaan, film produksi Yash Raj Films, jadi ajang kembalinya Shah Rukh Khan menunjukkan kemampuan aktingnya di film. Tak mengherangkan bila film ini dinantikan.

Pembuat film ini pun tak mau nanggung. Film ini akan diputar di lebih 100 negara di seluruh dunia. "Ini menjadikannya salah satu pemutaran perdana terluas untuk film Bollywood," tulis variety.com.

Selain Shah Rukh Khan, film ini dibintangi oleh Deepika Padukone dan John Abraham, juga disutradarai oleh Siddharth Anand. Pathaan merupakan bagian dari Spy Universe yang diproduseri oleh Aditya Chopra, yang juga mencakup waralaba Tiger, yang dibintangi oleh Salman Khan dan Katrina Kaif, dan War, yang dibintangi oleh Hrithik Roshan dan Tiger Shroff.

Pada 2022, film Bollywood Vikram Vedha, yang dibintangi oleh Hrithik Roshan, Saif Ali Khan, dan Radhika Apte, juga dirilis di lebih dari 100 negara. Bedanya, jalan Pathaan menuju pemutaran di lebih 100 negara tak mudah.

Pathaan diterpa berbagai kesulitan. Misalnya pada Desember 2022, ketika anggota Partai Bharatiya Janata yang berkuasa di India, menolak sebuah lagu dalam film tersebut. Ini membuat film tersebut kemudian disensor.

Baca juga:

Shah Rukh Khan dan Deepika Padukone Beradu Akting di Film 'Pathaan'

Namun, dalam beberapa hari terakhir film tersebut secara tidak langsung mendapat dukungan. Perdana Menteri India, Narendra Modi, mengatakan kepada para pekerja partai untuk tidak membuat komentar yang tidak perlu tentang film tersebut.

Bisnis teater Bollywood sempat memgalami kemunduran pada 2022. Ada berbagai rentetan kegagalan. Namun, bisnis ini berhasil bangkit setelah mendapat dorongan dari pembukaan kembali 25 bioskop di seluruh India Utara dan Barat yang sempat tutup karena dampak COVID-19. Untuk tayang perdana Pathaan, bioskop tersebut akan dibuka.

Bioskop terkemuka di India juga telah mencatat pemesanan tiket awal yang cukup tinggi. PVR (Priya Village Roadshow), salah satu jejaring bioskop terkemuka India, melaporkan hampir 500.000 tiket terjual. Sementara Inox, jaringan bioskop lainnya, menjual sekira 275.000 tiket. Film ini diputar di lebih dari 4.000 layar di seluruh India.

Analis Box Office, Elara Capital, memperkirakan pendapatan hari pertama akan menyentuh angka sebesar 5 juta dolar AS atau setara 74,5 miliar rupiah di India saja. Ini didasarkan pada perkiraan kemajuan dan valuasi bisnis selama ini yang mencapai angka 25-30 juta dolar AS atau setara 372 miliar rupiah di negara tersebut. Asalkan ulasan positif dan publikasi dari mulut ke mulut terus terjadi.

Baca juga:

Daftar Bintang Film Termahal Dunia, Shah Rukh Khan Salah Satunya

pathaan
Pathaan akan mulai tayang pada 25 Januari dalam bahasa Hindi, Tamil, dan Telugu. (Foto: YouTube/YRF)

Pathaan akan mulai tayang pada 25 Januari dalam bahasa Hindi, Tamil, dan Telugu. Tanggal ini dipilih karena sehari setelahnya India mendapat hari libur umum, yaitu Hari Republik.

Khan dikenal sebagai salah satu bintang romantis besar Bollywood. Namun, beberapa film terakhirnya kurang sukses di Box Office. Misalnya, dalam film terakhirnya sebagai pahlawan solo pada 2018. Sejak saat itu, dia menjadi cameo di Laal Singh Chaddha dan Brahmastra Part One: Shiva pada 2022.

Sanjeev Kumar Bijli, Joint Managing Director of PVR Limited, mengatakan penayangan perdana Pathaan cukup fenomenal dengan pemesanan tiket yang mendekati 5 lac atau 500.000 tiket pada akhir pekan panjang pertama dari film yang dirilis pada 25 Januari.

"Ini akan menjadi film SRK (Shah Rukh Khan) pertama yang akan dibuka pada pukul enam pagi di bioskop PVR. Film yang benar-benar dibuat untuk pengalaman menonton lewat layar lebar. Kami melihat peningkatan preferensi untuk menonton film ini dalam format premium seperti IMAX, ICE, 4DX, dan P [XL]," kata Sanjeev.

Di India Selatan film ini dirilis dalam bahasa Tamil dan Telugu. Sementara di Kerala, film ini tayang dalam bahasa aslinya, yaitu bahasa Hindi. "Secara keseluruhan, ini merupakan respons yang sangat menggembirakan terhadap pengalaman hiburan di luar rumah bagi keluarga untuk film mega blockbuster ini," lanjut Sanjeev.

Nelson D'Souza, VP Distribusi Internasional di Yash Raj Films, menambahkan bahwa pihaknya optimistis Pathaan meraup sukses. "Film ini harus bisa mengembalikan keceriaan bisnis film pada awal tahun,” ungkapnya. (ahs)

Baca juga:

Hampir Tewas, Shah Rukh Khan Diselamatkan Kajol

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Green Ramadan, Rayakan Bulan Baik dengan Memberi Lebih 
Hiburan & Gaya Hidup
Green Ramadan, Rayakan Bulan Baik dengan Memberi Lebih 

Memaknai istilah the gifts that keep on giving.

Tak Goyah Dibayangi Konflik Rusia-Ukraina, Nasabah Mikro Raiz Invest Justru Melonjak
Hiburan & Gaya Hidup
Tak Goyah Dibayangi Konflik Rusia-Ukraina, Nasabah Mikro Raiz Invest Justru Melonjak

Konsumsi Reksa Dana (Aperd) daring di Indonesia malahan tidak berpengaruh signifikan.

Dorna Sports Raih Sertifikasi ISO 20121
ShowBiz
Dorna Sports Raih Sertifikasi ISO 20121

Penyelenggara olahraga motor pertama nan menerima sertifikasi ISO 20121.

Mikroorganisme Berkembang di Rambut Basah
Fun
Mikroorganisme Berkembang di Rambut Basah

Rambut basah juga bisa menjadi tempat tumbuhnya mikroorganisme kecil.

Mahkota St. Edward untuk Penobatan Raja Charles III
Fun
Mahkota St. Edward untuk Penobatan Raja Charles III

mahkota ini juga dihiasi dengan 444 batu mulia

Kampanye #SehangatHarapanIbu Siap Dukung Program Bayi Tabung
Fun
Kampanye #SehangatHarapanIbu Siap Dukung Program Bayi Tabung

Bayi tabung menjadi salah satu cara untuk mendapatkan momongan.

Psikolog Tekankan Bahaya Depresi
Fun
Psikolog Tekankan Bahaya Depresi

Jangan anggap enteng depresi.

Tips Mengatasai Anak Sakit Selagi Mudik Mengobati Kangen Kampung Halaman
Fun
Tips Mengatasai Anak Sakit Selagi Mudik Mengobati Kangen Kampung Halaman

Lakukan persiapan ketika anak sakit saat mudik.

Dilelang, Nintendo Wii Berlapis Emas 24 Karat untuk Ratu Elizabeth II
Fun
Dilelang, Nintendo Wii Berlapis Emas 24 Karat untuk Ratu Elizabeth II

Gagal sampai ke Ratu Elizabeth II, The Royal Wii kini dilelang.

Menuju Album Keempat, Raisa Hadirkan 'Cinta Sederhana'
ShowBiz
Menuju Album Keempat, Raisa Hadirkan 'Cinta Sederhana'

Raisa menghadirkan sebuah single terbaru yang bertajuk 'Cinta Sederhana'.