Teknologi

Semoga Menu 'Start' Windows 11 Tidak Mengecewakan

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 13 Juli 2021
Semoga Menu 'Start' Windows 11 Tidak Mengecewakan
Windows 11 mulai melakukan uji coba. (Foto: Microsoft News)

SISTEM operasi Windows 11 yang diumumkan Microsoft pada 24 Juni 2021 mulai melakukan uji coba meniadakan pengembalian menu start Windows 10. Artinya menu mulai (start) di Windows 11 akan berbeda dengan Windows 10 yang akrab dengan pengguna.

Sebelumnya, ada cara mengembalikan menu mulai (Start) milik Windows 10 ke Windows 11 dengan melakukan sistem registrasi DWORD (32-bit) bernama Start Show Classic Mode di kunci HKCU\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced. Kemudian, atur ke angka 1.

Baca juga:

Tak Ada lagi Internet Explorer di Windows 11

Techradar menuliskan bahwa melakukan sistem registrasi tidak direkomendasikan. Hal itu dikarenakan dapat memicu ‘kekacauan’ pada perangkat lunak Windows 11. Dengan begitu, penguji Windows 11 perlu berhati-hati dan menerima apa yang dihadirkan Windows 11, baik kekurangan maupun kelebihannya.

Microsoft mengubah Windows 11 dengan build berkode 22000.65, sehingga registrasi kunci tidak akan berfungsi. Kemudian, tidak ada cara kembali ke menu mulai (Start) Windows 10, dan pengguna suka tidak suka harus mempelajari menu start Windows 11 saat penggunaan pertamanya.

Kritik yang disampaikan pengguna Windows 11, salah satunya menu Start. (Foto: Twitter/Martin O'Brien

Penggunaan pertama atau uji coba merupakan langkah Microsoft untuk memantau penggunaan menu mulai (Start) terbaru dan menyelesaikan masalah yang ditimbulkan. Sebab, pengujian ini adalah bentuk program Windows Insider, sehingga sistem operasi Windows 11 dapat rilis final pada 2021 nanti.

Pihak Microsoft belum memberikan keputusan resmi apakah menggunakan opsi menu 'mulai' seperti Windows 10 atau menerapkan menu 'mulai' terbaru. Hal itu menjadi pertimbangan pengembang, kendati menu baru Windows 11 memiliki perubahan yang dikritik pihak penguji.

Baca juga:

Windows 11 Rilis, Microsoft Teams Gantikan Posisi Skype

Kritik itu disampaikan oleh Tom’s Hardware. Mereka menjelaskan tentang berfungsinya menu Windows 10 dengan utilitas perangkat lunak Uls kostum. Namun, tidak berhasil untuk Windows 11 yang gagal berfungsi. Hal itu dibuktikan dengan penempatan tombol di sudut kiri bawah yang berfungsi sebagai pajangan saja di Windows 11.

Windows 11 merupakan kelanjutan dari Windows 10, yang menghadirkan perspektif terbarukan pada pengguna, memaksimalkan produktivitas, dan bisa dimanfaatkan untuk gaming dengan grafik tinggi setingkat dunia aslinya. Windows 11 juga bisa digunakan di berbagai perangkat.

Namun, polemik menu mulai (Start) yang dimiliki Windows 11 menjadi satu kelemahan yang wajib diselesaikan pihak Microsoft sebelum meluncurkan secara resmi ke masyarakat pada 2021 ini. Karena kelemahan pada menu mulai (Start) Windows 11 mampu menjadi bumerang kembalinya pengguna ke Windows 10. Jangan sampai Windows 11 mengulangi kegagalan Windows 8. (bed)

Baca juga:

Windows 11 Resmi Rilis, Intip Fitur Barunya

#Windows #Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan