ICE 2022
Semifinal IBC 2022 Berlanjut, Peserta Makin Kompetitif Bagus Putranto sempat alami kendala. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

BABAK semifinal kompetisi Indonesia Barista Championship (IBC) 2022 paruh kedua baru saja selesai bergulir, sebanyak enam dari 12 peserta telah usai memberikan penampilan mereka. Performa yang mereka tampilkan juga kian kompetitif, membuat aura persaingan semakin seru dan sulit untuk menebak siapa yang akan menjadi juara.

Enam peserta pertama dari 12 semifinalis sudah tampil terlebih dahulu sejak 08.35 hingga sekitar pukul 12.00 WIB, antara lain Yanuar Arlief R., Kelvin Deviro Situmorang, Muhammad Aga, Muhammad Tajuddin Zain, Ridha Ridhoni, dan Yessylia Violin A. Sementara enam lainnya baru selesai tampil pada sekitar pukul 15.00 WIB.

Meski baru tampil pada siang hari, namun semangat dan motivasi yang mereka tunjukkan tetap membara, menunjukkan tingginya kesulitan kompetisi kopi level nasional itu. Membawa berbagai kopi pilihan dengan racikan khusus, keenam peserta saling beradu presentasi untuk mendapat tiket WBC ke Melbourne, Australia.

Baca juga:

IBC 2022 Hari Pertama Berlangsung Ketat

IBC ICE 2022
Arief Rachman tampil penuh percaya diri. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

Seperti Muhammad Ramiz, peserta dari PT Makna Angan Karya Andanu itu tampil pertama pada paruh kedua semifinal IBC 2022. Ia membawakan presentasi dengan penuh ketenangan, penjelasan kopi yang dibuatnya juga terasa begitu mengalir dengan cara yang ringan dan mudah dimengerti.

Setelah Ramiz selesai merapihkan peralatannya, di stage sebelah samping ada Bagus Putranto yang sudah siap presentasi. Barista dari PT Nusantara Tri Jaya itu mengaku sempat mengalami sedikit masalah pada saat grinding, sehingga kopi racikannya tidak sesuai dengan ekspektasi saat latihan dan persiapan.

"Tadi grinder sebelah kiri kayaknya terlalu halus. Jadi sempat nge-drip sedikit, pas lihat itu, wah udah kacau. Jadi sisanya sampai closing berantakan semua," jelas Putranto.

Sementara Arief Rachman dari Visma masih dengan kualitasnya pada babak penyisihan, mempertontonkan presentasi yang bersih, rapih, dan penuh profesionalitas. Ia juga terlihat penuh percaya diri, bak seorang calon juara IBC 2022, berusaha membuktikan dirinya pantas berangkat sebagai finalis WBC.

Baca juga:

Kompetisi IBC 2022 Hari Kedua Guncang JIExpo Kemayoran

IBC ICE 2022
Lucky Mulya Wijaya saat mengucapkan 'Time!'. (Foto: merahputih.com/Andrew Francois)

Ada pula peserta lain yang tampil tak kalah kompetitif, seperti Lucky Mulya Wijaya, wakil dari Hungry Bird asal Bali yang sukses mengantisipasi masalah di panggung dengan sigap. Ia menyebutkan terdapat set meja yang berbeda dari biasanya saat ia latihan, sehingga terasa sedikit aneh dan tidak biasa saat tampil di bawah tekanan tinggi.

"Karena berusaha memperbaiki kesalahan yang terjadi saat babak penyisihan kemarin, jadi ada hal-hal baru di meja yang seharusnya tidak ada dan itu bikin saya cukup kaget waktu presentasi," tuturnya.

Terdapat dua peserta lainnya yang tak kalah kompetitif dan menjadi penantang kuat juara IBC 2022, yakni Patrik Vinsensius dari Kopi Utama Indonesia dan Rahmat Agung Saputra dari Common Grounds Surabaya. (waf)

Baca juga:

Semifinal IBC 2022 Dimulai, Paruh Pertama Bikin Deg-degan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Omicron Menjadi Varian Dominan di AS
Hiburan & Gaya Hidup
Omicron Menjadi Varian Dominan di AS

Terjadi kurang dari tiga minggu

Perankan Michelle Obama, Viola Davis Dicap Lebay
ShowBiz
Perankan Michelle Obama, Viola Davis Dicap Lebay

Ia mengakui kritik merupakan racun dari pekerjaan akting.

Mengapa Kita Harus Diet Fesyen?
Fashion
Mengapa Kita Harus Diet Fesyen?

Fesyen adalah industri paling berpolusi kedua di dunia setelah industri perminyakan.

Riset: Minat Penelusuran Merek Kendaraan Listrik Meningkat 300 Persen
Fun
Riset: Minat Penelusuran Merek Kendaraan Listrik Meningkat 300 Persen

Penelusuran Merek Kendaraan Listrik Meningkat 300 Persen

‘Squid Game’ Versi Kehidupan Nyata Hadir di United Emirat Arab
Fun
‘Squid Game’ Versi Kehidupan Nyata Hadir di United Emirat Arab

Empat dari enam permainan akan disesuaikan dengan versi asli dalam serial Squid Game.

Setahun Berlalu, Keluarga Kabarkan Kematian 'Mr Sega'
Fun
Telaga Tunggal, Sumur Minyak Pertama di Indonesia
Fun
Telaga Tunggal, Sumur Minyak Pertama di Indonesia

Sumur minyak pertama di Indonesia yang ditemukan oleh ahli perkebunan tembakau dari Belanda bernama Aeilko Jans Zijlker.

Hyundai Stargazer Bikin Keluarga Indonesia Merdesa Jalan-Jalan
Hiburan & Gaya Hidup
Hyundai Stargazer Bikin Keluarga Indonesia Merdesa Jalan-Jalan

Bersama Stargazer, keluarga jadi merdesa lakukan perjalanan jauh bersama.

Nona, Brand Fesyen Lokal Pertama Memanfaatkan Art Digital NFT
Fashion
Bermuatan Edukasi, 3 Gim ini Cocok untuk Anak-Anak
Fun