Sembuh dari COVID-19, 113 Perwira Secapa AD Donor Plasma Darah Tes COVID-19 TNI AD. (Foto: MP/Kanugrahan)

Merahputih.com - Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Andika Perkasa menyebutkan total perwira Sekolah Calon Perwira (Secapa) AD yang mendonorkan plasma darah sampai saat ini sudah sebanyak 113 orang.

"Pagi (11/8) ini ada 32 perwira mantan Secapa lagi yang donor plasma," ujar Andika dalam pernyataan tertulis, Selasa (11/8).

Baca Juga

Angka COVID-19 Tinggi, TNI-Polri Bubarkan Kerumunan Warga di Monas

Dengan penambahan itu, total mantan Perwira Secapa AD yang pendonor untuk terapi plasma convalescent sampai hari ini berjumlah 113 orang.

Mereka merupakan Perwira Secapa AD yang telah dinyatakan sembuh dari COVID-19.

Istilah terapi plasma convalescent merujuk pada pemberian plasma darah dari orang yang telah sembuh ke pasien lainnya yang dalam masa pengobatan untuk penyakit infeksi yang sama.

Caption

Plasma darah dari orang yang telah sembuh diperkirakan bisa membantu melawan SARS-CoV-2 karena memiliki antibodi yang telah dibentuk oleh pasien tersebut.

Sementara untuk pasien COVID-19 di Secapa AD sampai Selasa (11/8) berkurang lagi tiga pasien setelah dinyatakan sembuh atau negatif COVID-19.

Baca Juga

Kapolda Metro Jaya Pastikan Perayaan Idul Adha di Jakarta Aman

Jadi, saat ini pasien yang telah sembuh dari COVID-19 di Secapa AD telah mencapai 1.244 orang (95,1 persen) dari 1.308 orang yang terinfeksi COVID-19.

Dengan terus bertambahnya pasien yang sembuh di Secapa AD, kata Kasad, berarti saat ini tinggal 64 orang atau 4,9 persen yang masih positif COVID-19. (Pon)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH