Semarang, Surganya Kuliner Jamu dan Rempah Kamu akan menemukan banyak tempat menjual jamu di Semarang (Foto: Pexels/Marta Branco)

PERLU dong minuman hangat biar rileks. Jamu dan rempah solusinya. Nah, bagi kamu yang berencana ke Semarang, beruntung banget. Semarang Surganya kuliner Jamu dan rempah.

Laman arahdestinasi mengatakan ada tiga tempat di Semarang yang menyajikan kuliner jamu nan lezat dan menyehatkan. Apa saja?

Baca juga:

Kebelet Liburan 'Girls'? Destinasi Wisata Indonesia Ini Aman Buat Pelancong Perempuan

1. Wedang Rempah Mbah Jo

Jahe rempah menu andalannya (Foto: arahdestinasi)

Jangan nilai tempat ini dari rupanya. Meskipun tampilan warung jamu ini sederhana, pelanggannya selalu membludak. Mau itu anak muda, pegawai negeri, hingga orang tua ada semua di sini. Bahkan tak hanya sepeda motor, area parkir tempat ini juga dipenuhi mobil.

Jahe rempah merupakan menu andalan Wedang Rempah Mbah Jo. Minuman berbahan jahe, kunyit dan temulawak ini akan membuat tubuhmu hangat. "Selain itu air panasnya juga mengandung beragam rempah menyehatkan," ujar Mbah Jo.

Masih banyak lagi pilihan minuman jahe di sini, mulai dari jahe cokelat, jahe kencur, jahe sereh, hingga wedang uwuh. Segelas minuman ini hanya Rp7 ribu dan Rp8 ribu jika menggunakan susu.

Minum jahe saja tentu tidak cukup. Tenang, ada nasi bungkus, serabi, ketan serundeng, sampai tahu dan tempe becem yang siap menemani segelas jahe kamu.

Wedang Rempah Mbah Jo beralamat di Jl Menteri Supeno No 1, tepatnya belakang kantor gubernur. Warung ini buka dari 06.00 hingga 23.00 WIB.

2. Jamu Jun

Jamu disajikan seperti bubur (Foto: arahdestinasi)

Antrean di Jamu Jun selalu mengular. Jamu Jun memang sudah menetap di tempat, namun masih ada juga yang menjajakan jamunya dengan berkeliling. Lokasi Jamu Jun berbeda tiap waktunya. Senin dan Sabtu pagi, Jamu Jun ada di Pasar Prembaen, lokasinya ada di bagian tengah.

Baca juga:

5 Tempat Wisata Anti Maintream di Kota Semarang

Kemudian pada Jumat, ada di belakang kantor gubernuran di Jalan Gergaji. Jumat, Sabtu, Minggu sore bisa ditemukan di Pasar Semawis, pusat kuliner Semarang populer di akhir pekan.

Jamu Jun mirip wedang coro dari Pati. Harganya hanya Rp5 ribu semangkuk kecil. Jamu Jun tidak seperti minuman jamu pada umunya, bentuknya seperti bubur. Menurut sang penjual ada 21 rempah terkandung pada seporsi Jamu Jun.

3. Es Krim Jamu Nyonya Meneer

Jamu disajikan dalam bentuk es krim (Foto: arahdestinasi)

Semarang akan mengobati kerinduan kamu dengan Jamu Nyonya Meneer yang legendaris. Kamu bisa mampir ke Makuta Jamu Cafe yang terletak di Gang Pinggir, kawasan Pecinan, Semarang.

Kafe ini dikelola keturunan Nyonya Meneer. Beragam minuman sehat kaya akan rempah dapat kamu temukan di sini. Setiap minumannya sudah dikemas dengan modern di dalam botol plastik.

Menariknya, kamu bisa menikmati jamu di kafe ini secara kekinian. Ada menu jamu rempah yang disediakan dalam bentuk es krim. Menu es krimnya juga beragam seperti es krim kunir asem, beras kencur, hingga alang-alang selasih. Untuk menikmati satu scoop es krim kamu cukup membayar Rp18 ribu.

Jadi bagaimana sobat Merah Putih ada rencana melancong ke Semarang? (ikh)

Baca juga:

Night Market Semawis, Surga Kuliner Kaum Milennial Semarang

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH