Semarak Perayaan Kedatangan Cheng Ho ke-610 di Semarang

Widi HatmokoWidi Hatmoko - Kamis, 13 Agustus 2015
Semarak Perayaan Kedatangan Cheng Ho ke-610 di Semarang
Peserta kirab dan pengunjung memadati pelataran Kelenteng Sam Poo Kong pada perayaan kedatangan Laksamana Cheng Ho (Sam Poo Tay Djien) Ke-610, di Semarang, Kamis (13/8). (ANTARA FOTO/R. Rekotomo)

MerahPutih Budaya - Ratusan warga Semarang dan wisatawan merayakan kedatangan 610 tahun Laksamana Cheng Ho atau Sam Poo Tay Djien, Kamis (13/8).

Perayaan Cheng Ho ini sudah dimulai sejak hari Rabu (12/8) malam kemarin di Kelenteng Tay Kak Sie hingga dini hari tadi dengan menyalakan lilin besar di dekat patung Cheng Ho dan pentas seni.

Kirab diikuti ratusan peserta terdiri dari pembawa arca Sam Poo Tay Djien dan pengawalnya, kuda, pengawal kuda (bhe koen), liong dan barongsay yang diberangkatkan dari Kelenteng Tay Kak Sie.

Peserta kirab dan pengujung terlihat memadati pelataran kelenteng Sam Poo Kong.

Perayaan kirab besar Cheng Ho ke-610 menunjukkan secara detail bagaimana kisah perjalanan Laksamana Cheng Ho yang menjelajah bumi dengan kapalnya. Termasuk, saat Cheng Ho singgah dan memutuskan tinggal di Semarang.

Kirab budaya Cheng Ho adalah acara tahunan yang digelar oleh pengurus yayasan Tionghoa Semarang, sebagai bukti kepahlawanannya meletakkan kebudayaan etnis Tionghoa di Kota Lumpia.

 

 

 

 

 

 

 

#Laksamana Cheng Ho
Bagikan
Ditulis Oleh

Widi Hatmoko

Menjadi “sesuatu” itu tidak pernah ditentukan dari apa yang Kita sandang saat ini, tetapi diputuskan oleh seberapa banyak Kita berbuat untuk diri Kita dan orang-orang di sekitar Kita.
Bagikan