Semarak Pemilu 2019 di Italia, Malta, dan Siprus Dubes Indonesia di Roma Italia Esti Andayani dan DCM KBRI Roma mengajak WNI di Italia untuk ikut memilih. (Ist)

MerahPutih.com - Panitia Pemilihan Luar Negeri pada Perwakilan RI di Roma (PPLN Roma) dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN) mengelar pesta demokrasi dengan mengelar Pemilihan Umum 2019 bagi masyarakat Indonesia di Italia, Malta, dan Siprus pada Minggu, (14/4).

PPLN Roma menyebutkan, pemungutan suara serentak dilaksanakan di TPSLN 01 KBRI Roma, KSK 01 Milan di Il Luogo Ideale Spazio Eventi Milano, KSK 02 Malta di Hotel Intercontinental Valetta, Malta dan KSK 03 Siprus di Hotel Cleopatra, Nicosia, Siprus.

Pesta demokrasi 2019 di Roma diikuti 280 orang pemilih yang antusias memberikan suara untuk memilih presiden, wakil presiden dan anggota DPR RI. Setelah menjalankan hak pilihnya, masyarakat yang hadir di TPSLN KBRI Roma berkesempatan menikmati sajian khas Indonesia dan hiburan live music.

Seorang WNI yang memasukkan surat suara ke dalam kotak saat Pemilu serentak 2019 luar negeri, Minggu (14/4/2019). (ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman)
Seorang WNI yang memasukkan surat suara ke dalam kotak saat Pemilu serentak 2019 luar negeri, Minggu (14/4/2019). (ANTARA FOTO/Rafiuddin Abdul Rahman)

Ketua PPLN Roma, Oka Sudiana menyampaikan masyarakat Indonesia di Roma dan sekitarnya berkontribusi dengan baik dan sangat bersemangat datang ke TPS untuk memberikan suaranya sejak TPS dibuka pukul 08:00 hingga akhir hari pukul 18:00 waktu setempat.

Dikutip dari Antara, pada pemungutan suara di Milan, tercatat 242 pemilih dari kalangan profesional dan pelajar Indonesia di Milan. Sementara itu, pemilu di Malta diikuti oleh 154 pemilih yang sebagian besar adalah Anak Buah Kapal (ABK).

Pelaksanaan pemilu di Siprus memiliki keunikan tersendiri dengan 90 persen pemilihnya adalah perempuan Indonesia yang bekerja di bidang perhotelan, restoran, pertokoan dan spa, maupun para ibu rumah tangga di Siprus. Ibu Yunia, seorang WNI di Siprus menyampaikan kegembiraannya dapat melaksanakan hak pilihnya sekaligus bersilaturahmi dengan warga masyarakat Indonesia yang hadir.

WNI di Siprus menyampaikan bahwa mereka tak luput mengikuti berbagai perkembangan di Tanah Air dan terus mengharapkan kemajuan bagi Indonesia di berbagai bidang. Hingga TPS ditutup, jumlah pemilih menggunakan hak suara di Siprus sebanyak 34 orang atau 75 persen dari surat suara yang tersedia.

Pelaksanaan pemungutan suara untuk WNI di Italia, Malta dan Siprus juga dilakukan melalui pos dengan pengiriman surat suara kepada 866 orang pemilih.

Pemilu di Italia, Malta dan Siprus berjalan aman, tertib dan semarak dengan partisipasi seluruh masyarakat Indonesia. Bersamaan dengan waktu penghitungan suara di Indonesia, penghitungan suara Pemilu 2019 akan dilaksanakan secara terbuka pada 17 April mendatang mulai pukul 0:.00 bertempat di KBRI Roma. (*)

Baca juga:Intip Kemeriahan Pemilu 2019 di Washington, DC



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH