Semangat Kolaborasi dalam IdeaFest 2022 IdeaFest 2022 membahas berbagai isu terkini melalui program-program inspiratif sebagai wadah untuk menghubungkan dan mengembangkan potensi masyarakat. (Foto: Samara Live)

KOLABORASI menjadi mantra kunci sepanjang 2022 bagi pelaku industri kreatif untuk tumbuh menjalar ke atas sekaligus mengakar kuat ke bawah. Kolaborasi ini memerlukan wadah yang di dalamnya para pelaku industri kreatif bekerja bersama dalam hubungan yang egaliter atau setara demi mewujudkan tujuan bersama.

Ide inilah yang mendorong digelarnya IdeaFest 2022 secara luring. Gelaran ini sebentuk komitmen untuk memberikan wadah kolaborasi transformatif bagi ide segar para insan dan komunitas kreatif.

Sesuai dengan tema “Reality Re:defined” yang diusung tahun ini, IdeaFest 2022 bekerja sama dengan lebih dari 180 pelaku kreatif, lebih dari 30 komika, dan lebih dari 30 tenant kuliner untuk menghadirkan lebih dari 100 sesi dan lebih dari puluhan experiential booth.

Program IdeaFest 2022 meliputi Conference, IdeaTalks, Utopia Blok:verse, IdeaFest Music, Lucu Fest, Hall of Makers, Manual Food Market, Litter by Litter, Your Voice Matters, Berani Bacot, dan NexSpace pada 24-27 November 2022 di Jakarta Convention Center (JCC).

IdeaFest 2022 membahas berbagai isu terkini melalui program-program inspiratif sebagai wadah untuk menghubungkan dan mengembangkan potensi masyarakat. Tak hanya itu, perhelatan ini akan menjadi fasilitator pelaku industri kreatif nasional maupun internasional untuk berbagi ide, wawasan, hiburan, dan aneka terobosan kreatif yang dapat meningkatkan kolaborasi yang berdampak kuat.

Co-Chairman IdeaFest 2022, Ben Soebiakto, memaparkan bahwa IdeaFest 2022 dapat menggerakkan komunitas kreatif di Indonesia untuk menciptakan karya yang berdampak bagi ekonomi negara dalam jangka panjang.

“Setelah berhadapan dengan pandemi selama lebih dari dua tahun, kini dunia perlahan pulih dengan sendirinya, dan kami sadar kemajuan teknologi saat ini menjadikan kolaborasi lebih bebas hambatan," kata Ben melalui rilisnya kepada Merahputih.com.

Baca juga:

Takashi Murakami Bakal Hadir di IdeaFest 2022

ideafest 2022

IdeaFest 2022 menggandeng berbagai komunitas dan program partners untuk memperkenalkan berbagai inovasi terkini yang diprediksi akan menjadi bagian penting dari kehidupan pascapandemi. (Foto: Samara Live)

Ben menambahkan, IdeaFest 2022 menggandeng berbagai komunitas dan program partners untuk memperkenalkan berbagai inovasi terkini yang diprediksi akan menjadi bagian penting dari kehidupan pascapandemi.

"Sehingga setiap hal yang dihadirkan tidak hanya menarik, tetapi juga memiliki daya guna dan manfaat secara sustainable.” tutur Ben.

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, turut mengapresiasi IdeaFest sebagai platform kolaboratif untuk mendorong perkembangan industri kreatif yang saat ini memiliki persentase yang besar dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Saat ini, Kemenparekraf Indonesia memiliki 17 subsektor ekonomi kreatif yang sedang aktif berkembang. Kemenparekraf sendiri sedang mendorong upscaling, rescaling, dan yang paling penting newscaling," tutur Sandiaga.

Menurut Sandiaga, ekonomi kreatif menempati posisi ketiga sebagai sektor yang memberikan kontribusi terbesar ke ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, gunakan IdeaFest 2022 untuk meningkatkan ekonomi kreatif Indonesia sekaligus peningkatan taraf hidup masyarakat.

"IdeaFest menjadi platform yang dibutuhkan saat ini untuk menghadirkan inovasi, adaptasi, kolaborasi untuk generasi Indonesia,” lanjut Sandiaga.

IdeaFest 2022 akan menghadirkan pengalaman yang berbeda bagi pengunjung. Menyisiri spektrum-spektrum industri kreatif, perhelatan ini juga akan membahas Web 3 dan aplikasi blockchain dalam ekosistem industri di Blok:verse serta mempersembahkan hiburan dari nama-nama terkemuka dalam panggung IdeaFest Music dan Lucu Fest.

IdeaFest 2022 memiliki jajaran tim Braintrust yang secara khusus mengkurasi berbagai isu dan fenomena spesifik seperti Art, Women Interest, Fashion & Streetwear, Media & Advertising, Content, Urban & Culture, Wellness, Entrepreneurship, Music, Activism & ESG, Lifestyle, dan Design.

IdeaFest 2022 juga menggandeng sejumlah partner. Antara lain Double Deer Group, Indozone, Majelis Lucu Indonesia (MLI), Makna, Manual Jakarta, Pemimpin.id, TFR, Volix, Utopia, 11th Space dan lain sebagainya.

Tidak hanya itu, IdeaFest 2022 juga turut mengundang seniman kontemporer ternama asal Jepang, Takashi Murakami. Selain dikenal sebagai seniman dengan deretan karya dan kolaborasi bergengsi, Takashi juga merupakan pelopor dari Clone X - X Murakami. Dia akan hadir pada puncak acara.

Baca juga:

Maraknya Festival Musik, IdeaFest 2022 Hadirkan Program dan Pengalaman Berbeda

ideafest 2022
Program IdeaFest 2022 meliputi Conference, IdeaTalks, Utopia Blok:verse, IdeaFest Music, Lucu Fest, Hall of Makers, Manual Food Market, Litter by Litter, Your Voice Matters, Berani Bacot, NexSpace. (Foto: Samara Live)

Untuk merangkum semangat dan tema IdeaFest 2022, penyelenggara membuat maskot metahuman bernama Drea sebagai host. Mulai hari ini (24/11), pengunjung akan disambut dengan teknologi mutakhir ini dan berkesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan Drea saat memasuki entrance utama dari IdeaFest 2022.

Selain berbagai program menarik di atas, IdeaFest 2022 juga menggelar 're:cultivate' potensi mereka dan 're:connect' dengan ratusan figur inspiratif melalui Conference dan IdeaTalks.

Dalam gelaran Conference, IdeaFest 2022 mempersembahkan satu hari yang khusus mengajak pengunjung untuk untuk membahas berbagai fenomena terkini bersama para game-changer lintas industri di Indonesia seperti Aji Handoko, Cinta Laura Kiehl, Denica Flesch, Edward Tirtanata, Manoj Punjabi, Maudy Ayunda, Muhammad Sadad.

Pengunjung juga dapat menikmati beragam diskusi menarik yang penuh dengan ide dan terobosan mutakhir dalam IdeaTalks bersama Alamanda Shantika, Andra Matin, Ariel Tatum, Ario Pratomo, Erika Richardo, Ferry Irwandi, Iben M.A., Iyas Lawrence, Raymond Chin, WD Willy, Vidi Aldiano, Gita Wirjawan, Nadiem Makarim, dan Dwi Sasetyaningtyas.

Juga ada berbagai penampilan komedi oleh Tretan Muslim, Coki, Deddy Corbuzier, GJLS, dan Dodit Maulana, serta penampilan di IdeaFest Music oleh Aulion, RAN, dan Feel Koplo.

IdeaFest 2022 turut dimeriahkan oleh beberapa sponsor seperti official e-commerce partner Blibli, Unilever, Indomie, Pop Mie, Indomilk Susu Steril, Chitato Lite, BCA, dan masih banyak lagi.

IdeaFest merupakan salah satu Intellectual Property dari Samara Live. Untuk pembelian tiket dan informasi lebih lanjut perihal keseluruhan rangkaian acara IdeaFest 2022 silakan kunjungi website www.ideafest.id, serta akun media sosial resmi @ideafestid.

Melalui sinergi yang terbangun, keseluruhan rangkaian acara diharapkan dapat membawa kegembiraan lebih jauh dengan memperluas jangkauan khalayak industri kreatif Indonesia. (dru)

Baca juga:

ID Creative Week, Kolaborasi Jakarta Fashion Week, Brightspot dan IdeaFest

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tampil Memukau dengan Makeup dan Hairstyle Pilihan di Dunia Metaverse
Fun
Tampil Memukau dengan Makeup dan Hairstyle Pilihan di Dunia Metaverse

Melalui kolaborasi terbaru L’Oréal, kini pengguna bisa mengatur sendiri makeup dan gaya rambut pilihan.

Tahapan Perawatan dan Pengaturan Pesawat Batik Air. Apa Saja Itu?
Fun
Tahapan Perawatan dan Pengaturan Pesawat Batik Air. Apa Saja Itu?

Batik Air juga melakukan pengecekan seluruh pesawat yang terdiri dari komponen pesawat dan dokumen.

Anak 10 Tahun Tewas akibat Blackout Challenge, TikTok Digugat
Hiburan & Gaya Hidup
Anak 10 Tahun Tewas akibat Blackout Challenge, TikTok Digugat

Sebuah tantangan yang mendorong para pengguna menahan napas atau membuat sesak napas hingga pingsan.

Chintya Gabriella Comeback Lewat Single ‘Hanya Dalam Mimpi’
ShowBiz
Chintya Gabriella Comeback Lewat Single ‘Hanya Dalam Mimpi’

Chintya Gabriella masuk dalam bagian Warner Music Indonesia.

4 Cara Sederhana Menjalani Gaya Hidup Sehat
Fun
4 Cara Sederhana Menjalani Gaya Hidup Sehat

Dalam semangat menjalankan gaya hidup sehat tentunya kamu perlu mengubah aktivitas rutin dengan memilih cara yang lebih mudah.

Mengintip Spesifikasi Lamborghini Gallardo LP 570-4 Spyder Performante
Fun
Mengintip Spesifikasi Lamborghini Gallardo LP 570-4 Spyder Performante

Gaharnya Lamborghini Gallardo LP 570-4 Spyder Performante

Menunda Menyantap Makanan Ini Rasanya Malah Makin Enak
Fun
Menunda Menyantap Makanan Ini Rasanya Malah Makin Enak

Makanan ini boleh kamu habiskan besok-besok.

Lewat Album Baru, Red Velvet Ingin Dapat Julukan Berbeda
ShowBiz
Lewat Album Baru, Red Velvet Ingin Dapat Julukan Berbeda

grup vokal Korea ternama, Red Velvet, mengaku bahwa mereka tak ingin sekadar mendapat julukan 'ratu musim panas' di dunia musik, tapi juga 'ratu segala musim'.

Oprah Produseri Film 'Sidney', Bintang Kulit Hitam Legendaris Hollywood
ShowBiz
Oprah Produseri Film 'Sidney', Bintang Kulit Hitam Legendaris Hollywood

Sidney Poitier membuka pintu bagi generasi aktor kulit hitam berikutnya di Hollywood.

Mimpi Jadi Kenyataan, Bangkutaman Tau Tau Tur di Jepang
ShowBiz
Mimpi Jadi Kenyataan, Bangkutaman Tau Tau Tur di Jepang

Trio Bangkutaman melanjutkan penerbangannya ke negeri Sakura