Semangat Asian Para Games Bergelora di Solo Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo saat menerima kirab lentera Pawai Obor dari Menko PMK Puan Maharani. (MP/Win)

MerahPutih.com- Iring-iringan kereta kencana tiba di kawasan Kantor Balai kota Solo, Rabu (5/8) sore menandai dimulainya rangkaian Asian Para Games 2018. Selain kereta kuda kencana, juga terdapat 41 bendera peserta.

Sesampainya di kawasan Balaikota, lentera api obor diterima langsung Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo dari Menko PMK Puan Maharani.

Pada pagi harinya, panitia terlebih dahulu mengambil sumber api di Mrapen, Grobogan, sebelum dibawa ke Kota Solo.

Orang berkumpul menyaksikan. (MP/Win)
Orang berkumpul menyaksikan. (MP/Win)

Sesampainya di Solo, lentera api tersebut langsung diterbangkan ke Ternate.

Di sana, pawai obor akan mulai dinyalakan tepat saat peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 9 September mendatang. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi direncanakan akan menerima obor tersebut.

”Memang Asian Para Games mulai berlangsung pada 6 hingga 13 Oktober mendatang. Namun, rangkaian kegiatannya kita mulai pada 5 September, karena dari situ kita akan awali kirab obor hingga ke Jakarta pada 5 Oktober mendatang,” jelas Ketua Umum INAPGOC Raja Sapta Oktohari.

Sementara itu Menko PMK Puan Maharani menegaskan, jika saat ini persiapan sudah cukup maksimal meski hanya selisih beberapa pekan saja dari ajang Asian Games kemarin.

Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo saat menerima kirab lentera Pawai Obor dari Menko PMK Puan Maharani. (MP/Win)
Wali Kota Solo FX. Hadi Rudyatmo saat menerima kirab lentera Pawai Obor dari Menko PMK Puan Maharani. (MP/Win)

”Semua persiapan sudah maksimal, termasuk rangkaian promosi kegiatan. Untuk penyelenggaraan akan menggunakan dua lokasi, yakni Jakarta dan Jawa Barat, namun fokusnya di Jakarta,” terangnya.

Meski hanya kirab lentera, namun tak menyurutkan semangat warga Solo dan siswa untuk menyaksikan. Bahkan tak jarang para siswa menyerukan nama Indonesia saat lentera itu melintas. (Win)


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH