Material Lokal Industri Motor Custom makin Berkembang Chopper (Foto: gumtree)

MOTOR custom pastinya tidak lepas dari material atau suku cadang berkualitas yang membuat deain motor semakin apik. Masyarakat Indonesia sendiri semakin melek dengan gaya hidup memakai motor custom.

Menurut Bimo, pemilik Bimo Custombikes, saat dihubungi merahputih.com, kalangan dari berbagai umur sudah kepincut dengan motor custom sejak 80-an. Bukan cuma pria dewasa, anak remaja pun sudah mencintai motor custom.

"Kalau saya lihat, dunia modifikasi yang dimulai sejak 1985 sebenarnya tidak ada kalangannya. Seperti dulu bapaknya naik Harley pasti anaknya dikasi Harley. Sebelum dikasi Harley, dikasi motor kecil untuk dimodifikasi," kata Bimo.

Selain itu, seiring berkembangnya zaman, pencinta motor juga tidak lagi mengandalkan material impor.

Semua berawal saat terjadinya krisis ekonomi di Tanah Air. Hal itu membuat banyak kalangan tergerak untuk membuat material yang terjangkau dan hasilnya membuat pelaku industri ini semakin kreatif.

Pelek Harley Davidson (Foto: demonscycle)

"Karena krisis ekonomi yang membatasi kita semua susah berkembang dari segi ekonomi. Kalau dari segi tekniknya membuat orang makin kreatif. Kalau dulu orang mau beli pelek, sekarang gimana caranya bikin pelek. Dulu orang beli sasis sekarang orang bikin sasis," tambah Bimo.

Berangkat dari rasa prihatin karena krisis ekonomi, hal tersebut malah memiliki dampak positif yang kuat bagi pelaku industri motor custom. Kini mereka berlomba-lomba untuk menciptakan produk lokal demi menghasilkan kualitas terbaik. Bukan lagi karena masalah ekonomi.

Mesin motor (Foto: starracing)

Dengan demikian, produk lokal material industri motor semakin mudah ditemui dan tidak murah. Kualitas terbaik tentunya dimiliki produk lokal.

"Dulu orang bikin motor sasis impor, pelek impor, mesin impor, sekarang enggak, ada orang bikin sasis ada orang bikin pelek ada orang di Jawa tengah bisa bikin mesin artinya kalo semua digabungkan industri lokal kita sudah ada," imbuhnya.

Di akhir kata, Bimo menambahkan bahwa sebelum 2000, hanya motor besar yang dimodifikasi. Setelah tahun 2000 hobi memodifikasi motor tidak hanya jatuh kepada pecinta motor besar, tapi hingga motor dengan cc kecil.

"Hidupnya motor kecil di modifikasi mulai 2000. Dulu yang hidup motor besar yang dimodifikasi," tutup Bimo. (Ikh)

Baca juga artikel Motor Custom Berdampak Positif pada Bisnis Lain

Kredit : digdo


Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH