Semakin Aman, Aplikasi WhatsApp di Android Dilengkapi 'Fingerprint Lock' WhatsApp resmi luncurkan fitur sidik jari bagi pengguna ponsel Android. (Foto: Odishatv)

BEBERAPA waktu lalu, WhatsApp sempat dikabarkan sedang menyiapkan fitur baru untuk versi terbarunya. Aplikasi chatting tersebut akan menambahkan fitur kunci sidik jari (fingerprint lock) yang berfungsi sebagai pengatur keamanan privasi penggunanya. Nah, baru-baru ini WhatsApp secara resmi telah mengumumkan bahwa fitur tersebut sudah bisa digunakan oleh pengguna ponsel Android.

“Mulai hari ini, pengguna Android dapat menambahkan fitur keamanan lain ke pesan WhatsApp mereka kunci sidik jari,” tulis WhatsApp dalam akun Twitter mereka pada Jumat (1/11) dini hari.

Baca juga:

Awas! File WhatsApp Bisa Dimanipulasi untuk Penipuan, Kenali Cara Mencegahnya

Melansir laman Android Police, fitur sidik jari ini bisa kamu dapatkan jika melakukan pembaruan ke versi 2.19.308. Sesuai dengan namanya, fitur ini memungkinkan kamu untuk mengunci dan membuka aplikasi menggunakan sidik jari. Tentu saja, ponsel Android juga harus dilengkapi dengan sensor sidik jari. Privasi kamu dilindungi dengan adanya fitur sidik jari ini, dimana percakapan pribadi hanya bisa dilihat oleh pemilik ponsel.

Jika kamu tidak menemukan fitur sidik jari ini, sebelumnya kamu harus melakukan update aplikasi WhatsApp terlebih dahulu ke versi terbarunya di PlayStore. Jika sudah, bagaimana cara mengaktifkannya?

Semakin Aman, Aplikasi WhatsApp di Android Kini Dilengkapi 'Fingerprint Lock'
WhatsApp akan meminta mengonfirmasi sidik jari. (Foto: screenshot)

Baca juga:

WhatsApp Pay, Fitur Dompet Digital dari Aplikasi Chat

Fitur fingerprint lock bisa kamu temui di menu Settings di pojok kanan atas. Setelah itu pilih menu Account pada halaman pengaturan WhatsApp, lalu pilih Privacy. Kamu akan melihat menu Fingerprint Lock di bagian paling bawah.

Lakukan aktivasi untuk membuka fitur fingerprint. Kemudian, WhatsApp akan meminta konfirmasi dari sidik jari dengan menyentuh sensor fingerprint pada ponsel.

Setelah berhasil dikonfirmasi, fitur sidik jari selesai diaktifkan. Terdapat beberapa pilihan waktu penguncian seperti sesegera mungkin, setelah satu menit, atau setelah 30 menit aplikasi WhatsApp ditutup.

Semakin Aman, Aplikasi WhatsApp di Android Kini Dilengkapi 'Fingerprint Lock'
Tampilan setelah update ketika kamu ingin membuka WhatsApp. (Foto: screenshot)

Selain itu, juga ada opsi yang diberikan pengguna untuk menyembunyikan konten yang muncul saat ada notifikasi pesan masuk. Dengan ini, ketika WhatsApp sedang dalam keadaan terkunci, notifikasi tidak akan menampilkan seluruh isi pesan yang masuk. (And)

Baca juga:

6 Negara yang Blokir Aplikasi WhatsApp



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH