Seluruh Daerah di Indonesia PPKM Level 1, Berikut Aturan Lengkapnya Ilustrasi Aktivitas Warga. Foto: MP/Dickie

MerahPutih.com - Pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di seluruh wilayah mulai tanggal 4 Oktober hingga 7 November 2022. Seluruh daerah menerapkan PPKM Level 1.

Peraturan tersebut tertuang dalam Instruksi Mendagri Nomor 45 Tahun 2022 untuk Jawa Bali, dan Instruksi Mendagri Nomor 46 Tahun 2022 untuk Luar Jawa Bali.

Baca Juga

Pandemi Belum Usai, PPKM Level 1 Tetap Berlaku di Seluruh Daerah

Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Safrizal ZA melanjutkan, penentuan level masih berpedoman terhadap Indikator Transmisi Komunitas dan Indikator Penyesuaian Upaya Kesehatan Masyarakat dan Pembatasan Sosial dalam Penanggulangan Pandemi COVID-19 yang ditetapkan Menteri Kesehatan (Menkes).

"Serta pertimbangan kondisi sosial ekonomi masyarakat," ucap Safrizal, Selasa (4/10).

Kondisi tersebut juga dibarengi dengan aktivitas masyarakat yang mulai normal seperti sebelum pandemi. Ia terus menyampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan di daerah baik dari pemerintah, Forkompimda, TNI/Polri, atau pun para pemangku kepentingan lainnya.

"Untuk terus menjalin kerja sama baik dalam penegakan protokol kesehatan untuk menjaga kondisi pandemi yang semakin membaik," sebut Safrizal.

Menurutnya, kasus COVID-19 sudah terkendali dalam beberapa bulan terahir. Situasi tersebut juga dibarengi dengan aktivitas masyarakat yang mulai normal seperti sebelum pandemi.

Baca Juga

Seluruh Daerah di Indonesia PPKM Level 1, Berikut Aturan Terbarunya

Berikut aturan lengkap kegiatan masyarakat selama PPKM level 1 di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali.

1. Transportasi Umum

Transportasi umum yang meliputi kendaraan umum, angkutan massal, taksi baik konvensional dan online, serta kendaraan sewa diberlakukan dengan pengaturan kapasitas maksimal 100 persen dengan menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat yang aturannya ditetapkan oleh pemerintah daerah.

2. Pembelajaran Tatap Muka (PTM)

Pelaksanaan pembelajaran di satuan pendidikan dapat dilakukan melalui PTM terbatas atau pembelajaran jarak jauh berdasarkan Keputusan Bersama Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan dan Menteri Dalam Negeri.

Yakni Nomor 01/KB/2022, Nomor 408 Tahun 2022, Nomor HK.01.08/ MENKES/ 1140/ 2022, Nomor 420-1026 Tahun 2022 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19).

Serta Surat Edaran Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 7 Tahun 2022 tentang Diskresi Pelaksanaan Keputusan Bersama Empat Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

3.Work From Office (WFO)

Pemerintah menetapkan aturan pada kantor atau kegiatan sektor non esensial daerah PPKM level 1 di Jawa-Bali dan luar Jawa-Bali dapat beroperasi 100 persen, serta perusahaan wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi pada pintu akses masuk dan keluar tempat kerja.

4. Aktivitas di Mal dan Pasar Rakyat

Kegiatan pada pusat perbelanjaan, mal atau pusat perdagangan di daerah PPKM di seluruh Indonesia diizinkan beroperasi 100 persen sampai dengan pukul 22.00 waktu setempat.

Wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat yang pengaturannya lebih lanjut diatur oleh Pemerintah Daerah.

Pun dengan pasar rakyat yang menjual barang non kebutuhan sehari-hari di wilayah PPKM level 1 dapat beroperasi 100 persen hingga pukul 22.00 waktu setempat.

5. Rumah Makan dan Kafe

Selama PPKM level 1, restoran atau rumah makan dan kafe dengan skala kecil, sedang atau besar baik yang berada pada lokasi tersendiri maupun yang berlokasi pada pusat perbelanjaan atau mal dapat melayani makan di tempat dengan dibatasi jam operasional sampai Pukul 22.00 waktu setempat dengan kapasitas pengunjung 100 persen.

Adapun restoran atau rumah makan dan kafe dengan jam operasional dimulai dari malam hari atau pukul 18.00 waktu setempat dapat beroperasi sampai dengan maksimal pukul 02.00 waktu setempat dengan kapasitas maksimal 100 persen.

6. Bioskop

Bioskop di daerah PPKM level 1 di Indonesia dapat beroperasi dengan ketentuan kapasitas maksimal 100 persen dan hanya pengunjung dengan kategori Hijau dalam aplikasi PeduliLindungi yang boleh masuk kecuali tidak bisa divaksin karena alasan kesehatan.

Selain itu, anak usia 6-12 tahun wajib didampingi orang tua dan menunjukkan bukti vaksinasi minimal dosis pertama.

7. Rapat Seminar dan Pertemuan

Pelaksanaan kegiatan rapat, seminar dan pertemuan luring atau pertemuan di tempat umum yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan diizinkan dibuka dengan pembatasankapasitas maksimal 100 persen dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Atau penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat yang pengaturannya lebih lanjut diatur oleh pemerintah daerah.

8. Resepsi

Pelaksanaan resepsi di daerah PPKM level 1 Jawa-Bali dapat dilakukan dengan kapasitas ruangan maksimal 100 persen.

Sementara di luar Jawa-Bali hanya boleh melakukan resepsi dengan kapasitas maksimal 75 persen dan tidak ada hidangan makanan di tempat.

9. Tempat Gym atau Fitnes

Pemerintah juga memperketat kegiatan di pusat kebugaran atau gym yang PPKM level 1, saat ini diizinkan buka dengan kapasitas maksimal 100 persen dengan tetap menjalankan protokol kesehatan COVID-19.

10. Kegiatan Seni di Fasilitas Umum

Kegiatan seni, budaya, olahraga dan sosial kemasyarakatan (lokasi seni, budaya, sarana olahraga dan kegiatan sosial yang dapat menimbulkan keramaian dan kerumunan) di daerah level 1 dapat dibuka dengan kapasitas maksimal 100 persen.

Seluruh kegiatan diminta wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi atau penerapan protokol kesehatan secara lebih ketat yang pengaturannya lebih lanjut diatur oleh Pemerintah Daerah.

11. Tempat Ibadah

Tempat ibadah baik masjid, musola, gereja, pura, vihara, dan klenteng serta tempat lainnya yang difungsikan sebagai tempat ibadah di daerah PPKM level 1 di Indonesia dapat mengadakan kegiatan peribadatan atau keagamaan berjamaah dengan kapasitas 100 persen.

Warga diminta tetap menerapkan protokol kesehatan secara lebih ketat dengan memperhatikan ketentuan teknis dari Kementerian Agama.

12. Area Publik dan Taman

Pemerintah juga mengatur, fasilitas umum seperti area publik, taman umum, tempat wisata umum dan area publik lainnya di daerah PPKM level 1 boleh dibuka dengan kapasitas maksimal 100 persen. (Knu)

Baca Juga

Bioskop Kembali Dibuka Untuk Umum Setelah PPKM

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Kesukaan Orang Terhadap Kepemimpinan Nasional Berubah
Indonesia
Kesukaan Orang Terhadap Kepemimpinan Nasional Berubah

Pemilih muda menginginkan karakter pemimpin yang jujur dan tidak korupsi sebesar 34,8 persen.

Agenda Jokowi di Hari Pertama KTT ASEAN
Indonesia
Agenda Jokowi di Hari Pertama KTT ASEAN

Jokowi diagendakan untuk mengikuti sesi pleno KTT ASEAN ke-40 yang dilanjutkan dengan sesi retreat KTT ASEAN ke-41.

Gempa 6,1 Magnitudo Guncang Kepulauan Mentawai
Indonesia
Gempa 6,1 Magnitudo Guncang Kepulauan Mentawai

Gempa bumi dengan magnitudo 6,4 (kemudian diralat menjadi 6,1) mengguncang Mentawai, Sumatera Barat pada pukul 10.29.14 WIB.

[HOAKS atau FAKTA]: FIFA Banned Indonesia Selama 8 Tahun
Lainnya
[HOAKS atau FAKTA]: FIFA Banned Indonesia Selama 8 Tahun

Presiden Glanni Infantino memang menyampaikan penyesalan dan bela sungkawanya terhadap tragedi Kanjuruhan.

APBN Bisa Jadi 'Juru Selamat' Proyek Ibu Kota Negara
Indonesia
APBN Bisa Jadi 'Juru Selamat' Proyek Ibu Kota Negara

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Suharso Monoarfa mengusulkan pembangunan ibu kota negara (IKN) dibiayai dengan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN) untuk tenor jangka panjang.

Bank DKI Sediakan Layanan e-Channel Pembayaran Tagihan Rumah Sakit
Indonesia
Bank DKI Sediakan Layanan e-Channel Pembayaran Tagihan Rumah Sakit

Bank DKI menyediakan layanan pembayaran tagihan rumah sakit secara nontunai lewat platform e-Channel. Pembayaran nontunai ini tersedia di Rumah Sakit Umum (RSU) Adhyaksa.

Effendi Simbolon Minta Maaf kepada TNI
Indonesia
Effendi Simbolon Minta Maaf kepada TNI

Sejumlah prajurit TNI Angkatan Darat (AD) tak terima dengan ucapan anggota Komisi I DPR RI Effendi Simbolon yang menyatakan mereka seperti gerombolan.

Kebakaran Landa Pasar Senen, Penyebab Belum Diketahui
Indonesia
Kebakaran Landa Pasar Senen, Penyebab Belum Diketahui

Hingga saat ini, penyebab kebakaran belum diketahui, serta jumlah kerugian akibat musibah ini.

Uni Eropa Gagal Embargo Minyak Rusia
Dunia
Uni Eropa Gagal Embargo Minyak Rusia

Paket sanksi keenam diusulkan oleh Komisi Eropa pada 4 Mei 2022. Namun, Hongaria, yang sangat bergantung pada minyak Rusia dan menghalangi kesepakatan tersebut.

11 Warga Positif COVID-19 di Solo Dibawa ke Dalem Priyosuhartan
Indonesia
11 Warga Positif COVID-19 di Solo Dibawa ke Dalem Priyosuhartan

Dari jumlah tersebut sebanyak 11 orang jalani isolasi mandiri di Dalem Priyosuhartan. Pasien tersebut merupakan pasien tanpa gejala dan gejala ringan itu jalani isoter selama 10 hari ke depan.