Selundupkan Gading Gajah untuk Mahar Kawin, Seorang TKI Ditangkap

Eddy FloEddy Flo - Sabtu, 29 Juli 2017
Selundupkan Gading Gajah untuk Mahar Kawin, Seorang TKI Ditangkap
Ilustrasi Gading Gajah (Foto: WWF Indonesia)

MerahPutih.Com - Tuntutan adat kadang membuat seseorang lupa diri dan langgar aturan. Hanya karena mahar kawan berupa gading gajah, seorang TKI asal Nusa Tenggara Timur terpaksa ditangkap polisi.

Selidik punya selidik ternyata pria berinisial PL itu menyelundupkan gading untuk keperluan mas kawin. Pasalnya, di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur seperti Kabupaten Ende dan Sikka, gading gajah memiliki nilai adat yang tinggi. Akibatnya harga gading di daerah itu meroket, bisa mencapai belasan dan puluhan juta rupiah per batangnya.

Mahalnya harga gading membuat pria berusia 50 tahun itu terjaring aparat di Nunukan, Kalimantan Timur. Berdasarkan laporan kepolisian Nomor LP/138/VII/2017/Kaltim/Res Nunukan tertanggal 24 Juli 2017 bahwa penemuan gading gajah tersebut saat terdeteksi "X-Ray" di Kantor Bea Cukai dan Karantina di Pelabuhan Internasional Tunon Nunukan.

Kapolres Nunukan AKBP Jepri Yuniardi melalui Kasubag Humas Polres Nunukan, Iptu M Karyadi di Nunukan, Sabtu menyebutkan TKI yang menyelundupkan gading gajah tersebut saat ini sedang dilakukan pemeriksaan secara intensif.

Pelaku berinisial PL (50) dan barang bukti saat ini diamankan di Mapolres Nunukan untuk memudahkan proses hukum selanjutnya. Barang bukti seberat 2,7 kilogram itu dibungkus dengan karung pupuk.

M Karyadi mengungkapkan gading gajah itu dibeli dari seseorang di Kota Kinabalu Negeri Sabah, Malaysia seharga 1.500 ringgit Malaysia atau setara Rp 4,5 juta.

"Gading gajah ini untuk keperluan acara adat di kampung di NTT," katanya.

Tindakan itu merupakan pidana karena memasukkan gading gajah yang dilarang di Indonesia dari Malaysia secara sengaja tanpa dilengkapi dokumen(*)

Sumber: ANTARA

#TKI #Nusa Tenggara Timur (NTT) #Penyelundupan
Bagikan
Ditulis Oleh

Eddy Flo

Simple, logic, traveler wanna be, LFC and proud to be Indonesian
Bagikan