Seluk-Beluk Indonesia Arena, Stadion Indoor Multifungsi

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Sabtu, 26 Agustus 2023
Seluk-Beluk Indonesia Arena, Stadion Indoor Multifungsi
Stadion ini juga telah menerapkan konsep 'bangunan hijau' yang ramah lingkungan dan hemat energi. (Foto: Instagram/@official_timnasbasket)

INDONESIA menjadi salah satu tuan rumah Piala Dunia FIBA atau FIBA World Cup 2023 bersama Jepang dan Filipina. Ajang turnamen bergengsi bola basket dunia ini berlangsung di Indonesia Arena, Gelora Bung Karno, Jakarta, selama 25 Agustus sampai 3 September.

Stadion ini dibangun pada Desember 2021 di atas bekas landasan helikopter. Peresmiannya berlangsung pada Juli 2023 dan dihadiri langsung oleh Presiden Jokowi.

Luas stadion mencapai 32 ribu meter persegi. Stadion ini menjadi stadion indoor multifungsi termegah, tercanggih, dan terlengkap di Indonesia.

Diberi nama Indonesia Arena, stadion berstandar internasional ini memiliki beragam fakta unik. Melansir situs FIBA, arsitektural Indonesia Arena memiliki filosofi yang menggambarkan karakter masyarakat Indonesia.

Baca juga:

TransJakarta Operasikan Bus Listrik Buat Shuttle ke Indonesia Arena

indonesia arena
Stadion ini dibangun pada Desember 2021 di atas bekas landasan helikopter. (Foto: Pexels/Tom Fisk)

Stadion ini mengadopsi filosofi tenun yang merepresentasikan semangat gotong royong bangsa Indonesia, keberagaman bersatu untuk membentuk ikatan kebangsaan yang kuat.

Bangunan ini didesain menyerupai keranjang anyaman dengan prinsip tumpang tindih yang diejawantahkan dalam bentuk massa bangunan yang ditumpuk satu sama lain sehingga menghasilkan variasi pola yang unik.

Desainnya dibuat bersama oleh rumah produksi dalam negeri: Aboday, Alien Design Consultant, dan Svein Studio. "Mereka pernah membuat desain Dermaga Penyeberangan Eksekutif Merak, Banten, dan Bakauheni, Lampung," tulis laman indonesia.go.id.

Kontraktor pembangunannya juga dipercayakan kepada anak bangsa, yaitu konsorsium BUMN Karya: PT Adhi Karya, PT Nindya Karya, dan PT Penta.

Stadion ini berkapasitas 16 ribu orang. Cukup besar untuk ukuran stadion indoor multifungsi di Indonesia. Sebagai perbandingan, Istora Senayan yang sering dipakai untuk event olahraga indoor pun hanya berkapasitas 7.000 orang.

Baca juga:

Bintang Dallas Mavericks Puji Kemegahan Indonesia Arena

indonesia arena
Fasilitas di stadion ini sangat lengkap. (Foto: Pexels/Cottonbro Studio)

Sesuai fungsinya untuk beragam kebutuhan, stadion ini tak hanya untuk menggelar ajang bola basket. Stadion dapat menggelar bola tangan, voli, futsal, MMA, tinju, dan ajang non-olahraga seperti konser musik, seminar, atau pertunjukan lainnya. Dengan begitu, pengelolanya dapat membiayai sendiri perawatannya.

Fasilitas di stadion ini sangat lengkap. Ada kolam jacuzzi, tribun VVIP berbentuk royal box, lift, eskalator, dan dilengkapi jumbotron berbentuk layar LED ukuran raksasa empat sudut yang tergantung di langit-langit tengah.

Yang membanggakan, Direktur Kompetisi dan Olahraga FIBA Predrag Bogosavljev menyebut Indonesia Arena menjadi salah satu venue indoor terbaik di Asia dan sudah sesuai standar FIBA.

Stadion ini juga telah menerapkan konsep 'bangunan hijau' yang ramah lingkungan dan hemat energi. So, siapa penasaran dengan Indonesia Arena, bisa melongok langsung selama kompetisi FIBA World Cup 2023 ini. (zvw)

Baca juga:

Stadion Indonesia Arena Dengan Biaya Rp 640 Miliar Diresmikan Jokowi

#Agustus Sebangsa Panjat Sosial #FIBA
Bagikan
Bagikan