Selesaikan Masalah Surat Suara Tercoblos, KIPP Desak Pemilu Malaysia Ditunda Sekretaris Jenderal Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP), Kaka Suminta. (Antaranews Sumbar/cc) (Antaranews Sumbar/cc/)

MerahPutih.Com - Dugaan terkait surat suara tercoblos secara ilegal di Selangor, Malaysia membuat Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) mendesak agar proses Pemilu Malaysia ditunda.

"Penundaan ini sampai mendapatkan kepastian untuk proses pemungutan suara yang sesuai dengan UU dan PKPU yang berlaku," ujar Sekretaris Jenderal KIPP Kaka Suminta di Jakarta, Sabtu (13/4).

Lebih lanjut Kaka mengaku pihaknya telah melakukan pemantauan langsung ke Malaysia dan menghasilkan beberapa temuan.

Hingga Sabtu dini hari, Kaka mengatakan tim KIPP menemukan bahwa KPU dan Bawaslu belum mendapatkan akses untuk memastikan soal surat suara yang diduga dicoblos secara ilegal.

"Karena dalam kekuasaan polisi Diraja Malaysia, sehingga sampai saat ini tak ada kejelasan tentang peristiwa dimaksud," ujar Kaka.

Humas pemantau pemilu
Humas Pemantau Pemilu Independen Indonesia, Aran. Foto: MP/Asropih

Kaka juga menyatakan bahwa tim KIPP menemukan adanya pemungutan suara dengan Kotak Suara Keliling (KSK) dengan kotak suara yang tidak disegel saat melakukan pemungutan suara.

"Kemudian ada yang tidak disertai oleh Panitia Pengawas (Panwas)," tambah Kaka.

Atas dasar temuan tersebut di atas, maka KIPP Indonesia meminta penyelenggara pemilu untuk menghentikan proses pemungutan suara di Malaysia.

Sementara itu, terkait kejadian surat suara tercoblos di Malaysia, Sekretaris TKN Jokowi-Ma'ruf, Hasto Kristiyanto menyatakan hal itu sebagai upaya delegitimasi Pemilu. Pelakunya diduga berasal dari kubu sebelah.

Hasto menegaskan hal itu merupakan bagian dari sandiwara yang sebelumnya seperti Ratna Sarumpaet serta ancaman people power yang disembur Amien Rais.

Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto
Sekretaris TKN Hasto Kristiyanto (Foto: antaranews)

"Pada akhirnya kekuatan rakyat pada politik kebenaran itu yang menjadi daya topang bagi Pak Jokowi-KH Ma'ruf Amin," kata Hasto di kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

Hasto melanjutkan, Jokowi menguasai segala permasalahan bangsa. Sehingga banyak diserang melalui isu negatif.

"Berbeda dengan Prabowo yg menjadi pengusaha karena mertua (Soeharto)," jelas dia.

Sehingga, kualitas Jokowi dinilai Hasto tak sebanding dengan Prabowo.

"Ini yang membedakan sehingga pak Jokowi memahami aspek detail peningkatan investasi dan daya tarik untuk dunia bisnis kita," tandas Hasto Kristiyanto.

Sebelumnya, surat suara yang telah tercoblos ditemukan di Selangor, Malaysia. Ketua Panwaslu Kuala Lumpur Yaza Azzahara mengatakan dalam surat suara itu telah tercoblos mayoritas untuk pasangan calon 01. Tak hanya itu, surat suara juga sudah dicoblos di kertas legislatif.(Knu)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH