Seleksi Lima Calon Dirdik, KPK Bakal Minta Data ke PPATK

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 01 Agustus 2018
Seleksi Lima Calon Dirdik, KPK Bakal Minta Data ke PPATK
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Agus Rahardjo. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

MerahPutih.com - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) bakal meminta data kepada Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) terkait rekam jejak dari lima calon Direktur Penyidikan (Dirdik), yang lolos seleksi tahap awal.

Menurut Ketua KPK, Agus Rahardjo, data transaksi dibutuhkan untuk menentukan kandidat yang pantas menggantikan Brigadir Jenderal Aris Budiman.

"Kita akan meminta data PPATK mengenai kemungkinan-kemungkinan kalau ada transaksi yang tak benar terhadap masing-masing calon, dari situ kita baru kemudian akan menentukan," kata Agus di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (1/8).

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK)

Agus menyebut keputusan memilih satu dari lima calon akan dilakukan setelah pihaknya menerima data dari PPATK. Terlebih, kelima calon saat ini sudah dinyatakan lolos dalam wawancara langsung dengan pimpinan.

"Background check itu akan di cek ya track recordnya yang bersangkutan, pokoknya enggak lama lagi," ujar Agus.

Hingga saat ini, sudah ada lima nama calon yang dinyatakan lolos tahap wawancara dengan pimpinan KPK. Kelima nama tersebut terdiri dari tiga anggota Polri, satu jaksa Kejaksaan Agung, dan satu internal lembaga antirasuah.

Brigjen Aris Budiman (MP/Ponco)

Tiga anggota Polri itu yakni Kepala Subdit I Dittipikor Bareskrim Polri Kombes Arief Adiharsa, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sulawesi Selatan, Kombes Yudhiawan Wibisono dan Wakil Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri Kombes R.Z Panca Putra.

Sedangkan dari unsur Kejaksaan yakni, Kepala Bidang Penyelenggara Pusat Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Balitbang Kejaksaan Agung Yudi Kristiana. Namun, pihak KPK enggan menyebut nama calon dari internal.

Agus meminta semua pihak tidak berspekulasi terkait sosok Dirdik yang akan terpilih nanti. Dia memastikan, calon Dirdik yang terpilih nanti merupakan sosok terbaik dari semua calon.

"Kita lihat yang terbaik dari yang ada, jadi jangan kita mengartikan dari awal, toh kita juga masih melakukan background check tadi," pungkasnya. (Pon)

#KPK
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan