Seleksi Delegasi Indonesia Y20 Ditutup Malam Ini, Segera Daftar

Febrian AdiFebrian Adi - Sabtu, 14 Januari 2023
Seleksi Delegasi Indonesia Y20 Ditutup Malam Ini, Segera Daftar
Y20 kembali buka seleksi untuk para anak muda di Indonesia. (Foto: Dok/Y20 Indonesia)

INDONESIA Youth Diplomacy (IYD) sebagai penyelenggara resmi Y20 Indonesia 2022 membuka kesempatan bagi para pemuda untuk berprestasi. Kamu akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional kerjasama para pemimpin dunia yaitu Youth 20 (Y20) India 2023.

Baca juga:

Y20 Siap Kumpulkan Tokoh Pemuda Se-Indonesia

Nantinya akan dipilih lima pemuda dari setiap negara G20 untuk menjadi delegasi dan membahas lima isu prioritas pemuda, di antaranya: (1) Future of Work: Industry 4.0, Innovation & 21st Century Skills; (2) Shared Future: Youth in Democracy and Governance; (3) Peacebuilding and Reconciliation: Ushering in an Era of No War; (4) Health, Wellbeing & Sports: Agenda for Youth; (5) Climate Change and Disaster Risk Reduction: Making Sustainability a Way of Life.

Seleksi delegasi Indonesia untuk Y20 India 2023 terdiri dari dua tahap. Tahap pertama merupakan seleksi administrasi dan tahap kedua adalah focus group discussion serta wawancara. Adapun detail persyaratan dan tata cara pendaftaran ini dapat dilihat di laman resmi IYD (https://www.indonesianyouthdiplomacy.org) . Pendaftaran secara resmi dibuka pada tanggal 30 Desember 2022 hingga 14 Januari 2023 dan ditutup jam 23.59 WIB.

Baca juga:

Menpora Berharap Pra-KTT Y20 Rumuskan Rekomendasi Pemerataan Akses Internet Dunia

Delegasi terpilih diharapkan bisa berperan sebagai wadah suara pemuda Indonesia dalam berdiskusi menangani isu-isu yang diangkat dengan para delegasi muda dari negara G20 lainnya, dan dapat menghasilkan sebuah rekomendasi kebijakan.

Y20 merupakan engagement group resmi dari G20, yang menjadi wadah konsultasi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog. Engagement group G20 terdiri dari grup non-pemerintah, memberikan rekomendasi kepada para Pemimpin G20 dan berkontribusi terhadap proses pembuatan kebijakan. Y20 telah menjadi bagian dari engagement group G20 sejak 2010 dan sejak saat itu pula IYD secara rutin hadir sebagai delegasi Indonesia dalam forum Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Y20.

KTT Y20 berlangsung setahun sekali dan berlangsung di negara tuan rumah G20. India merupakan pemegang presidensi G20 sekaligus menjadi tempat pelaksanaan KTT Y20 pada 2023. Sebagai negara yang memegang presidensi G20 tahun sebelumnya, Indonesia berperan sebagai negara troika G20 dan akan memberikan peranan penting dalam pelaksanaan KTT G20 India 2023. (far)

Baca juga:

Lagu Bengawan Solo Jadi Penutup Gala Dinner Delegasi G20 di Puro Mangkunegaran

#Inspirasi
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan