Selebrita Chef Jamie Oliver, Tutup Jaringan Restorannya Beberapa restoran James Oliver terpaksa ditutup. (Foto: mirror)

SELEBRITA chef, James Oliver terancam bangkrut. Jaringan restoran dikabarkan terjun bebas, membuatnya harus kehilangan 1300 pekerjanya. Jaringan restorannya yang berjumlah 25 itu tidak mampu bertahan lagi setelah hampir satu dekade beroperasi.

Jelas hal ini membuat Oliver sedih kehilangan bisnis dan pekerjanya. Namun franchise internasional dan Fifteen Cornwall tidak terpengaruh dengan kejatuhannya ini.

Jaringan restorannya yang ada di London dan Manchester sudah menutup pintunya dari tamu-tamu loyalnya. Semuanya serba tiba-tiba, bahkan para pegawainya tidak tahu kalau jaringan restoran itu bermasalah. Oliver membuka jaringan restoran pertamanya di Oxford di tahun 2008.

pria
James Oliver. (Foto: mirror/handout)

Tahun lalu chef terkenal ini mengalami kesulitan keuangan. Ia harus membayar gaji pegawai sebesar Rp40,5 miliar dan hutang sejumlah Rp1,3 triliun. Tahun yang sama jaringan restoran ini kemudian diperkecil dengan menutup 12 restorannya tinggal 25 restoran saja.

Oliver sendiri tidak mengerti mengapa ia bisa terjebak dalam kesulitan keuangan. Ia menyalahkan Brexit yang mempengaruhi bisnisnya itu. Ia juga melihat bahwa kondisi perdagangan yang sangat sulit belakangan ini turut mempengaruhi bisnisnya. Termasuk melemahnya nilai mata uang poundstreling, harga bahan makanan yang naik dan biaya sumber daya manusia yang meninggi.

Sebenarnya sudah beberpa kali Oliver harus menutup beberapa restorannya, seperti restoran Italia dan Barbecoa.

Menurut Simon Mydlowski dari firma hukum Gordons yang dikutip dailymail, menyebutkan bahwa restoran milik Oliver terlambat mengantisipasi perubahan yang sangat cepat di industri kuliner ini. Seperti menu yang disajikan atau minuman yang tengah disukai orang. Simon juga mengatakan bahwa ini bukan kali pertama jaringan restoran besar mengalami kemunduran dan bukan pula yang terakhir. (psr)

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH