Selamatkan Garuda Indonesia, Jumlah Pesawat dan Rute Akan Dikurangi

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 09 November 2021
Selamatkan Garuda Indonesia, Jumlah Pesawat dan Rute Akan Dikurangi
Garuda Indonesia. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengupayakan penyelamatan maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia. Salah satu opsi yang akan diambil adalah transformasi bisnis perusahaan.

Melalui transformasi bisnis yang akan dijalankan, ditargetkan neraca keuangan Garuda Indonesia dapat membaik dengan ekuitas yang positif.

Baca Juga:

KPK Persilakan Publik Lapor Dugaan Korupsi di PT Garuda Indonesia

"Kami tidak putus asa dan mencoba mencari rumusan untuk bagaimana keluar dari permasalahan ini. Dan memang yang utama kita lalukan transformasi bisnis," kata Wakil Menteri BUMN II, Kartika Wirjoatmodjo dalam Rapat Kerja dengan Komisi VI DPR RI di Jakarta, Selasa (9/11).

Kartika mengatakan, Kementerian BUMN memahami, kondisi Garuda Indonesia saat ini disebabkan oleh tata kelola korporasi yang buruk dan tidak efisien di masa lalu sehingga menyebabkan permasalahan keuangan.

Ia menjelaskan, pemerintah akan mengupayakan penyelamatan Garuda Indonesia, di antaranya yang pertama melalui efisiensi rute penerbangan. Fokus awal rute penerbangan adalah mengoptimalkan rute-rute domestik serta mengurangi rute internasional secara signifikan.

Ia menegaskan, Garuda akan mengurangi jumlah rute dari 237 rute menjadi hanya 140 rute yang super premium. Kedua, pesawat Garuda Indonesia dan Citilink akan dikurangi dari 202 pesawat pada 2019 menjadi 134 pesawat pada 2022. Adapun tipe pesawat juga dikurangi dari 13 jenis menjadi hanya 7 jenis untuk menyederhanakan operasional.

Garuda Indonesia. (Foto: Antara)
Garuda Indonesia. (Foto: Antara)

Ketiga, lanjut ia, melakukan negosiasi ulang kontrak sewa pesawat dengan tujuan untuk menyesuaikan biaya sewa pesawat dengan market rates saat ini dan keempat, kontribusi pendapatan kargo melalui peningkatan utilisasi belly capacity dan digitalisasi operasional juga akan terus ditingkatkan.

Kelima, meningkatkan kontribusi pendapatan dari fasilitas tambahan melalui produk unbundling, ekspansi produk yang ditawarkan, dan penerapan dynamic pricing strategy.

Ia juga menekankan, rencana transformasi bisnis dan restrukturisasi Garuda Indonesia harus mampu menarik pendanaan baru untuk menjalankan kegiatan perseroan.

"Ini yang penting, tanpa persetujuan kreditur maka tidak mungkin pemegang saham bisa bergerak," katanya.

Namun, lanjut ia, melalui transformasi bisnis terutama pengurangan rute dan pesawat, akan banyak bandara yang mengalami kelangkaan jumlah penerbangan. (Asp)

Baca Juga:

DPR Bakal Lakukan Langkah Penyelamatan Garuda Indonesia

#Garuda Indonesia #Garuda #BUMN #Kinerja BUMN #Pemulihan Ekonomi
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan