Selamat Ulang Tahun Presiden Jokowi ke-56 Presiden Joko Widodo dalam wawancara khusus dengan Kantor Berita Antara, di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (8/6). (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

Presiden Jokowi hari ini, 21 Juni, merayakan ulang tahun yang ke-56. Joko Widodo atau populer disapa Jokowi lahir di Kota Solo, Jawa Tengah, 21 Juni 1961.

Masa kecil Jokowi dihabiskan di bantaran Sungai Bengawan Solo. Jokowi pernah bercerita, tempat kelahirannya selalu kebanjiran setiap musim hujan. Dalam beberapa kesempatan ia menengok tempat kelahirannya itu, bahkan setelah ia menjadi Presiden Indonesia.

Ayah Jokowi berasal dari Karanganyar bernama Noto Mihardjo, sedangkan sang ibu berasal dari Boyolali bernama Sujiatmi Noto Mihardjo. Sujiatmi merupakan anak dari seorang pedagang kayu dan Noto anak keturunan lurah di daerah Karanganyar, Jawa Tengah. Dari darah ayahnya ini mengalir dalam diri Jokowi darah kepemimpinan.

Jokowi merupakan lulusan Fakultas Kehutanan Universitas Gadjah Mada. Ia mulai terjun ke dunia politik sejak menjadi wali Kota Solo. Sebelumnya, Jokowi sempat menjadi pengusaha sukses di bidang permebelan.

Jokowi menikah dengan Iriana yang merupakan teman adik perempuannya. Mereka menikah pada tahun 24 Desember 1986 di Solo. Dari pernikahan itu, mereka dikaruniai tiga orang anak, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep.

Di usianya yang ke-56 Jokowi dikaruniai seorang cucu laki-laki bernama Jan Ethes Srinarendra, dari anak sulungnya Gibran.

Pada perayaan tahun ini, Jokowi sedang berada di Jakarta. Kemungkinan Jokowi merayakan ulang tahun secara sederhana bersama keluarga di Jakarta. Atau, hari ulang tahun Jokowi diisi dengan blusukan seperti tahun lalu ia maraton cek proyek tol dan penggemukan sapi di Bogor.

Selamat ulang tahun Jokowi.

Baca juga berita lain tentang Jokowi dalam artikel: Medsos Efektif Dekatkan Presiden Jokowi Dengan Rakyat



Zulfikar Sy

YOU MAY ALSO LIKE