Selamat Ulang Tahun Einstein! ini 6 Fakta Tentang Salah Satu Orang Paling Jenius di Dunia 6 Hal Tentang Albert Einstein yang Tidak Kamu Ketahui (foto embibel.com)

SIAPA sih yang gak tahu Albert Einstein? Yup, Einstein adalah seorang ilmuwan fisika teoritis yang dipandang oleh orang banyak sebagai ilmuwan terbesar pada abad ke-20.

Ilmuwan yang berulang tahun pada tanggal 14 Maret 1879 ini dianugrahi penghargaan nobel dalam fisika untuk penjelasannya mengenai efek fotolistrik dan pengabdiannya bagi teoretis. Sehingga pada tahun 1999, Einstein disebut sebagai "Tokoh Abad Ini" oleh majalah TIME.

Akan tetapi, masih banyak orang yang tidak tahu fakta tentang salah satu orang paling jenius di Dunia tersebut. Di bawah ini terdapat enam hal tentang Albert Einstein yang mungkin belum kamu ketahui sebelumnya.

1. Lambat Bicara saat Kecil

Selamat Ulang Tahun Einstein! ini 6 Fakta Tentang Salah Satu Orang Paling Jenius di Dunia
Einstein lancar bicara saat berusia 7 tahun (foto: bbc.com)


Berbeda dengan anak normal yang lainnya. Einstein lancar bicara saat berusia tujuh tahun. Dikutip dari howstuffworks.com, hal ini dikarenakan adanya kombinasi dengan pengabdiannya pada fisika, bakat bermusik, dan beberapa faktor lain yang telah menyebabkan beberapa orang berpendapat bahwa Einstein menderita Asperger Syndrome.

Sindrom ini menyebabkan kelainan autisme yang mempengaruhi perkembangan bahasa dan perilaku anak-anak. Seorang ahli ekonomi dari Universitas Stanford ada yang menyebut kondisi tersebut sebagai ‘Einstein Syndrome’.

Sindrom ini dipahami atau digambarkan untuk orang-orang berbakat non-autis yang mengalami keterlambatan bicara. Hal ini berbeda dengan anak jenius pada umumnya, anak ini akan berkembang sangat cepat dibandingkan orang biasa.

2. Tidak Jenius dalam Segala Hal

Selamat Ulang Tahun Einstein! ini 6 Fakta Tentang Salah Satu Orang Paling Jenius di Dunia
Einstein memiliki hobi berlayar, tapi tidak tahu cara berenang (foto: lolwot.com)

Walaupun dikatakan jenius dalam segala hal atau fisika dan teori-teori yang kadang membuat kamu pusing, ternyata Einstein juga punya kelemahan, lo.

Sejak kuliah, dia memiliki hobi unik yaitu berlayar. Akan tetapi, dia mengakui kalau dia tidak itu seorang pelaut yang buruk. Bahkan dia juga tidak tahu cara berenang.

3. Dianggap Bodoh Sering Mendapat Nilai F

Selamat Ulang Tahun Einstein! ini 6 Fakta Tentang Salah Satu Orang Paling Jenius di Dunia
Einstein dianggap sebagai murid yang bodoh saat di kelas (foto: lolwot.com)


Karena sistem penilaian yang berbeda, Einstein mengalami tuduhan pahit saat masih sekolah. Pada saat itu, sekolahnya menggunakan sistem penilaian yang berbeda dengan sekolah zaman sekarang.

Nilai F untuk anak yang pintar, sedangkan nilai A untuk anak yang tidak telalu pintar. Melihat nilai tersebut, para penulis biografi salah mengertikannya.

Hasilnya, Einstein dianggap sebagai murid yang bodoh saat di kelas. Pada kenyataannya, dia unggul dalam fisika dan matematika sejak usia muda. Bahkan mampu mempelajari kalkulus di usia 12 tahun.

4. Memiliki Kisah Cinta yang Rumit

Selamat Ulang Tahun Einstein! ini 6 Fakta Tentang Salah Satu Orang Paling Jenius di Dunia
Einstein jatuh cinta pada satu-satunya mahasiswa perempuan di kelasnya (foto: Geoff Wilkins.com)


Ketika kuliah di Zurich, ternyata ilmuan ini jatuh cinta pada satu-satunya mahasiswi fisika yang lebih tua empat tahun darinya, bernama Mileva Maric.

Karena keuangan kurang mencukupi, pada saat lamaran dia ditolak oleh ayah Mileva pada tahun 1902. Setahun kemudian mereka menikah. Beberapa tahun kemudian, mereka dikaruniai seorang putri bernama Lieserl.

Nasib putrinya tidak jelas karena entah kenapa pasangan ini berpisah. Banyak orang yang memprediksi bahwa Lieserl meninggal kerena DBD atau diadopsi oleh keluarga lain.

Tidak itu saja, ternyata Einstein selingkuh dengan sepupunya, Elsa saat dia masih menjadi suami Mileva. Dia memaksa menceraikan Mileva dengan sebuah perjanjian.

Jika Mileva menceraikannya dia akan mendapatkan bagian uang dari nobelnya dan berhak mendapatkan hak asuh anaknya. Mileva dan Einstein resmi bercerai pada tahun 1919.

5. Mendukung Bom Nuklir

Selamat Ulang Tahun Einstein! ini 6 Fakta Tentang Salah Satu Orang Paling Jenius di Dunia
Einstein menentang Nuklir, tapi pada akhirnya dia mendukung demi Amerika (foto: lolwot.com)


Sama seperti orang banyak, kalau Einstein sebenarnya menentang peperangan nuklir, tetapi dia percaya bahwa Amerika membutuhkan bom nuklir sebelum Nazi menyerang.

Meskipun dia tidak menciptakannya, dia menulis surat kepada presiden FDR dan mendorongnya untuk membuat bom nuklir dan mengarahkannya ke proyek Manhattan.

6. Menolak Jadi Presiden

Selamat Ulang Tahun Einstein! ini 6 Fakta Tentang Salah Satu Orang Paling Jenius di Dunia
Ditawari sebagai presiden Istrael, tapi menolaknya (foto: daily.jstor.com)


Pada tahun 1952, ketika presiden pertama Israel, Chaim Weizmann, meninggal, Einstein ditawari posisi tersebut. Tawaran tersebut diajukan oleh perdana menteri negara itu, David Ben-Gurio.

Pada akhirnya, dia menolak tawaran itu karena umurnya yang sudah tua dan mengatakan, "saya tidak dapat menerimanya karena saya tidak memiliki kepala untuk menyelesaikan masalah." (sel)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH