Kesehatan

Selamat Tinggal Kebiasaan Ngemil di Malam Hari

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Sabtu, 21 November 2020
Selamat Tinggal Kebiasaan Ngemil di Malam Hari
Cara menghentikan kebiasaan makan cemilan di malam hari (Foto: sites.psu.edu.com)

KEBIASAAN cemal-cemil di malam hari menjadi hal yang sangat sulit untuk kita hindari. Apalagi di tengah pandemi seperti ini. Makan camilan di malam hari merupakan salah satu kebiasaan yang dapat menyebabkan kamu gagal diet.

Lebih parahnya, camilan tersebut merupakan makanan manis maupun asin, termasuk kripik, kacang, biskuit, dan kue yang kalorinya amat tinggi. Hal tersebut menyebabkan meningkatnya berat badan secara perlahan.

Baca juga:

Camilan Sehat untuk Mengganti Sarapanmu

Banyak hal yang memicu kamu memakan camilan di malam hari seperti bosan, lelah atau bahkan lapar. Lalu bagaimana cara untuk menghentikan kebiasaan itu? Berikut tipsnya dilansir laman Live Strong:

1. Kurangi stres

Berjalan dan olahraga dapat mengurangi stres (Foto: decathlonblog.com)

Ketika kamu merasa stres, tubuhmu akan mengeluarkan kortisol, hormon yang meningkatkan nafsu makan. Hal tersebut menyebabkan kamu akan makan secara berlebih. Kamu dapat mengurangi stres dengan melakukan berbagai macam olahraga atau sekadar jalan santai.

Menurut Mayo Clinic, berjalan juga dapat mengurangi stres secara keseluruhan yang akan bermanfaat bagi tubuh.

2. Makan siang yang cukup

Menyeimbangkan makan dengan kandungan karbohidrat dan protein sehat (Foto: greenhealthycooking.com)

Munculnya rasa lapar di malam hari bisa disebabkan karena kamu terlalu membatasi makan di siang hari. Maka dari itu, usahakan untuk makan secara seimbang.

Konsumsi kandungan karbohidrat yang sehat serta imbangi dengan sumber protein tanpa lemak di setiap makananmu.

Baca juga:

Keliru, Minum Alkohol Justru Membuat Orang Sulit Tertidur

3. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat mencegah ngemil di malam hari (Foto: firstbeat.com)

Di saat kamu tidak mendapatkan waktu tidur yang cukup dan berkualitas, hal tersebut dapat membuat kesehatanmu terganggu. Salah satu efeknya pun akan memengaruhi nafsu makan.

Kurang tidur akan menimbulkan hormon ghrelin dalam tubuh yang membuat rasa laparmu meningkat. Setelah itu, kadar leptin, hormon yang meningkatkan rasa kenyang akan menurun.

4. Makan tanpa rasa bersalah

Makan tanpa merasa bersalah. (Foto: healthista.com)

Jika kamu sangat merasakan lapar atau ingin memakan camilan di malam hari, coba deh untuk biarkan dirimu ngemil tanpa adanya rasa bersalah di dalam hati. Jadi dibawa santai saja.

Namun kamu juga harus tetap memperhatikan porsi makan camilan di malam hari. Faktanya, mengonsumsi makanan yang berporsi besar sebelum kamu tidur akan menyebabkan masalah pencernaan. (scp)

Baca juga:

5 Jenis Roti yang Lezat dan Menyehatkan

#Camilan #Kesehatan #Makanan
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan