Selamat Tinggal Bau Ketiak! Menghilangkan bau ketiak sangat mudah (Foto: Pexels/DrawnByShaun)

BAU ketiak memang menjadi mimpi buruk semua orang. Bau menyengat yang tidak sedap akan mengganggu aktivitasmu dan orang-orang yang berada di sekitarmu. Teman-teman bisa saja menjauhimu hanya karena masalah bau ketiak. Kamu juga bisa gagal melamar kerja hanya karena masalah ini.

Namun, sebenarnya bau ketiak merupakan pertanda bahwa ada yang salah dari dalam tubuh lho. Dilansir dari healthline.com, bau ketiak sebenarnya disebabkan karena bakteri yang menumpuk di sekitar lapisan kulit.

Baca juga:

Berbagai Cara Memanfaatkan Lemon untuk Masalah di Ketiak

Salah konsumsi makanan juga bisa menyebabkan bau ketiak. Eitss… Kamu tidak perlu khawatir, karena sebenarnya cara menghilangkan bau ketiak sangat mudah dan cepat. Ikuti tips menarik di bawah ini:

1. Kenali Ketiakmu

Kenali ketiak sebelum membeli deodoran (Foto: Pixabay/DrawnByShaun)

Sebelum membeli deodoran sebaiknya kamu kenali ketiakmu terlebih dahulu. Karena kebanyakan orang hanya mengetahui deodoran sebagai produk penghilang bau tak sedap. Padahal, sebagian orang memiliki kelenjar keringat yang menghasilkan cairan lebih banyak di luar kondisi normal. Akibatnya bakteri yang menempel semakin banyak.

Rajin mandi pun tidak cukup untuk menghilangkan bau ketiak. Jika kamu memiliki kondisi serupa, sebaiknya kamu membeli anti respiran Yang akan mengurangi produksi keringat pada ketiak.

2. Sabun Organik

Alergi sabun menyebabkan bau ketiak (Foto: Pixabay/Heyerlein)

Apakah kamu memiliki kulit yang sensitif? Karena alergi pada beberapa jenis sabun juga bisa menyebabkan bau ketiak. Jika kamu memiliki kulit sensitif, sebaiknya gunakan sabun organik yang tidak memiliki kandungan kimia. Dengan begitu, kesehatan kulit pun akan semakin terjaga.

Baca juga:

Jangan Dicukur, Bulu Ketiak Punya Segudang Manfaat

3. Cuka

Cuka mampu membunuh kuman dan bakteri pada pakaian (Foto: Pixabay/Alexas_Fotos)

Sudah rajin mandi dan menggunakan deodorant atau anti respiran tapi masih bau ketiak? Mungkin ada yang salah pada proses mencuci baju. Tipsnya sangat mudah. Teteskan sedikit cuka putih ke dalam mesin cuci baju bersamaan dengan detergen. Cuka mampu membunuh kuman dan bakteri yang tidak bisa hilang hanya dengan detergen biasa.

4. Pola Diet

Makanan yang kamu konsumsi dapat mempengaruhi aroma tubuhmu (Foto: Pixabay/congerdesign)

Apapun yang kamu makan akan memengaruhi tampilan fisik termasuk bau yang dikeluarkan oleh tubuhmu. Makanan yang mengandung minyak berlebihan dan aroma menyengat seperti bawang berpotensi membuat ketiakmu mengeluarkan bau tak sedap.

Imbangi asupan gizi dengan mengkonsumsi buah dan sayuran sebagai detoks di dalam tubuh. Kurangi konsumsi minuman yang mengandung kalori tinggi dan usahakan minum air mineral delapan gelas per hari.

Bagaimana sahabat Merah Putih, mudah kan menghilangkan bau ketiak? Selamat tinggal bau ketiak! (mar)

Baca juga:

Cara Mudah Hilangkan Bulu Ketiak dengan Kunyit


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH