Selamat! Ini Pemenang BOB Kantongi 10 Juta Rupiah Santoso Ardiansyah (Kanan). (MP/IKhsan Digdo)

AKHIRNYA perlombaan menyeduh kopi yang diselenggarakan ABCD School Of Coffee, Battle Of Brewer (BOB) telah usai. Kompetisi yang bertempat di Clique, Gading Serpong, Tangerang Selatan pada Minggu (3/12) ini mendapatkan satu orang pemenang. BOB berlangsung selama dua hari sejak Sabtu (3/12).

Pemenang yang beruntung mengantongi uang tunai Rp 10 juta ialah Santoso Ardiansyah. Pria 21 tahun ini seorang
Barista di Two Coffee Beans, Gading Serpong. Saat ditemui merahputih.com, wajah Santoso memancarkan kebahagiaan.

Menurutnya hal yang membuatnya menang adalah kerja keras dan dukungan dari kawan-kawannya.

"Seneng banget mau terima kasih sama temen-temen buat masukannya," papar Santoso semringah.

Perjalanan Santoso mendapatkan gelar juara tidaklah gampang. Ia harus memberikan seduhan kopi terbaik kepada para juri dengan mengalahkan 107 peserta lainnya.

Dalam hal ini ia tidak memiliki strategi khusus. Latihan juga menjadi salah satu kunci kemenangannya. Kompetisi manual brew ini memang mengharuskan peserta cakap menyeduh kopi dengan tiga alat berbeda (V60, Kalita, Chemex) yang diundi sebelumnya.

"Selama latihan coba-coba ubah rasio, suhu brewing juga gimana caranya nemuin resep chemex, V60 dan Kalita," tambah pria ini.

Santoso mengaku lebih siap dengan alat Chemex. Ia mencoba menghindari V60 yang menjadi kelemahannya. Namun Santoso tetaplah seorang yang layak disebut sebagai pemenang. Sebab saat Grand Final mengharuskan para finalis menyeduh kopi menggunakan V60. Hasilnya ia pun dapat menghasilkan seduhan kopi terbaik.

Terlebih dalam babak final ia juga dapat menyeduh kopi dengan biji kopi Sunda Geisha yang menurutnya tricky dan tidak bisa sembarangan menentukan resepnya. Juri yang menilai di babak final juga semakin ketat. Jika babak sebelumnya hanya 3 juri, babak final menggunakan 7 juri.

Rendah hati dan memiliki prinsip, begitulah Santoso. Mendapatkan uang 10 juta Rupiah tidak membuatnya lupa daratan. Bisa dibilang ia adalah seorang barista sejati.

Saat ditanyai ingin menggunakan untuk apa dengan hadiah uang tersebut ia mengaku ingin menggunakannya sebagai modal mengikuti lomba manual brew selanjutnya.

"Mungkin untuk prepration lomba tahun depan sih (uang) karena ada Indonesia Coffee Event. Senang-senangnya mungkin setengahnya kali ya," tutupnya sambil tertawa.

Selamat ya Santoso! (*)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH