Selamat Hari Air Sedunia Hari Air Sedunia (MP/Aire P)

Hari ini, Rabu 22 Maret 2017 menjadi peringatan Hari Air Sedunia. Hari Air Sedunia atau "World Day for Water" merupakan peringatan yang ditunjukan sebagai usaha menarik perhatian publik akan pentingnya air bersih bagi kehidupan manusia.

Peringatan Hari Air Sedunia ini diumumkan pada Sidang Umum PBB ke 47 pada tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brasil.

Pada tahun 2017 ini, PBB melalui UN WATER menetapkan Wastewater atau Air Limbah sebagai tema Hari Air Dunia. Tema tersebut diambil karena mengingat 80 % air mengalir begitu saja ke sungai, laut, dan ke tempat lainnya tanpa melalui proses pengolahan. Hal tersebut berpotensi menjadi air limbah yang terlewatkan begitu saja.

Saat ini air merupakan salah satu kebutuhan pokok yang sangat dibutuhkan oleh manusia, terlebih lagi ketersediaan air bersih untuk mandi, memasak dan minum masih sangat minim.

Air yang tersedia saat ini tidak sebanding dengan jumlah permintaan dan kebutuhan manusia. Hal ini seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk dunia yang semakin tahun semakin meningkat.

Organisasi Kesehatan Dunia "World Health Organization (WHO)" menyebutkan, setiap tahunnya banyak anak-anak yang meninggal dunia akibat buruknya sanitasi dan pencemaran air.

Di media sosial twitter juga peringatan Hari Air Sedunia disambut antuasias oleh para netizen. Hal itu terlihat dari tagar #HariAirSedunia dan #worldwaterday yang masuk dalam urutan teratas trending topik di Twitter hari ini.


Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

LAINNYA DARI MERAH PUTIH