Selama Seminggu ke Depan, BMKG Sebut Kalbar Bakal Diguyur Hujan Deras

Noer ArdiansjahNoer Ardiansjah - Kamis, 17 Januari 2019
Selama Seminggu ke Depan, BMKG Sebut Kalbar Bakal Diguyur Hujan Deras
Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja)

MerahPutih.com - Unit Pelaksana Teknis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (UPT BMKG) wilayah Mempawah, Kalimantan Barat memperkirakan curah hujan dalam sepekan ke depan berpotensi tinggi.

"Dalam lima hari ke depan sebagian besar wilayah Kalbar masih berpotensi terjadinya curah hujan yang tinggi," kata Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Mempawah Wandayantolis, Kamis (17/1).

Ia menjelaskan, potensi curah hujan yang tinggi tidak hanya menurut perkiraan UPT BMKG Wilayah Mempawah, tetapi juga didukung oleh data dari Stasiun Meteorologi Ketapang, Stasiun Meteorologi Putussibau, dan Stasiun Meteorologi Nanga Pinoh.

"Akumulasi curah hujan berkisar antara 30-70 mm per pentad," ucapnya.

Ia menambahkan, terjadinya potensi adanya daerah belokan angin di sekitar wilayah Kalbar juga mendukung tingginya curah hujan tersebut.

Petugas tengah mengamati monitor prakiraan cuaca di gedung pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Jakarta (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)
Petugas tengah mengamati monitor prakiraan cuaca di gedung pusat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Jakarta. (Merahputih.com/Rizki Fitrianto)

"Adanya daerah belokan angin yang dipadukan dengan hangatnya suhu muka laut mendukung potensi pertumbuhan awan konvektif serta peningkatan curah hujan di beberapa wilayah Kalbar," katanya.

Sehingga, menurut dia, dalam lima hari ke depan secara umum di Kalbar, bagian hulu lebih tinggi dibanding wilayah Kalbar lainnya.

"Untuk udara di Kalbar dalam lima hari ke depan diperkirakan lebih tinggi, yakni 0,4-0,6 derajat Celsius dari rata-ratanya," ujarnya.

Ia mengimbau, kepada masyarakat untuk tetap waspada serta mengantisipasi dampak dari tingginya curah hujan yang juga berpotensi diikuti angin kencang.

"Masyarakat kami harapkan terus mengikuti perkembangan iklim terkini guna perencanaan aktivitas dan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana," katanya.

#BMKG #Cuaca Buruk #Hujan Deras
Bagikan
Ditulis Oleh

Noer Ardiansjah

Tukang sulap.
Bagikan