Selama #DiRumahAja Enggak Perlu Khawatir Pesan Makanan via Ojek Online Jasa ojek online banyak digunakan orang selama #DiRumahAja (Foto: RevZilla)

BUKAN hanya di Indonesia, kebijakan pemerintah negara yang meminta warganya untuk tetap #DiRumahAja dan melakukan praktik physical distancing juga digaungkan di banyak negara. Tak lain, upaya tersebut dilakukan untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

Namun, tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut. Adalah para pejuang jalanan yang bergantung pada upah harian, para pengemudi ojek online (ojol) misalnya. Walapun tahu apa yang dikerjakan di tengah pandemi Corona ini berisiko tinggi, para pengemudi ojol tidak punya banyak pilihan.

Baca juga:

Pandemi Corona, Mengapa 'Social Distancing' Perlu Dilakukan?

Meski demikian, dengan berbekal desinfektan, sarung tangan, masker dan tas pengantaran yang dijaga kebersihannya, para pengemudi ojol tetap turun ke jalan dan mengantarkan pesanan demi pesanan. Seperti yang kita tahu, jasa pengantaran yang ditawarkan perusahaan ojol kini digunakan oleh banyak orang yang #DiRumahAja, dari makanan, dokumen, hingga keperluan sehari-hari.

Selama #DiRumahAja Enggak Perlu Khawatir Pesan Makanan via Ojek Online
Pesan makanan online jadi andalan selama #DiRumahAja (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Yasa Sepriana, seorang pengemudi ojol yang hingga saat ini masih turun ke jalan nutuk mengantarkan pesanan orang-orang walau risiko COVID-19 mengancam. Bergabung dengan perusahaan ojol sejak 2017 setelah berhenti bekerja di salah satu peruhaan di Jakarta, Yasa sangat sadar untuk menjaga kesehatan dan kebersihan selama menjalani aktivitasnya. "Saya masih mengantarkan makanan setiap hari karena saya tahu banyak masyarakat yang membutuhkan makanan untuk dirinya sendiri dan keluarga. Selain itu, saya juga masih memiliki tanggung jawab untuk menghidupi anak dan istri saya di rumah,” ujarnya.

Dalam menjalankan pekerjaannya yang mulia ini, Yasa selalu mengikuti arahan yang diberikan perusahaan tempatnya bernaung. Seperti mencuci tangan setelah mengantarkan pesanan, memakai masker, dan membawa hand sanitizer ke manapun ia pergi terutama saat ia akan memberikan pesanan ke pelanggan. “Bagi saya mengantarkan makanan dengan aman dan bersih adalah prioritas utama, dan cara untuk melawan pandemi ini harus dimulai dari diri saya sendiri.” Tambah Yasa.

Selama #DiRumahAja Enggak Perlu Khawatir Pesan Makanan via Ojek Online
Kurir makanan rela hujan-hujanan demi antar pesananmu (Foto: Pixabay/wal_172619)

Pelanggan saat ini pun sadar, bagaimana perjuangan para pengemudi ojol untuk melayani sekaligus menyambung hidup di tengah pandemi COVID-19. Rasa peduli pun muncul, kini banyak orang yang sengaja banyak-banyak memesan makanan namun tidak diterima, melainkan diberikan untuk pengemudi ojol yang mengantarkannya. Bahkan, tidak sedikit pelanggan yang memberikan tips yang cukup besar. Seperti yang pernah dirasakan pengemudi ojol bernama Andri Setyo Cahyono.

“Saya percaya, selama niat saya untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya dan semangat saya untuk menafkahi keluarga tetap tinggi, saya yakin dapat melewati pandemi ini. Saya juga senang bisa membantu restoran dan warung terus berjualan,” ujar Andri.

Baca juga:

Apakah Aman Pesan Makanan di Tengah Pandemik COVID-19?

Kesadaran para pengemudi ojol akan penyebaran COVID-19 ikut tumbuh. Dari situ ia mengubah pola kerja yang dilakukannya. Setiap pagi Andri mempersiapkan diri untuk bekerja dengan membawa hand sanitizer dan memakai masker. Di siang hari, ia akan kembali ke rumah untuk mengganti baju dan mandi sebelum melanjutkan kembali pekerjaannya. Hal ini dilakukan pria berusia 33 tahun tersebut untuk memastikan kebersian dan kesehatannya selama mengantarkan pesanan untuk pelanggan.

“Meskipun banyak tantangan dan risiko yang dihadapi pada masa sulit ini, saya tetap senang melakukan pengantaran makanan ke pelanggan supaya mereka bisa tetap di rumah dan aman,” tambah Andri.

Selain menjaga kebersihan pesanan, para pengemudi ojol juga menjaga kebersihan diri masing -masing dalam melaksanakan tugasnya. Sebagai garda terdepan perusahaan tempat para ojol di atas bernaung pun mengeluarkan kebijakan untuk proses pengantaran pesanan. Pengantaran tanpa kontak yang dibuat GrabFood misalnya. Sejak 16 Maret 2020 kebijakan tersebut dikenalkan untuk membatasi kontak antar pelanggan dan pengemudi ojol demi mengurangi risiko penularan COVID-19.

Selama #DiRumahAja Enggak Perlu Khawatir Pesan Makanan via Ojek Online
Jangan lupa berikan penghargaan untuk para pengantar makanan (Foto: Pixabay/mohamed_hassan)

Pihak perusahaan ojol juga menyediakan program bantuan (uang/medis) untuk para pengemudi yang kini menjadi garda terdepan mereka. Bantuan ini nantinya akan diberikan jika diantara pengemudi ojol diharuskan melakukan karantina yang dimandatkan oleh otoritas kesehatan publik, atau telah dites positif terhadap COVID-19.

“Kami sangat berterima kasih kepada para pengemudi ojol yang terus memberikan pelayanan prima demi memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia pada masa yang penuh tantangan ini. Masyarakat Indonesia tidak perlu khawatir untuk memesan makanan pesanan, karena kami telah memastikan keamanan dan kebersihan hidangan melalui berbagai inisiatif terkait standar keamanan terpadu untuk layanan pesan-antar makanan yang bekerja sama dengan mitra penjual makanan. Mari bahu-membahu untuk melawan pandemi COVID-19 ini. Selalu jaga kesehatan dan keamanan bersama!” Ujar Neneng Goenadi selaku Managing Director Grab Indonesia.

Kini kita sudah tahu bagaimana perjuangan pengemudi ojol bekerja menghadapi risiko COVID-19 dengan standar kesehatan yang sesuai untuk pelanggan. Kita juga sudah tahu bahwa para pengemudi ojol tidak punya banyak pilihan meski risikonya sangat tinggi. Jadi, jangan sungkan untuk mengulurkan tangan dan bantuan selagi masa sulit ini ya! Khususnya untuk orang-orang di garda terdepan yang melayani kamu selama #DiRumahAja. (Adp)

Baca juga:

Enggak Salah Pesan Makanan Online, Asal...

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Spin-off Film 'A Quiet Place' Segera Dibuat
ShowBiz
Spin-off Film 'A Quiet Place' Segera Dibuat

Nichols dipastikan akan menyutradarai film ketiga dari waralaba A Quiet Place

Rilis Album Baru, TWICE Gandeng Dua Lipa
ShowBiz
Rilis Album Baru, TWICE Gandeng Dua Lipa

Eyes Wide Open akan dirilis 26 Oktober.

Kelas Daring Turunkan Tingkat Kecemasan Sebagian Remaja  
Hiburan & Gaya Hidup
Kelas Daring Turunkan Tingkat Kecemasan Sebagian Remaja  

Apakah ada kaitannya dengan perundungan yang hanya terjadi pada sekolah tatap muka?

5 Mobil yang Siap Digeber di Jalan Raya
Fun
5 Mobil yang Siap Digeber di Jalan Raya

Tampilannya seperti mobil umumnya di jalan, namun spesifikasinya adalah mobil balap.

Kerennya Fashion Street ala Tiongkok, ini Kisah di Baliknya
Fashion
Kerennya Fashion Street ala Tiongkok, ini Kisah di Baliknya

Menampilkan orang-orang biasa yang memakai pakaian bak model sedang berjalan di runway.

‘The Crown’ hingga ‘Shawn Mendes: In Wonder’ Siap Temani Novembermu
Hiburan & Gaya Hidup
‘The Crown’ hingga ‘Shawn Mendes: In Wonder’ Siap Temani Novembermu

Beberapa film Netflix yang wajib kamu tonton di November ini.

Kamu Lagi Butuh 'Ruang Sendiri', Bagaimana Bilang ke Pasangan?
Fun
Kamu Lagi Butuh 'Ruang Sendiri', Bagaimana Bilang ke Pasangan?

jangan takut untuk bilang ke pasangan kalau kamu lagi membutuhkan me time.

4 Momen Terimut Cha Eun Woo Dalam Drama Korea True Beauty
ShowBiz
Tips Awet Muda ala Sandra Bullock
ShowBiz
Tips Awet Muda ala Sandra Bullock

Walaupun menjalani diet ketat, ia menyeimbangkan dietnya dengan memakan cokelat atau pun permen.

Alpha 1, Kamera Flagship Terbaru Sony
Fun
Alpha 1, Kamera Flagship Terbaru Sony

Cek keunggulan, spesifikasi, dan harga Sony Alpha 1.