Selama 2 Pekan, TransJakarta Rute Bandara Soetta Sudah Angkut 10 Ribu Penumpang

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 20 Juli 2023
Selama 2 Pekan, TransJakarta Rute Bandara Soetta Sudah Angkut 10 Ribu Penumpang
Halte TransJakarta Gatot Subroto LIPI mulai beroperasi, Jumat (14/7/2023). ANTARA/HO-PT TransJakarta

MerahPutih.com - PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) mengungkap jumlah penumpang layanan uji coba rute Terminal Kalideres-Bandara Soekarno Hatta selama dua pekan dari 5 hingga 18 Juni 2023.

Direktur Operasional dan Keselamatan TransJakarta Daud Joseph mengatakan, ada sekitar 10.000 warga yang terlayani uji coba TransJakarta rute Kalideres-Bandara Soetta, dengan rata-rata 700 orang per hari.


Baca Juga:

Mulai Hari Ini Halte TransJakarta Gatot Subroto LIPI Kembali Beroperasi

"Satu hari itu rata-ratanya sekarang di angka 700-an orang. Jadi kira-kita kalau kita sudah melayani 14 hari itu kira-kira sudah hampir 10 ribu orang yang kita layani," Direktur Operasional dan Keselamatan TransJakarta Daud Joseph, Kamis (20/7).

Daud Joseph mengungkapkan, bahwa dari hasil survei dan evaluasi layanan, pelanggan yang menggunakan layanan TransJakarta rute Kalideres ke Bandara Soetta datang dari berbagai wilayah, misalnya tinggal di daerah Lebak Bulus hingga Kota Bekasi.

Lalu, dari segi penghasilan, rata-rata yang menggunakan TransJakarta layanan ini memiliki penghasilan di bawah Rp 5 juta. Mereka adalah pekerja bandara di kawasan kargo, kuliner, dan perkantoran pergudangan.

Baca Juga:

Pemprov DKI Evaluasi Uji Coba TransJakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta

"Jadi sebetulnya dari sisi efektivitas pada saat uji coba, ini efektif untuk melayani pekerja kawasan bandara yang memang dari sisi kemampuan untuk membayar biaya transportasi cukup rendah," tuturnya

Daud Joseph mengatakan, penumpang yang paling banyak pada waktu pagi jam 6 sampai jam 8. Jadi, dari total penumpang 700 orang, 400 orang di pagi hari, sedangkan 300 penumpang pada sore hari.

"Jadi pagi itu kira-kira 300-an orang jam 6-8. Itu pun yang tadi saya sampaikan sebagain sudah mengejar alternatif yang lain karena dia masuk kerja jam 6. Jadi kalau ini dimajuin jam 5, mudah-mudahan orang-orang yang selama ini emnggunakan alternatif bisa menggunakan layanan TransJakarta," tuturnya. (Asp)

Baca Juga:

Penumpang TransJakarta di Bundaran HI Bisa Langsung ke Stasiun MRT Tanpa Keluar Halte

#TransJakarta #Bandara Soekarno-Hatta #Terminal Kalideres
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan