Selalu Sediakan Bahan Makanan "Penyelamat" Sahur Roti gandum dan telur mata sapi dapat menjadi menu praktis sahur Anda yang singkat (Foto: Pixabay)

Sering kali banyak orang yang melewatkan waktu sahur karena kesiangan. Kalau sudah begitu, Anda pasti tidak punya waktu lagi untuk menyiapkan berbagai menu masakan untuk sahur. Untuk berjaga-jaga akan hal tersebut, Anda sebaiknya selalu menyediakan tiga bahan makanan ini di rumah. Sehingga, Anda tetap dapat sahur dalam waktu singkat, karena menyiapkan makanan ini tak sampai 5 menit.

1. Roti gandum dan selai

Banyak orang yang mengonsumsi roti sebagai menu pengganti menu makanan besar seperti nasi. Roti merupakan makanan yang paling praktis untuk Anda konsumsi sebagai menu sahur jika sudah bangun kesiangan. Pilihlah roti gandum, yang akan membuat Anda lebih cepat merasa kenyang dan juga menyehatkan. Jika Anda ingin menambahkan rasa, Anda tinggal mengoleskan selai kacang, cokelat, atau buah sesuai selera Anda.

2. Oatmeal atau havermut

Oatmeal atau havermut merupakan makanan yang tinggi akan serat sehingga akan cepat membuat Anda merasa kenyang. Baiknya selama bulan puasa ini, Anda menyediakan makanan ini di rumah untuk persediaan jika Anda bangun kesiangan dan waktu sahur sudah sangat mepet. Cara penyajian oatmeal sangatlah mudah dan praktis, Anda hanya perlu menyeduhnya dengan air panas saja. Anda bisa tambahkan susu kental manis untuk menambah rasa. Atau jika ada buah, misalnya pisang, di rumah Anda, potong-potong dan sajikan bersama havermut.

3. Telur

Telur menjadi salah satu makanan praktis dan favorit yang pastinya selalu tersedia di kulkas rumah. Saat Anda tidak memiliki banyak waktu saat sahur karena terlambat bangun, Anda bisa langsung membuat telur untuk menu santap sahur Anda. Selain mudah, dalam satu telur saja terkandung banyak nutrisi, seperti kalori, lemak, protein, sodium, potasium, kalsium, karbohidrat, bahkan vitamin A, B12, dan D.

Nah, berikut itulah, beberapa bahan makanan yang perlu Anda sediakan setiap saat sebagai solusi cepat saat Anda tidak memiliki banyak waktu untuk sahur. Semua menu makanan tersebut menyehatkan dan bisa memberikan energi sehingga Anda tetap dapat berpuasa seharian.

Lihat juga artikel lainnya di sini: Konsumsi Buah Saat Puasa Jaga Kebugaran Anda.

Tags Artikel Ini

Selvi Purwanti

YOU MAY ALSO LIKE