Selalu Lolos Selama Tiga Bulan, Pencuri Cengkih Akhirnya Dibekuk Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Ardiansyah)

MerahPutih.com - Kepolisian Sektor Tandes, Surabaya menangkap pencuri cengkih dari sebuah gudang di Jalan Margomulyo Indah Surabaya. Polisi telah memburunya selama sekitar tiga bulan.

Kepala Polsek Tandes Surabaya Kompol Sofwan mengatakan pelaku berinisial Al, usia 35 tahun, warga Jalan Balongsari Krajan Gang 2 Surabaya berhasil diciduk di rumahnya.

Menurut dia, polisi sempat memburu pelaku yang diinformasikan sempat bersembunyi di kawasan sekitar rumah orang tuanya di Sampang, Madura, Jawa Timur, namun selalu lolos.

Sofwan mengatakan penangkapan Al merupakan hasil pengembangan penyelidikan setelah berhasil menangkap empat pelaku lainnya, yaitu Bu, Mu, AW, dan Sub.

Masing-masing keempat pelaku tersebut ditangkap terlebih dahulu pada bulan September lalu.

"Para pelaku ini berkomplot untuk mencuri sebanyak 235 karung berisi cengkeh dari sebuah gudang di Jalan Margorejo Surabaya," katanya kepada wartawan di Surabaya, Senin (30/11), seperti dilansir Antara.

Korban Juanda Thebez (50), warga Jalan Mliwis Krembangan Selatan Surabaya, sebagai pemilik gudang, kemudian melaporkan kasus pencurian ini kepada polisi.

Menurut Sofwan, korban telah mencurigai Al yang bekerja sebagai pekerja angkut di gudang tersebut, sebagai pelakunya.

"Pekerjaannya mengangkut karung-karung dari gudang ke atas truk. Karung-karung yang berisi cengkih itu kemudian dibawa lari oleh pelaku AL," kata Sofwan.

Kepada polisi, AL mengakui perbuatannya. Dia berdalih terpaksa melarikan karung-karung berisi cengkih itu karena sangat membutuhkan uang.

Berdasarkan penyelidikan polisi, AL mendapat imbalan sebesar Rp1,5 juta untuk melarikan 235 karung berisi cengkeh dari gudang tempatnya bekerja itu.

Polisi telah menjebloskan Al ke dalam sel tahanan Polsek Tandes Surabaya dan menjeratnya dengan Pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang Pencurian dengan Pemberatan.

"Ancaman hukumannya pidana paling lama tujuh tahun kurungan penjara," ucap Sofwan. (*)


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH