Selain Seungri, Karier 5 Artis Top Korea ini Hancur Karena Skandal Sumber: Marie Claire/ YG Entertainment/ The Pandora Box)

KASUS prostitusi yang melibatkan Seungri BIGBANG beberapa waktu belakangan ini terus merebak. Hal tersebut memberi kerugian baik secara material atau imaterial. Kerugian secara material yakni anjloknya saham YG sebesar 14% sejak kabar tersebut mencuat.

Sementara kerugian imaterial yakni hujatan bertubi-tubi dan petisi dari penggemar supaya ia keluar dari BIGBANG. Seungri pun berinisiatif untuk mengundurkan diri dari BIGBANG dan industri hiburan Korea Selatan setelah 1,5 bulan kasus tersebut bergulir.

Seungri bukanlah satu-satunya publik figur yang pernah terlibat skandal besar yang mencoreng nama bangsa. Idola berikut juga sempat tersandung skandal yang menghancurkan karirnya:

1. Kim Hyun Joong

Kim Hyun Joong
Kim Hyun Joong (Sumber: The Pandora Box)

Drama Boys Over Flower membawa dampak positif bagi karir Kim Hyun Joong. Berbagai produk ternama Korea Selatan menjadikan ia sebagai brand ambassador. Mulai dari The Face Shop hingga Lotte Duty Free menjadikannya sebagai brand ambassador.

Jika dulu ia banjir tawaran brand ambasador kini ia banjir skandal. Pada Agustus 2014, mantan kekasihnya, Nona Choi melaporkan ia akan tuduhan kekerasan hingga menyebabkan tulang rusuknya patah.

Ia juga dituding telah menghamili mantannya tersebut dan lari dari tanggung jawab. Tahun 2017 ia kedapatan mengendarai mobil dalam keadaan mabuk.

2. Uhm Tae Woong

Uhm Tae-woong
Uhm Tae-woong (Sumber: Marie Claire)

Uhm Tae Woong dikenal sebagai pria dengan pembawaan tenang. Hal tersebut membuat ia dipercaya memerankan tokoh Byun Hak-do yang cool dalam drama My Sassy Girl Chun Hyang.

Pada tahun 2015, ia dan putrinya, Uhm Ji-on bergabung dalam variety show The Return of Superman. Di acara tersebut, ia menunjukkan karakter seorang ayah. Karakter cool dan kebapakkan sontak membuat penggemar menganggapnya sebagai pria idaman.

Namun, image yang telah ia bangun puluhan tahun tersebut harus hancur setelah ia terlibat skandal pelecehan seksual pada Agustus 2016.

Ia dituduh melecehkan seorang perempuan di ruang pijat. Meskipun pemilik panti pijat dan penuduh telah dijerat dengan laporan palsu, pengadilan menemukan bahwa Uhm Tae-woong bersalah.

3. Kangin SUPER JUNIOR

Kangin
Kangin (Sumber: SM Entertainment)

Siapa tak kenal Super Junior? Grup yang terkenal dengan lagu Sorry Sorry itu disebut-sebut sebagai pelopor gelombang Hallyu di dunia. Kesuksesan nama Super Junior rupanya membawa pengaruh bagi nama para member. Salah satunya Kangin.

Bersama dengan Super Junior, Kangin tampil di berbagai panggung di dalam dan luar Korea Selatan. Ia dan para member juga dipercaya sebagai sejumlah brand ambassador dan tampil dalam variety show.

Ketenaran yang ia raih bersama Super Junior ia hancurkan begitu saja. Image badboy melekat di dirinya setelah ia berkali-kali tersandung skandal.

September 2009 ia terlibat perkelahian dengan dua pria di klub malam. Selang waktu dua bulan kemudian, ia terlibat kasus tabrak lari. Di tahun 2017, Kangin kembali tersandung masalah hukum yakni mengendarai mobil dalam keadaan mabuk dan menyerang seorang perempuan. Sejak saat itu, ia memutuskan hiatus dari berbagai kegiatan Super Junior

4. Park Bom

Park Bom
Park Bom (Sumber: YG Entertainment)

Ketika masih menjadi bagian dari 2NE1, Park Bom memiliki karir paling gemilang. Suaranya yang khas membuat vokalis utama 2NE1 ini begitu diidolakan para penggemar.

Sayangnya, karirnya harus hancur karena ulahnya sendiri. Pada 2014, Park Bom diduga terlibat kasus narkoba. Setelah kabar tersebut merebak, ia memutuskan untuk mundur dari industri hiburan Korea Selatan.

5. T.O.P

T.O.P
T.O.P (Sumber: YG Entertainment)

Selain Seungri, member BIGBANG lain yang pernah tersandung kasus hukum adalah T.O.P. Rapper grup BIGBANG tersebut awalnya begitu digilai penggemar. Dengan wajahnya yang tampan, tubuh atletis, hingga pembawaan karismatik, tak heran jika ia begitu dikagumi publik.

T.O.P membuat penggemar terkejut setelah kabar ia menghisap mariyuana menyeruak pada Juni 2018. Yang lebih menghebohkan lagi, hal tersebut ia lakukan saat wajib militer. Kini ia menjalani dua tahun msa percobaan.

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH