Selain Sepatu Nike Air Jordan, Ini 4 sumber kekayaan Michael Jordan Sumber kekayaan Michael Jordan Selain Dari Sepatu Nike Air Jordan (Foto: Business Insider)

SETELAH sekian lama menunggu, ESPN akhirnya merilis film dokumenter tentang Michael Jordan bertajuk The Last Dance. Film yang telah dirilis sejak 19 April 2020 ini terbagi menjadi 10 seri. Singkatnya film dokumenter tersebut akan menunjukkan ‘sisi buruk’ dari mantan pemain basket yang akrab disapa MJ ini.

Serial dokumenter yang berdurasi 10 jam ini diambil sebelum MJ memutuskan untuk pensiun menjadi atlet basket yang akan memperlihatkan kompetisi NBA pada season 1997 dan 1998 bersama Chicago Bulls. Melansir laman Forbes, melalui film dokumenter ini, setidaknya MJ akan menghasilan uang sebesar USD3 juta sampai USD4 juta atau setara dengan Rp46,5 miliar rupiah hingga Rp62,1 miliar.

Baca juga:

Tayang Perdana Hari Ini, 'The Last Dance' Hadirkan Sisi Buruk Michael Jordan

Semua uang yang dihasilkan dari film dokumenter tersebut akan disumbangkan MJ untuk tujuan amal. Meski telah menyumbangkan semua penghasilannya dari serial dokumenter tersebut, menurut Business Insider MJ menjadi atlet pertama yang menjadi seorang biliuner di dunia. Selain sepatu Nike Air Jordan, berikut empat sumber kekayaan Michael Jordan lainnya yang membuat dirinya menjadi seorang biliuner!

1. Gaji terakhir

Salah satu sumber kekayaan Michael Jordan dari gajinya menjadi seorang atlet basket (Foto: washington post)

Forbes menyebut Jordan mendapatkan gaji terakhirnya sebesar USD33,1 juta atau setara dengan Rp514, 4 miliar dari Chicago Bulls. Tak hanya itu, NBA juga memberikan gaji kepada MJ yang totalnya mecapai USD94 juta atau sekitar Rp1,4 triliun.

2. Rating

Rating pertandingan final NBA pada 1998 telah mencetak rekor (Foto: NBA)

Tercatat 35,9 juta orang menonton pertandingan final NBA pada 1998 yang diinyatakan telah menjadi rekor bagi NBA. Banyakanya penonton pertandingan tersebut membuat Jordan mendapatkan uang dari hasil rating sebesar USD29 juta atau setara dengan Rp450 miliar.

Baca juga:

3 Sneakers Ikonik Michael Jordan di Penayangan Perdana Serial The Last Dance

3. Investasi

Michael Jordan investasi ke perusahaan esport (Foto: gamestation)

Tak hanya menjadi seorang atlet, Jordan dikabarkan juga menjadi seorang investor di perusahaan esport dan berhasil menghasilkan uang sebesar USD 320 juta yang setara dengan Rp4,9 triliun.

4. Tim Basket Charlotte Hornets

Sebagian besar kekayaan Michael Jordan di dapatkan dari tim basket Charlotte Hornets (Foto: charlotte observer)

Setelah mendapatkan beberapa kontrak dengan televisi, nilai Hornets melesat tinggi dan berada di peringkat 25 di antara 30 tim NBA lainnya dalam peniliaian Forbes. Hingga artikel ini diturunkan, Jordan berhasil mendapatkan uang sebesar USD1,5 miliar atau setara dengan 231,7 triliun. (bel)

Baca juga:

Episode Pertama dan Kedua The Last Dance Membahas Tentang Jerry Krause


Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH