Selain Selingkuh, Ini yang Jadi Penyebab Retaknya Rumah Tangga Ada hal yang bikin jengkel dapat menyulut keretakan dalam rumah tangga. (Foto: Pexels/David Garrison)

PERCERAIAN adalah jalan terakhir dalam menyelesaikan keretakan rumah tangga. Banyak yang harus dipikirkan dengan terjadinya perceraian. Seperti kondisi psikologis anak-anak akan terganggu dan mempengaruhi tumbuh kembangnya.

Jika berpikir masalah utama keretakan rumah tangga adalah perselingkuhan, sepertinya kamu salah besar. Ada banyak hal yang mungkin tak pernah terbesit di dalam pikiran, tetapi ternyata malah menjadi pemicu utama rusaknya rumah tangga.

Baca Juga:

Otomatis Diterima, Lamar Kekasihmu di 5 Tempat Romantis Ini


Melansir dari marieclaire.com, meningkatnya angka perceraian memang harus diwaspadai. Bisa jadi rumah tangga yang terlihat baik-baik saja justru menyimpan dendam dari masalah kecil. Ternyata ada alasan nyeleneh yang bisa memicu api pertengkaran.

1. Beda Pilihan

beda
Perbedaan seharusnya dapat lebih menyatukan. (Foto: Pexels/Filipi Escudine)

Pernikahan adalah menyatukan dua insan berbeda. Seringkali orang beranggapan lebih baik keduanya memiliki perbedaan-perbedaan agar ada variasi di tengah rumah tangga. Tetapi ternyata setelah menikah hal ini justru bisa memicu kemarahan berujung dendam. Apalagi jika kamu dan pasangan memiliki pilihan yang berbeda. Entah itu beda pilihan politik atau beda pilihan pola asuh anak. Bisa repot kalau tidak diluruskan sejak awal. Perlunya komunikasi yang terbuka dan jelas.

2. Malas Bebersih

bersih
Kebersihan rumah harus menjadi tanggung jawab bersama. (Foto: Pixabay/jarmoluk)

Hayo kamu yang hygiene freak pasti mengalami hal ini hampir setiap hari. Pasanganmu malas cuci piring? Atau kebiasaan meninggalkan kaus kaki kotor di mana-mana? Awal pernikahan mungkin masih bisa ditoleransi. Bagaimana kalau hal ini diulang hingga bertahun-tahun? Amarahmu bisa meledak dan hubungan pun menjadi retak. Buatlah kesepakatan bersama sebelum melangsungkan pernikahan. Saling memberi pemahaman bukan perintah.

Baca Juga:

'Jleb', Putus Cinta Bukan Perkara Mudah Bagi Pria

3. Tidak Mandi

mandi
Sudah seharusnya seseorang mandi setelah beraktivitas seharian. (Foto: Pexels/Pixabay)

Sudah kerja seharian di luar rumah dan malas mandi? Tubuh pasangan yang bau matahari bercampur keringat lama-lama bisa membuat rumah tangga retak. Dalam sebuah hubungan keduanya harus sama-sama membuat nyaman satu sama lain. Jika urusan mandi saja terlewat, bagaimana dengan urusan penting yang lain?


4. Keuangan

uang
Uang menjadi salah satu keretakan dalam rumah tangga. (Pexels/Pixabay)

Kata siapa masalah keuangan tidak bisa menjadi pemicu utama keretakan rumah tangga. Kamu mungkin sering mendengar petuah orangtua yang mengatakan kalau uang bukan segalanya. Tetapi ternyata uang menjadi pilar kokohnya keutuhan rumah tangga di samping rasa cinta dan komunikasi yang kuat. Masalah rumah tangga lain bisa berangkat dari keuangan. Karena cinta tidak bisa dimakan sist! (mar)


Baca Juga:

Apa yang Dimaksud 'Play Victim'? Jangan-Jangan Kamu Salah Satunya



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH