Selain yang Berbahan Besi, ini 4 Alternatif Sedotan Ramah Lingkungan Banyak alternatif untuk sedotan plastik. (foto: troveofgaia.com)

PEDULI lingkungan kini jadi salah satu syarat milennial keren, Enggak mengherankan deh jika banyak kampanye dan gerakan digaungkan untuk lebih peduli dalam menyelamatkan lingkungan.

Salah satunya ialah pengurangan sampah plastik. Dari segala macam sampah plastik, sedotan jadi perhatian nih. Beberapa restoran saji cepat sudah ikut kampanye setop pakai sedotan. Mereka enggak lagi menyediakan sedotan plastik secara bebas.

Sebagai pengganti sedotan plastik, kini muncul sedotan berbahan besi. Selain berbahan besi, ada juga sedotan dengan bahan lain yang juga ramah lingkungan lo. Bisa banget kamu pakai.

1. Sedotan Kertas

Alternatif Sedotan Ramah Lingkungan
Sedotan kertas lebih baik ketimbang plastik (foto: ar.weeddbook.com)


Jika mencari alternatif sedotan yang lebih terjangkau, kamu bisa mengandalkan sedotan kertas. Mungkin kamu sudah sering melihat atau menggunakan sedotan jenis ini.

Lebih baik memakai sedotan kertas karena akan mengurangi sampah plastik. Namun perlu diingat, sedotan kertas tidak bisa dipakai beruang kali karena sifatnya yang sekali pakai.

2. Sedotan Bambu

Alternatif Sedotan Ramah Lingkungan
Sedotan bambu dari bahan alami dan ramah lingkungan (foto: kickstarter.com)


Bambu merupakan tanaman yang bermanfaat buat banyak hal. Alternatif sedotan bambu ini dipercaya lebih aman dan pastinya lebih ramah lingkungan.

Namun sayangnya, waktu penggunaan sedotan bambu lebih singkat jika dibandingkan dengan sedotan lain. Pasalnya, bambu bisa terurai. Walaupun begitu, sedotan bambu yang sudah tidak digunakan lagi bisa dibuang sebagai sampah kompos.

Jadi sebagai pilihan sedotan yang benar-benar ramah lingkungan dan alami, sedotan bambu ini pilihan terbaik.



Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH